20 Kelebihan dan kekurangan microsoft Access Versi Terbaru

20 Kelebihan dan kekurangan microsoft Access Versi Terbaru
20 Kelebihan dan kekurangan microsoft Access Versi Terbaru
Microsoft Access adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat database, format asli Microsoft Access sendiri adalah .mdb, format populer yang biasanya digabungkan dengan pengembangan Visual Basic 6.0, yang merupakan aplikasi yang dirilis oleh vendor yang sama, Microsoft. Microsoft Access menjanjikan kemudahan pengoperasian aplikasi dan kemudhan dalam desain basis data terintegrasi dengan bantuan wizard yang ada, dan template template untuk form dan query database itu sendiri.

Penggunaan Microsoft Access sendiri telah tersebar luas, mulai dari membuat database sederhana hingga membuat basis data skala besar. Microsoft Access diproses file (mdb) dilengkapi dengan fitur perlindungan file database dalam bentuk kata sandi yang terintegrasi langsung dengan mdb fil, sehingga keamanan database menjanjikan dibuat.
20 Kelebihan dan kekurangan microsoft Access Versi Terbaru


KELEBIHAN

1. Kemudahan pengoperasian aplikasi

Microsoft Access menjanjikan kemudahan pengoperasian perangkat lunak. berbagai penyihir dan formulir template, pertanyaan, laporan, disediakan untuk kemudahan penggunaan dan modifikasi.

2. Adanya fitur visual table designer yang mempermudah dalam mengkonfigurasi struktur tabel secara visual

Visual Table Designer memudahkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan menghapus tabel dengan mudah menggunakan perancang visual.

3. Mudah dalam menyusun relasi dan Query (SQL) table

Dengan menggunakan Microsoft Access, kita bisa mengikuti hubungan (relationship) antar tabel dengan mudah. Dengan fitur yang disediakan akan memudahkan Anda dalam membuat skema relasi dan tabel SQL.

4. Mendukung query SQL

Microsoft Access mendukung panggilan basis data melalui fungsi bahasa pemrograman yang menggunakan dialek SQL. Ini berarti bahwa sintaks SQL standar seperti INSERT, SELECT, dll dapat digunakan dengan Microsoft Access database.

5. Terintegrasi dengan bahasa pemrograman Visual Basic (6.0)

Aplikasi Access Micrsoft terintegrasi dengan aplikasi Visual Basic Microsft khususnya Visual Basic 6.0. Memang sebagian besar database Ms Access dibangun dengan Microsoft Visual Basic 6.0.

6. Keamanan / sekuritas file database

Database MDB dikenal karena perlindungan keamanan file database-nya. Kata sandi disediakan untuk mengamankan file database sehingga tidak dapat dibuka kecuali mengetahui kata sandinya.

7. Mampu menampung basis data dengan jumlah cukup besar

Ms. Acesss mendukung penyimpanan basis data dalam jumlah besar.

8. Form, Query, Tabel, dan Report tersimpan didalam 1 file mdb terpadu

Access menyediakan fitur Query Design Grid, program berbasis visual untuk query SQL tanpa harus memahami pemrograman SQL.v

9.  Menggunakan dialek bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA) milik Microsoft.

Microsoft Access menggunakan dialek yang sama dengan bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang merupakan dialek yang juga digunakan dalam aplikasi Office lainnya seperti Word dan Excel. VBA adalah dialek populer yang mudah digunakan dan banyak sumber online yang dapat dicari.

10. .Kompatibel dengan pemrograman database SQL (Structured Query Language).

VBA dan Makro dapat dikombinasikan untuk membuat bentuk dan logika dan menerapkan konsep pemrograman basis data berorientasi objek.

Kekurangan

1. Aplikasi ini tidak free atau proprietary

Aplikasi Microsoft Access tidak aplikais gratis, yang artinay untuk menggunakan perangkat lunak ini Kami harus membayar biaya untuk lisensi perangkat lunak yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi. Ini berbeda dengan aplikasi freeware atau opensource yang bebas digunakan.

2. Orientasi database lebih kepada penggunaan lokal dan jaringan berskala kecil menengah, dan bukan client-server

Arsitektur database Microsoft Access ditujukan untuk penggunaan lokal atau mandiri dan jaringan kecil menengah sederhana di mana konsep-konsep server-klien tidak digunakan.

3. Kemungkinan terjadinya collision atau redundancy data bisa saja terjadi

Microsoft Access database atau MDB sendiri memiliki kelemahan di mana arsitekturnya tidak secanggih basis data lainnya seperti Oracle dan PHP. Tabrakan dan Redundansi dapat terjadi dalam database yang kita buat setiap saat. Oleh karena itu penting untuk memesan basis

4. Maksimal pemrosesan file basis data adalah 2 GB

Basis data yang dapat diproses oleh Microsoft Access dibatasi hingga 2 GB, tentu saja ini merupakan kelemahan dimana Microsoft Access database tidak dapat digunakan untuk menyimpan transaksional yang sangat besar.

5. Tidak adanya dukungan penyimpanan Stored Procedure

Prosedur tersimpan adalah skrip blok atau fungsi yang berisi sekumpulan skrip yang membentuk fungsi-fungsi tertentu. Stored Procedures digunakan oleh aplikasi database secara umum untuk menyederhanakan pekerjaan dengan manajemen data, di mana fungsi yang paling umum digunakan dalam sistem database dapat dibuat menjadi database sehingga tidak perlu membuat skrip pada setiap bagian yang membutuhkannya.

6. Bukan merupakan aplikasi RDBMS murni

Perlu dipahami bahwa Microsoft Access bukanlah aplikasi RDBMS murni yang berarti bahwa kemampuan RDBMS murni tidak diturunkan ke aplikasi ini.

7. Tidak mendukung multithreaded

Multithread adalah teknologi yang diklaim mampu menjalankan beberapa proses dalam waktu bersamaan. Dalam konteks basis data, multithread dapat berarti kemampuan yang memungkinkan banyak pemrosesan data pada suatu waktu.

8. Pemrosesan data tidak secepat web-based database

Karena Microsoft Access menggunakan file sebagai media penyimpanan basis datanya, proses manajemen basis data tidak secepat database berbasis web seperti MySQL, SQL Server. File yang digunakan oleh Microsoft Access untuk media penyimpanan dasar adalah MDB (Microsoft Database).

9. Arsitektur keamanan yang ada belum sebaik aplikasi sekelas SQL Server atau MySQL

Aplikasi Microsoft Access tidak memiliki arsitektur keamanan serta aplikasi database kelas SQL Server dan MySQL.

10. Bukan merupakan aplikasi database Server

Meskipun Microsoft Access adalah aplikasi RDBMS, tetapi tidak dalam kategori aplikasi Database Server, jadi penggunaannya tidak dapat disamakan dengan penggunaan aplikasi database seperti server database.

Demikian ulasan tentang artikel Keuntungan dan Kerugian Akses Microsoft. Semoga artikel ini memberikan pengetahuan dan wawasan tambahan terkait dengan aplikasi Microsoft Access untuk desain database dan relasi tabel dengan perancang visual yang ada. Microsoft Access adalah aplikasi database yang banyak disejajarkan dengan bahasa pemrograman VB 6.0, yang juga merupakan aplikasi yang dibuat oleh vendor yang sama, Microsoft.