26 Kelebihan dan Kekurangan Adobe Premiere Pro

26 Kelebihan dan Kekurangan Adobe Premiere Pro
26 Kelebihan dan Kekurangan Adobe Premiere Pro
Adobe adalah perusahaan besar yang telah membuat berbagai aplikasi untuk keperluan multimedia. Rangkaian aplikasi yang dia buat mencakup aplikasi desain grafis, aplikasi pengeditan video, aplikasi pengeditan majalah, hingga aplikasi yang digunakan untuk pengembangan situs web. Sejak beberapa tahun yang lalu Adobe telah memperkenalkan produk andalannya ke pasar perangkat lunak komputer. Salah satu perangkat lunak yang paling terkenal, misalnya adalah Photoshop yang saat ini memiliki berbagai versi dan selalu terus dikembangkan untuk menjadi lebih baik.

Selain Photoshop, Adobe juga membuat aplikasi yang digunakan untuk melakukan video editing. Aplikasi yang dibuat oleh Adobe untuk kepentingan pengeditan video diberi nama Adobe Premiere. Ada banyak versi Adobe Premiere, dari Adobe Premier Pro, Adobe Premier CC, dan sebagainya. Semua versi tentu memiliki fitur yang berbeda. Namun, secara umum, Adobe Premiere menjadi salah satu perangkat lunak yang menjadi pilihan tersendiri bagi para editor video baik yang bekerja secara profesional atau masih dalam tahap pemula.
26 Kelebihan dan Kekurangan Adobe Premiere Pro

Agar Anda dapat menggunakan perangkat lunak Adobe Premiere dengan lebih maksimal, tentu Anda harus mengenali setiap aspek dari perangkat lunak yang Anda gunakan. Tanpa mengetahui cara kerja suatu aplikasi, tentu kita tidak akan bisa memanfaatkan aplikasi dengan maksimal. Ini seperti kita bermain bola, tanpa mengetahui kondisi bola yang kita gunakan dan tekstur lapangan tempat kita bermain, bisa jadi strategi yang kita atur saat pertandingan tidak akan maksimal.

Salah satu aspek dari perangkat lunak yang perlu kita ketahui adalah dalam hal kekuatan dan kelemahan, kelebihan dan kekurangan alias yang dimiliki oleh suatu aplikasi. Di sini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan Adobe Premiere, sehingga Anda memahami aspek yang lebih detail dari perangkat lunak pengolah video ini dari Adobe. Apa kelebihan dan kekurangan Adobe Premiere yang perlu Anda ketahui? Berikut beberapa di antaranya:

Kelebihan

  1. Dapat mengcapture video dari camcorder yang terhubung ke komputer atau laptop dan dapat disimpan ke dalam berbagai format file.
  2. Mudah dalam membuat judul video karena memiliki 3 title.
  3. Memiliki timeline yang dapat diisi dengan banyak sekali video serta audio untuk memperkaya efek atau memperbagus video yang kamu buat. Batasannya pada beberapa versi ada yang sampai 99 kolom video dan 99 kolom audio, yang berarti kamu dapat membuat kombinasi sangat banyak sekali.
  4. Memudahkanmu dalam mengelola file-file yang dibutuhkan untuk melakukan editing karena tersedia fitur explorer built-in yang dapat digunakan untuk browsing
  5. Memiliki antarmuka yang memanjakan mata, serta memudahkan untuk mengoperasionalkan proses editing video karena memiliki tampilan serta preview yang membuat editing video menjadi lebih mudah
  6. Memiliki ketelitian waktu edit sampai sekitar 0.01 detik. Dengan demikian kamu dapat membuat frame yang lebih halus sehingga filmmu juga akan lebih bagus
  7. Ada banyak sekali dukungan file video yang dapat diedit oleh Adobe Premiere. Dengan demikian kamu tidak perlu direpotkan karena harus mengubah format video dari satu file ke file yang lain terlebih dahulu sebelum pada akhirnya dibuka pada Adobe Premiere.
  8. Memiliki kemampuan untuk membuat efek-efek yang menarik dan dapat kita edit sesuai dengan keinginan kita seperti efek zooming, efek overlight atau overdick, dan lain sebagainya. Salah satunya dapat membuat kata-kata yang bergerak sesuai dengan direksi yang kita berikan pada aplikasi tersebut. Kamu juga bisa mengkopi efek pada proyek satu ke proyek lainnya
  9. Memiliki dukungan media encoder yang juga berasal dari aplikasi encoder yang tangguh yaitu Adobe Media Encoder.
  10. Tidak mudah crash alias stabil, dengan demikian pengalaman editing juga akan sangat baik.
  11. Mendukung sistem 64 bit, dengan demikian kamu dapat memanfaatkan jumlah ram yang lebih banyak untuk memaksimalkan proses editing pada komputermu
  12. Dapat melakukan time reverse atau membalik jalannya video dengan mudah dan cepat
  13. Mendukung format output berupa video HD
  14. Memiliki fitur auto save project yang dapat membantu mengantisipasi listrik mati atau crash di tengah jalan yang dapat menyebabkan proyek editing yang sedang dilakukan lupa belum ke save
  15. Memiliki fitur rendering atau penggabungan video tanpa memasukkan suara yang rata-rata tidak tersedia di aplikasi lain
  16. Dapat memilih output video edit yang beragam seperti MPEG-2 atau Avi


Kekurangan

  1. Salah satu kekurangan dari Adobe Premiere tentu masalah pembelajaran yang tidak mudah. Untuk dapat menjadi Adobe Premiere, kamu butuh mempelajarinya secara serius terlebih dahulu.
  2. Memiliki ukuran instalasi yang besar sehingga bakal memakai banyak ruang di hardiskmu.
  3. Oleh karena aplikasi ini memiliki lisensi, maka untuk memakainya kamu butuh membeli lisensinya tersebut. Sayangnya, untuk ukuran kantong mahasiswa, harga lisensi yang diberikan cukup mahal. Itu pun harus diperbarui setiap bulan.
  4. Membutuhkan spesifikasi komputer yang berada pada rentang medium sampai high-end. Cukup wajar mengingat kemampuan yang dimilikinya dalam editing video.
  5. Tidak terdapat full screen preview.
  6. Tidak dapat menyimpan file video secara langsung melainkan harus melalui proses rendering dan selainnya.
  7. Beberapa teknik untuk melakukan editing video memerlukan aplikasi lain untuk menjalankannya. Misalnya kamu membutuhkan Adobe After Effects untuk memoles videomu, atau membutuhkan SpeedGrade untuk mempercantik video yang sedang kamu edit. Tentunya hal ini agak menyebalkan apabila aplikasi tambahan itu pun juga harus dibeli dengan uang sebelum kita dapat menggunakannya secara legal. 
  8. Tidak ada fitur keyword tagging untuk media library yang kamu miliki. Artinya, untuk dapat memilih sound efek tertentu misalnya, kamu harus mencari dengan keyword tertentu dan bisa saja hal itu membuatmu tidak ingat bagaimana suara atau bentuk media yang akan kamu sisipkan pada videomu. Apabila terdapat fitur keyword tagging, maka kamu tinggal menambahkan tag-tag tertentu pada semua media yang kamu miliki, sehingga apabila kamu ingin mencari musik yang terdengar serius misalnya, kamu cukup melakukan klik pada tag serius dan semua media yang memiliki rasa serius akan muncul tanpa memedulikan apa nama file tersebut. Hal ini pasti akan sangat memudahkan terutama bila kamu membutuhkan waktu yang cepat untuk melakukan proses editing video.
Itulah kelebihan dan kekurangan aplikasi editing video Adobe Premiere. Semoga dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan Adobe Premiere ini dapat membantu Anda menggunakan aplikasi lebih efektif. Selamat mengedit video!