3 Cara Merubah / Mengonversi Excel ke Word Termudah

Microsoft Office adalah paket perangkat lunak pemrosesan dokumen yang terdiri dari beberapa perangkat lunak, termasuk Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Powerpoint, Microsoft OneNote, Microsoft Visio, Microsoft Publisher, dan lainnya. Paket perangkat lunak ini tentu saja dikeluarkan oleh Microsoft Corp. Paket perangkat lunak ini tampaknya telah menjadi salah satu perangkat lunak "wajib" yang diinstal pada komputer atau perangkat laptop yang baru dibeli. Cerah tentunya, itu karena banyak kelebihan yang dapat digunakan oleh masyarakat dari penggunaan Microsoft Office ini, mulai dari pekerjaan kantor yang mudah, hingga membantu siswa yang sedang mengerjakan tugas sekolah.

Salah satu kelebihan Microsoft Office daripada jenis perangkat lunak perkantoran lainnya adalah sinkron antara masing-masing perangkat lunak. Pengguna yang ingin menggunakan data dari Microsoft Publisher, dapat ditampilkan di Microsoft Word tanpa harus melakukan teknik "copy paste". Nah, bicara tentang data, kita akan membahas lebih banyak tentang Microsoft Excel, karena perangkat lunak ini dimaksudkan untuk mengolah data dalam bentuk angka yang diubah menjadi grafik, kurva, tabel, dan bentuk grafik lainnya. Untuk mengolah data, Anda pasti membutuhkan formula Excel yang lengkap sehingga data dapat dikelola dengan baik.
3 Cara Merubah / Mengonversi Excel ke Word Termudah

Namun, kapan saja Anda akan membutuhkan data dari file Excel untuk dimasukkan dalam dokumen teks di Microsoft Word. Biasanya, hal itu dilakukan oleh siswa yang melakukan tugas-tugas praktis, atau karyawan yang ingin membuat laporan keuangan. Ini biasanya untuk memaksimalkan fungsionalitas dari aplikasi pengolah kata yang diinstal. Hmmm apakah data dari Excel dapat diubah menjadi file Word?

Jawabannya, bisa. Setelah kami memberi Anda informasi tentang cara memindahkan file PDF ke Word. Dengan melakukan beberapa teknik yang akan kita bahas di bawah ini, Anda dapat mengubah data dari file Microsoft Excel menjadi file Word yang dapat dibuka di Microsoft Word. Oh ya, pastikan Anda telah menginstal Microsoft Office di laptop atau komputer Anda. Jika tidak, Anda perlu mendengarkan artikel kami tentang cara menginstal Microsoft Office yang telah kami bahas di situs ini. Tak perlu dikatakan, berikut adalah beberapa cara untuk mengubah Excel ke Word dari kami:

1. Via Online

Setelah tadi Anda telah mengetahui cara-cara mengubah tabel-tabel dalam file Excel menjadi file Word, sekarang kami akan beritahu Anda cara mengubah file Excel menjadi file Word secara online. Yup, online via internet. Mungkin, Anda malas untuk melakukan hal-hal seperti yang kami bahas di atas. Nah, ternyata ada beberapa situs yang menyediakan jasa konversi file ke format lain yang diinginkan. Salah satunya adalah jasa konversi file Excel menjadi Word, sama halnya ketika Anda hendak melakukan beberapa cara mengubah file JPG ke PDF di Android. Bagaimana sih cara-caranya? Berikut ini pembahasannya:

Buka alamat situs https://convertio.co/id/xls-doc/ di browser komputer, laptop, atau Android Anda.
Pilih file Excel yang hendak dikonversi menjadi file Word
Tunggu proses konversi hingga selesai
Setelah selesai, Anda bisa mendownload file hasil konversi tersebut ke dalam perangkat Anda. Atau Anda bisa mengupload file hasil konversi tersebut ke penyimpanan cloud, Anda bisa menggunakan Dropbox atau Google Drive sebagai layanan penyimpanan cloudnya.

2. Memasukkan Bagan Excel ke dalam Word

Dalam cara merubah Excel ke Word, terkadang kita membutuhkan data dalam satu tabel, bukan hanya untuk beberapa konten atau data saja. Oleh karena itu, jika Anda hendak menyalin bagan / tabel Excel ke dalam Word, berikut ini langkah-langkahnya:


  • Pada Microsoft Excel, klik bagan atau tabel yang hendak disalin, lalu tekan tombol Ctrl + C pada keyboard.
  • Pada Word, tekan Ctrl + V untuk menempel bagan.
  • Pilih opsi tempel Anda. Di sudut kanan bawah tabel, klik tombol “Paste Options” untuk melihat macam-macam opsi tempel yang berbeda. Penjelasannya akan kami jelaskan di bawah.
  • Jika Anda tidak melihat tombol Paste Options, itu berarti Anda tidak mengaktifkannya. Untuk mengaktifkannya, buka File> Options > Advanced. Di bawah bagian “Cut, Copy, and Paste”, centang “Show Paste Options”. Lalu, klik OK.

Tidak seperti menempel data Excel, saat menempelkan bagan, ada enam pilihan Paste Options yang bisa Anda pilih. Anda dapat mengubah pilihan data bagan, begitu juga pilihan formatnya. Apa saja keenam pilihan tersebut?


  • “Keep Source Formatting and Link to Excel”, pilihan ini membuat data dalam bagan /tabel akan diperbarui jika sumber data dalam tabel di Excel diperbarui.
  • “Match Destination Table Style and Link to Excel”, pilihan ini memungkinkan Anda untuk membuka berkas Excel dari bagan atau tabel yang Anda salin ke Word. Untuk membuka berkas Excel dari tabel, klik kanan pada Tabel, lalu klik “Edit Data”. Selanjutnya, file Excel sumber tabel tersebut akan terbuka.
  • “Paste as Picture”, pilihan ini berfungsi untuk menempelkan tabel sebagai gambar statis yang tidak akan diperbarui saat data dalam tabel di file Excel diubah.
  • “Keep Source Formatting”, pilihan ini berfungsi untuk menggunakan gaya tabel bawaan dari Microsoft Excel.
  • “Use Destination Theme”, pilihan ini berfungsi untuk menggunakan (mengikuti) gaya tabel dari Microsoft Word.
  • “Keep Text Only”, pilihan ini berfungsi untuk menempel konten dari Excel tanpa format apapun. Jika Anda memilih ini, tiap baris akan menjadi paragraf tersendiri, dengan tab yang memisahkan data dan kolom.


3. Menyalin dan Menempel Data Excel ke dalam Word

Jika Anda hendak menyalin data Excel ke dalam Word (datanya saja, bukan dengan tabelnya), Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:


  • Pada Excel, klik dan seret untuk memilih data yang ingin Anda masukkan ke dalam dokumen Word. Kemudian, tekan tombol Ctrl + C pada keyboard. Untuk memilih semua data dalam bagan, tekan dulu Ctrl + A, lalu tekan Ctrl + C.
  • Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan klik menu Edit > Copy. Selain menyalin dan menempel data Excel, Anda juga dapat menyalin dan menempel bagan Excel ke dalam Word. Namun, hal tersebut akan kami jelaskan pada bagian selanjutnya.
  • Sekarang beralih ke jendela Microsoft Word. Anda tempel data dari Excel tersebut. Pada dokumen Word, gerakkan kursor menuju lokasi tabel yang diinginkan, dan kemudian tekan Ctrl + V (Paste). Tabel ini “ditempel” ke dalam dokumen Word.
  • Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan klik menu Edit > Paste.
  • Pilih opsi tempel Anda. Di sudut kanan bawah tabel, klik tombol “Paste Options” untuk melihat macam-macam opsi tempel yang berbeda. Penjelasannya akan kami jelaskan di bawah.
  • Jika Anda tidak melihat tombol Paste Options, itu berarti Anda tidak mengaktifkannya. Untuk mengaktifkannya, buka File> Options > Advanced. Di bawah bagian “Cut, Copy, and Paste”, centang “Show Paste Options”. Lalu, klik OK.


Oke, tadi kami bicara soal macam-macam opsi Paste Options. Apa saja pilihannya dan apa fungsinya? Berikut ini penjelasannya:


  • “Keep Source Formatting”, pilihan ini berfungsi untuk menggunakan gaya tabel dari file Excel.
  • “Match Destination Table Style”, pilihan ini berfungsi untuk menggunakan gaya tabel Word. Microsoft Word memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat tautan ke berkas Office lainnya. Artinya, jika Anda hendak melakukan perubahan pada berkas Excel, tabel yang disalin juga akan diperbarui di Word.
  • “Keep Text Only”, pilihan ini berfungsi untuk menempel konten dari Excel tanpa format apapun. Jika Anda memilih ini, tiap baris akan menjadi paragraf tersendiri, dengan tab yang memisahkan data dan kolom.
Sekian artikel kami kali ini seputar cara merubah Excel ke Word. Semoga artikel kami kali ini dapat menjadi inspirasi dan bisa mempermudah pekerjaan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel