3 Fungsi Fungsi Freehand Tool Pada Software Grafis

3 Fungsi Fungsi Freehand Tool Pada Software Grafis
3 Fungsi Fungsi Freehand Tool Pada Software Grafis
Freehand Tool, adalah fitur yang tentunya sangat akrab bagi pengguna perangkat lunak grafis, fitur juga (menurut saya) adalah alat yang paling sering digunakan oleh seorang desainer grafis dalam membuat desain, sehingga pentingnya alat ini hampir di semua perangkat lunak grafis, panggilan itu perangkat lunak grafis untuk membuat desain vektor favorit saya yaitu CorelDRAW, Adobe Photoshop, dan Adobe Illustrator.

Freehand Tool pada CorelDRAW (bernama “Freehand Tool”)

Dalam perangkat lunak grafis CorelDRAW, fitur Freehand Tool ada dalam kotak peralatan (panel kiri, jika posisinya tidak diubah oleh pengguna) kelima dari atas, dikelompokkan dengan Bezier, Media Artistik, Pena, Polyline, 3 Titik Kurva, Konektor dan Dimensi , dapat diakses dengan pintasan F5
3 Fungsi Fungsi Freehand Tool Pada Software Grafis


Freehand Tool di Adobe Photoshop (bernama "Freeform Pen Tool")

Fitur Freehand Tool dalam Adobe Photoshop disebut Freeform Pen Tool yang merupakan sub-fitur dari Pen Tool. Fitur ini dapat ditemukan di hampir semua produk Adobe untuk grafik, seperti Adobe Illustrator dan Adobe InDesign, selain "Pen Tool" ada juga "Pencil Tool" dan "Brush Tool" yang mirip dengan Freehand Tool (tetapi nama dan fungsi yang berbeda).

Freehand Tool di Macromedia Flash (bernama "Pen Tool and Pencil Tool")

Macromedia? Ya, mungkin ada banyak alien dengan nama sekarang, beberapa produk seperti Dreamweaver (saya pikir) sangat populer di kalangan pengembang web yang dulu disebut Macromedia Dreamweaver, serta Flash yang diberi nama Macromedia Flash, tetapi sekarang produk tersebut telah diperoleh oleh Adobe Inc. sehingga nama-nama Adobe Dreamweaver dan Adobe Flash mungkin lebih dikenal.

Alasan saya membahas perangkat lunak Flash yang (Macromedia Flash bukan Adobe Flash) adalah karena produk Adobe sudah diwakili oleh Photoshop, dan di hampir semua produk dengan pengembang yang sama umumnya memiliki antarmuka yang hampir mirip, misalnya saya tidak membahas Adobe Illustrator karena diskusi tentang fitur alat tangan bebas di Adobe Illustrator akan sama persis dengan Adobe Photoshop.

Namun demikian, fitur alat tangan bebas di Macromedia Flash hampir sama dengan Freeform Pen Tool di Adobe Photoshop, hanya di Macromedia Flash bernama "Pen Tool" dan "Pencil Tool" (dalam Adobe Photoshop-bahkan Pen Tool), kedua alat berpikir itu memainkan peran seperti Freehand Tool pada perangkat lunak lain seperti CorelDRAW dan Photoshop.

Fungsi Utama Freehand Tool

Melalui uraian di atas saya bermaksud untuk menunjukkan bahwa "Alat Freehand" tidak terbatas pada "alat" tunggal, tetapi dapat menjadi fitur dengan beberapa alat yang (pada dasarnya) tujuan yang sama mewakili “coretan tangan secara bebas” (Free = bebas, hand=tangan)

1. Membuat objek gambar yang tidak sama dengan objek yang tersedia secara bebas

Perangkat lunak grafis umumnya menyediakan objek bentuk siap pakai, biasanya bentuk standar seperti lingkaran (atau oval), persegi panjang (atau persegi panjang), pada CorelDRAW bahkan bintang, spiral, dan banyak lagi.

Jadi bagaimana jika pengguna ingin membuat objek yang relatif tidak teratur seperti objek api yang terbakar, meskipun sebenarnya dapat dibuat dengan objek garis lurus kemudian dimodifikasi tetapi akan lebih dinamis untuk membuat objek api menggunakan alat tangan bebas.

2. Membubuhkan tanda tangan pada dokumen digital melalui media Pen Tablet

Katakanlah kita akan membuat tanda tangan pada perangkat lunak grafis (bukan "tanda tangan digital" karena tanda tangan digital memiliki arti lain), kita menggunakan bolpoint atau pensil, kemudian kita menandatangani selembar kertas dan kertas yang kita potret atau pindai, lalu gambar yang dihasilkan foto atau scan yang kita telusuri perangkat lunak grafis dan kemudian kita mengekspor gambar, tidak rumit ?.

Untuk lebih menyederhanakan beberapa proses "penelusuran" pada tanda tangan yang dalam bentuk "tanda" unik dalam bentuk grafiti, beberapa perangkat lunak seperti panggilan itu digunakan saat membuat E-ID dan pembuatan SIM, tanda tangan akan dilakukan pada alat khusus, sebut saja Tablet Pen, alat ini akan "merekam" tanda tangan dan memprosesnya secara langsung sehingga dapat disimpan tanpa perlu dicurangi atau dipindai.

Namun, itu tidak berarti bahwa E-KTP dan SIM dibuat menggunakan perangkat lunak grafis (meskipun bukan tidak mungkin), misalnya, seseorang ingin meletakkan tanda tangan mereka pada dokumen digital (misalnya PDF), tidak perlu menandatangani kertas kosong dan lalu dipindai, dan mungkin ditrace.

Cukup tanda tangan pada perangkat lunak grafis melalui Tablet Pen menggunakan alat bantu tangan, sehingga tanda tangan pada perangkat lunak grafis yang dihasilkan akan identik dengan tanda tangan asli (di atas kertas), setidaknya itu lebih efisien dalam pengalaman pribadi saya.

3. Menggambar bebas diatas Pen Tablet seolah diatas kertas

Untuk seorang animator, seorang seniman komik, atau hanya seorang penggemar gambar, menempatkan ide di atas kertas lebih mudah daripada menggambar pada perangkat lunak grafis secara langsung untuk membuat desain grafis.

Umumnya setelah seorang seniman selesai menggambar karyanya di atas kertas, karya tersebut dipindai, dimasukkan ke dalam perangkat lunak grafis dan kemudian ditelusuri, itu cukup efektif tetapi kurang efisien dalam hal waktu karena waktu yang dibutuhkan untuk membuat karya akan berkali-kali lipat (setidaknya dua kali waktu untuk menggambar di atas kertas dan melacaknya ke perangkat lunak grafis), tetapi dapat diminimalkan dengan memanfaatkan Pen Tablet.

Sederhananya, begitu Tablet Pen terhubung ke komputer, pengguna dapat langsung "mencorat-coret" kanvas pada perangkat lunak grafis (misalnya CorelDRAW) secara bebas menggunakan Freehand Tool, seperti yang dibahas di atas bahwa alat tangan bebas memungkinkan pengguna membuat objek secara bebas seperti menggambar di atas kertas. .

Demikian beberapa ulasan tentang Fungsi Freehand Tool, semoga bermanfaat. Hasil eksplorasi berbagai alat yang tersedia dalam perangkat lunak grafis sangat bervariasi tergantung pada kreativitas pengguna, jadi stay foolish-stay hungry.