4 Cara Cek Processor Android Tanpa Aplikasi Secara Akurat

4 Cara Cek Processor Android Tanpa Aplikasi Secara Akurat
4 Cara Cek Processor Android Tanpa Aplikasi Secara Akurat
Memastikan bahwa perangkat seluler yang Anda beli memiliki spesifikasi perangkat keras yang tepat yang dikirimkan saat promosi oleh vendor ponsel ini adalah suatu keharusan sehingga Anda dapat menghindari penipuan dan niat buruk lainnya, atau sekadar mengetahui informasi tentang ponsel Anda lebih dalam lagi. Terutama ketika kita berbicara tentang prosesor, tetapi fungsi prosesor sangat penting untuk perangkat Android Anda, seperti prosesor laptop di laptop meskipun ada berbagai jenis prosesor AMD, atau Intel walaupun ada perbedaan antara Intel dan AMD misalnya pada jenis prosesor soket yang digunakan.

Oleh karena itu Anda perlu mengetahui cara memeriksa isi perangkat keras telepong nggemmu Anda, termasuk mengetahui cara memeriksa prosesor Android tanpa aplikasi jika Anda memiliki sistem operasi Android di ponsel pintar Anda. Dengan mengetahui cara memeriksa prosesor Android tanpa aplikasi berikut maka Anda bisa mengetahui seberapa jauh kemampuan prosesor Android yang tertanam di perangkat keras ponsel Anda saat itu.

4 Cara Cek Processor Android Tanpa Aplikasi Secara Akurat

Jadi bagaimana cara memeriksa prosesor Android tanpa aplikasi yang dapat Anda lakukan? Berikut ini beberapa cara alternatif untuk mengetahui spesifikasi prosesor ponsel Anda tanpa perlu menginstal aplikasi tertentu untuk mengetahui spesifikasi prosesor ponsel Anda.

1. Menggunakan menu pengaturan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui informasi tentang prosesor ponsel Android Anda adalah memanfaatkan fitur internal dari menu pengaturan yang harus ada pada semua ponsel dengan sistem operasi Android. Caranya cukup sederhana. Anda hanya perlu membuka menu pengaturan, atau dalam bahasa Inggris "Pengaturan", kemudian dari menu yang muncul mencari menu dengan nama "Tentang ponsel" atau dalam bahasa Indonesia adalah "Tentang ponsel".

Menu yang satu ini biasanya terletak di bagian bawah menu yang terdapat dalam pengaturan. Setelah memasuki menu tentang telepon, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuka di informasi perangkat atau "Informasi perangkat". Pada bagian itu akan menampilkan berbagai informasi tentang perangkat Anda seperti RAM, ROM, model atau jenis ponsel, termasuk salah satunya adalah jenis prosesor, kecepatan prosesor, dan aspek lain yang dimiliki oleh prosesor pada sistem ponsel Android. Jika Anda sulit menemukan ini, coba lawan telepon Anda terlebih dahulu karena ada banyak jenis antarmuka pengguna Android yang membuat lokasi menu menjadi berbeda.

2. Menggunakan terminal

Selain menggunakan menu pengaturan biasa, Anda juga dapat menggunakan aplikasi bawaan dari Android untuk mencari tahu informasi terkait prosesor yang Anda miliki di ponsel Anda. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka terminal, kemudian di jendela yang terbuka, Anda cukup mengetikkan perintah "cat / proc / cpuinfo", dan setelah itu akan menampilkan informasi yang berkaitan dengan prosesor yang Anda miliki. Dengan perintah ini Anda biasanya akan melihat jenis bit prosesor Anda, dan beberapa informasi yang mengandung 32 bit dan 64 bit perbedaan Android.

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut, Anda dapat menggunakan perintah lain, seperti "cat / proc / meminfo" atau "cat / proc / version", yang akan menampilkan informasi terkait dengan memori yang Anda gunakan dan tersedia serta menampilkan operasi versi sistem yang digunakan di ponsel yang Anda gunakan. Informasi yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui tentang ponsel Anda dengan lebih detail, tentu saja. Perintah terminal ini bukan hanya keuntungan Android Lollipop saja, tetapi hampir semua Android memiliki fitur ini.

3. Menggunakan panduan dari perusahaan

Cara mengecek prosesor Android tanpa aplikasi berikutnya adalah menggunakan buku manual atau manual yang biasanya diberikan saat Anda membeli ponsel Android dari pabrik atau dari perusahaan yang menjual aplikasi. Dengan menggunakan manual ini, Anda biasanya akan lebih mudah menemukan informasi yang Anda butuhkan tanpa membuka ponsel Anda sendiri.

Tetapi tentu saja ini tidak akan berhasil jika Anda tidak memiliki manual karena Anda membeli telepon dari orang lain yang membeli telepon dan tidak lagi memiliki buku panduan yang sama. Buku pegangan ini juga dapat menjelaskan apa kelebihan dan kekurangan OS Android yang digunakan di ponsel Anda.

4. Menggunakan situs informasi ponsel online

Selain menggunakan buku panduan dari produsen ponsel Anda, Anda juga dapat menggunakan situs gerbang online yang menyediakan berbagai informasi tentang perangkat seluler mulai dari prosesor, hingga memori, jenis kamera, fitur kamera, dan sebagainya. Dengan menggunakan situs online ini Anda dapat mengetahui spesifikasi ponsel Anda dengan mudah tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan, walaupun tentu saja Anda membutuhkan aplikasi browser dan juga kuota internet untuk mengakses internet. Jika Anda tidak dapat mengakses situs semacam ini, cobalah untuk mengubah DNS dengan mengatur DNS pada Android yang telah kita diskusikan sebelumnya.

Selain menggunakan metode di atas, Anda juga menggunakan cara lain tetapi menggunakan alat perangkat lunak untuk mengetahui fitur prosesor yang Anda miliki. Namun kelebihannya antara lain Anda dapat mengetahui aspek informasi perangkat keras lainnya dengan relatif mudah, dan juga cepat. Anda dapat melihatnya hanya dengan menggunakan satu aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melihat informasi perangkat keras ponsel Anda dengan benar, dimulai dengan RAM, prosesor, jenis, dll. Adalah sebagai berikut:


  • Droid Hardware Info
  • CPU-Z
  • Hardware Info
  • Phone Doctor Plus
  • AIDA64


Jika Anda tertarik menggunakan perangkat lunak di atas, tentu saja Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu dengan mengunjungi Google Play. Jika play store Anda tidak aktif, aktifkan juga dengan mengaktifkan Play Store. Dengan demikian Anda dapat menggunakan salah satu aplikasi di atas untuk mengetahui lebih banyak rincian tentang ponsel Anda.

Itulah beberapa cara untuk memeriksa prosesor Android tanpa aplikasi yang dapat Anda coba untuk mengetahui spesifikasi prosesor ponsel yang Anda miliki. Semoga Anda dapat memeriksa informasi prosesor di ponsel Anda dengan cepat dan mudah ya!