4 Cara Memasang Bluetooth di Laptop yang Belum Ada Bluetoothnya

4 Cara Memasang Bluetooth di Laptop yang Belum Ada Bluetoothnya
4 Cara Memasang Bluetooth di Laptop yang Belum Ada Bluetoothnya
Bluetooth adalah salah satu jenis perangkat koneksi yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai orang untuk menghubungkan perangkat mereka. Dari ponsel ke laptop atau komputer, jembatan bluetooth koneksi yang dibutuhkan oleh berbagai perangkat dengan cepat dan relatif mudah bila dibandingkan dengan menggunakan kabel atau bergantung pada koneksi lain.

Dengan kemudahan menggunakan bluetooth itu, maka kita perlu memastikan bahwa laptop atau perangkat komputer yang kita miliki dapat menghubungkan perangkat lain yang perlu dihubungkan. Oleh karena itu jika perangkat keras kita pada awalnya tidak memiliki perangkat keras bluetooth, maka kita juga perlu mengetahui cara menginstal bluetooth pada laptop yang tidak ada bluetooth atau cara menginstal bluetooth di laptop. Apakah Anda sudah tahu cara menginstal bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya? Jika Anda belum tahu, maka tentu saja Anda harus membaca artikel yang satu ini secara menyeluruh!
4 Cara Memasang Bluetooth di Laptop yang Belum Ada Bluetoothnya

Berikut beberapa cara memasang bluetooth pada laptop yang tidak ada bluetoothnya, yang bisa Anda terapkan di laptop yang Anda miliki.

1. Memasang bluetooth di motherboard laptop

Salah satu cara memasang bluetooth yang dapat Anda lakukan pada laptop yang tidak memiliki bluetoothnya adalah dengan memasang perangkat bluetooth tambahan di motherboard laptop yang Anda miliki. Cara yang satu ini cukup berisiko jika Anda tidak tahu cara menghubungkan antara perangkat keras bluetooth yang Anda beli dengan motherboard laptop Anda. Jika Anda salah untuk terhubung, itu bisa sangat merusak motherboard yang Anda miliki. Itu sebabnya Anda harus benar-benar berhati-hati untuk melakukannya.

Namun cara ini memiliki kelebihan, yaitu perangkat bluetooth yang Anda miliki dapat dipasang secara internal dan dapat dibawa ke mana saja karena sudah tertanam di laptop yang Anda miliki. Jika Anda ingin mencoba yang satu ini, harap perhatikan kecocokan yang benar dari perangkat keras bluetooth yang ingin Anda coba sambungkan ke motherboard yang Anda miliki. Jika tidak cocok, maka bahkan jika Anda telah berhasil membongkar laptop Anda dan mencoba untuk menginstalnya, tetapi perangkat keras yang Anda miliki tidak akan berfungsi dengan baik.

Jika Anda tidak dapat melakukan instalasi secara mandiri, maka Anda dapat menggunakan layanan jasa perbaikan komponen laptop untuk memasangkan perangkat bluetooth pada motherboard Anda. Namun, harap dicatat sekali lagi bahwa cara yang satu ini sangat berisiko, lakukan dengan menyadari risko. Namun, jika risikonya terlalu besar Anda tidak dapat menangani dengan baik, maka salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan cara lain untuk menginstal bluetooth pada laptop yang tidak memiliki bluetoothnya di bawah ini. Jangan lupa pelajari cara menyalakan laptop bluetooth juga ya.

2. Memasang bluetooth dengan menggunakan perangkat dongle bluetooth

Cara kedua yang bisa Anda terapkan untuk menginstal bluetooth pada laptop yang tidak memiliki bluetoothnya dari awal adalah menginstal bluetooth dongle yang biasanya dijual di toko peralatan komputer. Bluetooth dongle adalah salah satu perangkat keras yang dapat digunakan untuk memasang perangkat bridge bluetooth menggunakan koneksi USB.

Pada dasarnya, bluetooth dongle berfungsi dengan menginstal perangkat bluetooth melalui USB, seperti pad adongle WiFi atau dongle lainnya. Perangkat dongle bluetooth cenderung mudah dipasang dan digunakan karena sifat plug-n-play-nya. Namun, menggunakan perangkat bluetooth melalui USB tentu saja mengharuskan perangkat dibawa kapan saja, terutama jika Anda ingin menggunakan koneksi bluetooth melalui laptop Anda.

Secara umum, perangkat bluetooth dongle lebih cenderung dipilih untuk menginstal bluetooth pada laptop yang tidak memiliki bluetoothnya. Ini karena kemudahan, risiko rendah dan berbagai kelebihan lain yang bisa menutupi kurangnya penggunaan perangkat dongle, salah satunya dalam hal fleksibilitas. Jika Anda lebih suka menginstal bluetooth dengan risiko praktis dan minimal, maka Anda dapat menggunakan cara yang satu ini. Tetapi Anda juga harus memilih perangkat dongle yang akan Anda instal ya, karena di pasaran ada banyak perangkat dongle yang dijual tanpa kualitas yang sangat bagus.

Jika ada masalah perangkat perifer, jangan lupa untuk melakukan cara mengatasi periferal perangkat bluetooth yang harus diatasi.

3. Menginstall driver dan perangkat pendukung

Setelah Anda memutuskan apakah Anda ingin menggunakan bluetooth pada laptop yang tidak memiliki bluetoothnya terlebih dahulu atau cara kedua, maka cara selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menginstal driver dan perangkat pendukung lainnya yang memungkinkan Anda memanfaatkan perangkat bluetooth yang baru dipasang dengan keduanya.

Driver dan perangkat pendukung biasanya sangat diperlukan tidak peduli apakah Anda menggunakan dongle atau menggunakan perangkat bluetooth yang terpasang secara internal. Ini karena komunikasi dengan perangkat keras bluetooth yang Anda instal dengan sistem operasi Anda dapat berjalan dengan sempurna jika ada driver yang sesuai dengan sistem operasi yang Anda miliki.

Untuk menginstal driver dan perangkat lunak lain yang Anda butuhkan, Anda biasanya dapat melakukannya dengan mudah. Di sistem operasi Windows misalnya, Anda hanya perlu menginstal dengan mengklik dua kali pada file * .exe yang telah disediakan oleh pembuat dongle atau perangkat bluetooth yang baru dipasang. Sementara itu, dalam sistem operasi lain biasanya ada cara terpisah untuk menginstal driver dan hal-hal lain yang diperlukan untuk menjalankan perangkat keras bluetooth yang Anda instal dengan sempurna. Dengan driver yang tepat, Anda juga dapat menghemat baterai laptop Anda, sebagai cara untuk memperpanjang umur baterai laptop.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara menginstal bluetooth pada laptop yang tidak ada bluetoothnya dan Anda dapat mencoba untuk memulai saat ini jika Anda tertarik untuk menginstal perangkat bluetooth pada perangkat laptop Anda. Tentu saja menginstal atau tidak menginstal bluetooth sepenuhnya dalam keputusan Anda, tetapi jika Anda tidak sering menggunakan bluetooth, alangkah baiknya jika Anda meminjam bluetooth dongle hanya dari orang lain yang memiliki perangkat tersebut. Atau jika tidak, gunakan saja koneksi USB yang biasanya juga tersedia di laptop Anda. Jangan lupa pelajari juga cara memperbaiki laptop bluetooth yang rusak.

Pada beberapa pertimbangan di atas, semoga Anda dapat membuat pilihan yang baik, apakah Anda masih akan menginstal bluetooth di laptop Anda dengan membelinya atau apakah Anda melakukannya dengan cara lain sesuai kemampuan Anda. Apapun keputusan yang Anda pilih, jangan lupa untuk membaca artikel DosenIT lain yang tentu cocok untuk Anda yang tertarik dengan dunia teknologi informasi dan komunikasi.

Selamat membaca!