4 Cara Mudah Menghapus Virus Dan Malware di Hp Android

4 Cara Mudah Menghapus Virus Dan Malware di Hp Android
4 Cara Mudah Menghapus Virus Dan Malware di Hp Android
Dengan HP Android OS, kita dapat menjalankan aplikasi yang kita inginkan, mulai dari aplikasi untuk mendengarkan musik, bermain game, hingga hanya menyalakan lampu senter di HP kita. Saat ini, ada banyak aplikasi & game yang dapat kami unduh untuk digunakan. Tapi masalahnya adalah ketika aplikasi yang tersedia di internet sudah ada yang terinfeksi virus, atau bahkan aplikasi tersebut adalah virus yang disamarkan ke dalam aplikasi yang kita butuhkan.

Tentu saja sangat berbahaya bagi HP Android kami. Jika HP Android kita punya virus, maka dapat menyebabkan HP Android kita tidak bisa digunakan dengan benar. Umumnya, virus yang menginfeksi Android bersifat merusak dan mencuri data. Ada banyak jenis virus di Android, mulai dari malware, spyware, trojan, dan lainnya. Bahkan, di antaranya sudah termasuk dalam virus Android paling berbahaya.
4 Cara Mudah Menghapus Virus Dan Malware di Hp Android

Emangnya, apa itu malware? Malware adalah program yang sengaja dibuat untuk menghancurkan, menggandakan, mencuri, menghapus, menyembunyikan, atau mengubah data. Tidak hanya itu, terkadang malware sering menghabiskan paket data dan daya baterai. Dengan demikian, virus malware dapat menyebabkan perangkat Android sering bermasalah, hang, dan sebagainya.

Bicara tentang virus malware, seperti di komputer atau laptop, biasanya ada fitur-fitur khusus jika virus malware tersebut menyerang perangkat Android. Jika Anda cukup jeli, maka Anda pasti akan bisa merasakan kehadirannya di perangkat favorit Anda. Berikut ini adalah fitur yang biasanya disebabkan oleh virus malware di perangkat Android:

1. Penggunaan data internet lebih besar dari biasanya.
Sebagian besar malware dibuat untuk mencuri data dari korban, seperti daftar kontak, nomor kartu kredit, dan data lainnya. Jika malware berhasil mencuri, malware akan mengirim data melalui internet tanpa sepengetahuan Anda. Jadi, otomatis kuota data internet Anda akan cepat habis dari biasanya.

2. Kinerja HP ​​Android Anda lambat.
Karena banyaknya aktivitas tersembunyi yang dilakukan oleh malware, maka itu akan membuat HP Android Anda lambat. Selain itu, virus malware dapat menjadi penyebab Android cepat panas yang berujung pada kinerja HP ​​Android Anda.

3. Baterai HP cepat habis.
Baterai HP Android yang cepat habis benar-benar dapat diakali dengan berbagai cara menghemat daya baterai Android. Tetapi jika baterai HP Android Anda masih boros, bisa jadi malware adalah pelakunya.

4. Sering terputus saat di telepon.
Panggilan telepon rusak karena sinyal buruk adalah hal biasa. Tetapi jika itu terjadi ketika sinyal jaringan Anda bagus, maka itu bisa menjadi tindakan malware.

Bahkan lebih berbahaya lagi jika malware itu adalah program yang dimasukkan dalam aplikasi lain, sehingga aplikasi lain yang terkena dampak malware dan malware semakin menyebar sehingga potensi kerusakan pada smartphone Android menjadi tinggi. Jika demikian, tentu saja kita harus bertindak untuk menghentikan konsekuensinya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara menghapus virus malware di Android. Tanpa banyak kata, berikut ini cara-caranya:

1. Menggunakan Antivirus Terbaik
Cara utama yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan aplikasi antivirus yang andal dan andal. Sebagian besar pengguna HP Android jarang memperhatikan fungsi antivirus. Padahal perhatikan bahwa ancaman virus sangat berbahaya, karena tidak tahu waktu dan tidak tahu siapa yang akan dibicarakan.

Untuk menghapus virus yang berbahaya dan sulit untuk dihapus, tentu saja Anda membutuhkan antivirus yang andal dan juga memiliki database identifikasi virus lengkap (malware, trojan dan sebagainya). Berikut adalah beberapa antivirus terbaik yang kami sarankan:


  • 360 Security, adalah salah satu aplikasi antivirus gratis yang dapat diunduh dari Google Play Store. Aplikasi ini diklaim mampu membersihkan virus yang bersarang di HP Android Anda. Selain itu, 360 Security juga diklaim dapat mencegah munculnya virus dengan pemindaian. Pada aplikasi Keamanan 360, Anda akan langsung disajikan dengan 3 menu utama yakni Boost, Clean, dan Antivirus. Untuk mencegah dan membersihkan virus, Anda bisa langsung memilih menu "Antivirus". Selain menjadi antivirus, aplikasi Keamanan 360 ini dapat meningkatkan kinerja HP ​​Android Anda. Selain itu, Anda dapat membersihkan file sampah di HP yang dapat mengganggu kinerja HP ​​Android Anda.
  • AVG AntiVirus. Anda sudah familiar dengan aplikasi yang satu ini? Yup, AVG AntiVirus kini bukan hanya aplikasi antivirus yang dapat digunakan pada PC atau komputer laptop saja. AVG AntiVirus kini hadir sebagai salah satu aplikasi antivirus untuk HP Android. Aplikasi ini juga dapat diunduh secara gratis.
  • Avast Mobile Security. Selain AVG dan 360 Security, Anda juga dapat menggunakan Avast Mobile Security sebagai salah satu aplikasi antivirus terbaik untuk ponsel Android Anda. Anda dapat menggunakannya untuk mencegah dan melindungi HP Android Anda dengan mudah.
  • Tuan bersih. Aplikasi yang diklaim telah diunduh oleh lebih dari 24 juta pengguna Android juga menghadirkan layanan antivirus untuk melindungi HP Android Anda. Fungsi Master Bersih di HP Android adalah untuk mencegah, melindungi, dan juga membersihkan virus di ponsel Android Anda. Dalam aplikasi, Anda akan disajikan dengan 4 menu utama yaitu File Junk, Phone Boost, Antivirus, dan CPU Cooler. Anda dapat memilih "AntiVirus". Kemudian, aplikasi Clean Master akan secara otomatis memindai (scanning) di HP Android Anda. Dengan menginstal aplikasi ini, Anda juga telah menerapkan satu cara untuk menjaga HP Android Anda tidak kendur.
  • Master Keamanan, yang merupakan salah satu aplikasi antivirus gratis yang tersedia di Google Play Store. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat melindungi HP Android mereka dari serangan virus yang membandel. Selain itu, Master Keamanan juga cukup mudah digunakan oleh siapa saja.


2. Masuk ke Safe Mode
Cara kedua yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke Safe Mode Android. Cara ini cukup efektif untuk menghapus virus malware yang menyebabkan HP Android Anda menurun kinerjanya. Inilah cara masuk ke Safe Mode di ponsel Android Anda.


  • Tekan lama tombol power untuk merestart HP Android Anda.
  • Kemudian, tekan dan tahan tulisan “Power Off” yang muncul pada layar.
  • Selanjutnya, akan muncul pilihan pada layar. Pilih “Reboot to Safe Mode”. Lalu, pilih OK.


Pada mode “Safe Mode”, Anda baru bisa mengecek file mana yang dicurigai sebagai virus malware dan juga aplikasi yang sudah terkena virus. Dengan begitu, cara ini cukup ampuh untuk menghapus virus yang menjangkiti HP Android Anda.

3. Gunakan Fitur Keamanan Smartphone

Pada smartphone Asus dan Xiaomi, biasanya dilengkapi dengan aplikasi keamanan khusus, namanya bisa Keamanan atau Mobile Manager. Nah, aplikasi ini mendukung antivirus smartphone bawaan sangat efektif untuk memindai dan menghapus virus pada smartphone.

4. Hapus Hak Administrator Aplikasi

Jika ada aplikasi yang mencurigakan, Anda dapat menghapus aplikasi. Pertama dapat menghapus aplikasi yang dianggap mencurigakan. Jika aplikasi tidak dapat dicopot karena aplikasi memiliki hak administrator, Anda dapat menghapus hak administrator pada aplikasi dengan:


  • Masuklah ke Setting, pilih Security dan lihat bagian Device Administrator. Anda akan melihat menu Android Device Manager di daftar tersebut.
  • Anda bisa mancabut izin administrator pada aplikasi yang tak bisa dihapus. Setelah izinnya dicabut, aplikasi mencurigakan itu sudah bisa dihapus.
  • Selanjutnya, lakukan pengujian apakah cara-cara yang telah dilakukan berhasil. Caranya dengan restart HP Android Anda. Setelah HP menyala kembali,coba dilihat apakah kinerjanya sudah normal kembali.

Begitu banyak artikel kami kali ini di sekitar cara menghapus virus malware di Android. Semoga cara-cara yang telah kami bahas di atas dapat membantu Anda menghapus virus malware di perangkat Android Anda. Jika HP Android Anda terkena virus trojan, Anda dapat mendengarkan cara menghapus virus trojan pada Android yang telah kita diskusikan di situs ini.