4 Penyebab Mozilla Not Responding dan Crash Tidak Bisa Dibuka

4 Penyebab Mozilla Not Responding dan Crash Tidak Bisa Dibuka
4 Penyebab Mozilla Not Responding dan Crash Tidak Bisa Dibuka
Internet adalah salah satu terobosan di dunia teknologi yang sangat bermanfaat untuk berbagai hal. Mulai dari media sosial, mengakses situs pendidikan secara gratis, akses belajar, bekerja online, dan sebagainya. Kehadiran internet yang sangat maju mendorong berbagai jenis aplikasi yang akan dibuat. Mulai dari aplikasi firewall, aplikasi uji penetrasi, aplikasi pengembangan web, aplikasi coding, dan banyak aplikasi lain termasuk aplikasi browsing di internet atau basis disebut browser.

Saat ini, ada banyak jenis brwoser atau aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna komputer atau laptop pada umumnya untuk menjelajahi internet. Sebut saja Mozilla Firefox, Safar, Opera, Chrome, dan sebagainya. Di antara berbagai jenis aplikasi yang dapat digunakan untuk menjelajah internet, Mozilla Firefox menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh banyak orang sebagai aplikasi utama untuk menjelajah internet. Sejak lama, Mozilla Firefox terus menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh orang untuk menjelajah internet.
4 Penyebab Mozilla Not Responding dan Crash Tidak Bisa Dibuka

Meskipun Mozilla Firefox banyak digunakan oleh orang, bukan berarti tidak ada masalah sama sekali ketika kita menjalankan aplikasi ini. Ada banyak jenis kesalahan yang dapat terjadi ketika kita menggunakan aplikasi ini untuk kegiatan sehari-hari. Kesalahan yang paling sering terjadi adalah crash acak saat membuka banyak tab, tidak merespons ketika beberapa tab dibuka atau bahkan ketika satu tab dibuka dan seterusnya. Tentu saja akan sangat menjengkelkan jika di tengah pekerjaan tiba-tiba Mozilla crash atau tidak merespon yang tidak dapat dipulihkan lagi. Oleh karena itu sangat penting bagi pengguna Firefox seperti Anda untuk mengetahui penyebab Mozilla tidak merespons.

Berikut adalah beberapa penyebab Mozilla tidak merespon sering atau tidak sering. Dengan mengetahui penyebab di bawah ini maka setidaknya Anda dapat mengetahui penyebab Mozilla tidak merespons dan dapat menghindari atau menyelesaikannya secara mandiri.

Jadi tunggu apalagi? Silakan baca penyebab Mozilla not responding di bawah ini ya!

1. RAM terlalu sedikit

Penyebab pertama Mozilla tidak merespon karena kami bahas dalam artikel ini adalah karena jumlah RAM yang tidak mencukupi untuk menjalankan aplikasi Mozilla Firefox ini. Seperti yang kita ketahui, semakin banyak tab dibuka atau semakin banyak konten di halaman web tertentu, jumlah RAM yang diperlukan untuk memprosesnya juga akan semakin besar. Oleh karena itu, jika jumlah RAM tidak cukup dari jumlah minimum untuk menjalankan aplikasi Mozilla, maka kesalahan tidak merespons akan sangat potensial terjadi dan menyebabkan Mozilla harus di-restart atau bahkan dihapus dan tidak lagi terbuka dengan jumlah tab sebagai sama seperti sebelumnya atau dengan mengurangi jumlah konten yang dimuat di web tertentu.

Untuk mengatasi masalah ini, maka yang bisa kita lakukan adalah menambah jumlah RAM komputer kita, atau menambahkan Virtual Memory di pengaturan Windows. Namun, lebih disarankan untuk menambah jumlah RAM karena dengan begitu pengaruhnya akan lebih terasa dan dapat mempercepat kinerja browsing itu sendiri karena jumlah RAM yang diperbesar. Selain itu, RAM yang diperbesar juga dapat meningkatkan kemampuan komputer atau laptop Anda secara keseluruhan sehingga meningkatkan jumlah RAM dapat menjadi pilihan utama untuk mengatasi masalah lain serta mengatasi masalah Mozilla yang tidak merespons.

2. Halaman webpage memiliki ukuran yang terlalu besar

Penyebab Mozilla tidak merespon selanjutnya adalah karena halaman web yang Anda buka memiliki ukuran web yang cukup besar sehingga banyak sumber daya untuk membukanya. Sebut saja misalnya web yang berisi daftar gambar, video dan sebagainya. Kadang-kadang masalah kedua ini terkait erat dengan penyebab pertama di atas, tetapi harus disebutkan bahwa penyebab kedua ini masih dapat terjadi jika RAM yang Anda miliki sangat besar. Ini mungkin karena CPU Anda tidak merespons langsung permintaan dari halaman yang terlalu besar untuk menangani beban halaman web lain atau mengatasi instruksi terprogram lainnya.

Untuk mengatasi penyebab kedua ini, Anda dapat menonaktifkan beberapa konten halaman seperti video, gambar, dan lainnya untuk mengurangi beban halaman yang dimuat oleh Mozilla ketika mencoba membuka situs web yang Anda kunjungi. Dengan demikian Mozilla tidak akan membuka semua media atau konten yang harus dibuka dari web.

3. Script yang tidak responsif

Jika pada poin sebelumnya bahwa kesalahan pelakunya tidak merespon pada Mozilla adalah konten web yang terlalu besar, maka pada poin ketiga ini kita akan melihat pada aspek skrip web. Dalam beberapa kasus, Mozilla dapat mengalami tidak merespons karena skrip yang memiliki kode buruk yang menyebabkan browser web yang rentan lumpuh.

Alasannya sangat beragam, bisa jadi karena CPU tidak dapat memahami instruksi dengan cepat atau tidak cukup RAM, tetapi coding script yang buruk juga dapat membuat pengalaman Mozilla tidak merespon ketika membuka web tertentu karena instruksi proses CPU lama berasal dari script dari situs web yang Anda buka, apakah itu skrip javascript, atau skrip lainnya. Oleh karena itu, jika Anda sangat sering mengalami tidak menanggapi kesalahan karena masalah skrip yang tidak responsif, disarankan untuk menonaktifkan fitur javascript atau tidak mengunjungi web sampai skrip diperbaiki oleh webmaster.

4. Add-ons atau plugin crash

Penyebab Mozilla berikutnya yang tidak merespons adalah adanya plugin atau addons yang tidak responsif dan crash ketika Anda menggunakannya. Plugin atau crash addons dapat terjadi karena plugin yang Anda instal tidak kompatibel dengan versi Mozilla yang Anda miliki, atau karena ada bug di plugin yang membuat Mozilla mudah mengalami tidak merespons ketika berhadapan dengan media atau konten web tertentu dan sebagainya.

Untuk mengatasi masalah tidak menanggapi karena masalah plugin, Anda dapat menghapus plugin sehingga Mozilla tidak perlu menggunakan plugin itu, atau jika Anda masih membutuhkannya maka Anda dapat menonaktifkannya untuk beberapa situs tertentu yang sering Anda amati membuat crash Mozillamu.

Itulah beberapa penyebab Mozilla tidak merespon yang bisa kita bahas dalam artikel ini. Terus pantau DosenIT untuk kiat dan trik komputer lainnya yang akan berguna untuk Anda!