5 Cara Mengaktifkan Dan Mematikan Bluetooth di Laptop Windows 10 Yang Wajib Diketahui

5 Cara Mengaktifkan Dan Mematikan Bluetooth di Laptop Windows 10 Yang Wajib Diketahui
5 Cara Mengaktifkan Dan Mematikan Bluetooth di Laptop Windows 10 Yang Wajib Diketahui
Bluetooth adalah salah satu koneksi media yang saat ini masih menjadi salah satu media pilihan untuk menghubungkan berbagai perangkat keras. Baik pada sistem operasi Windows XP, Windows 10, bahkan ponsel, hampir semuanya telah menyediakan fitur koneksi Bluetooth untuk terhubung dengan berbagai perangkat keras lainnya. Oleh karena itu, kita harus tahu cara menonaktifkan dan mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 10, ketika kita memiliki laptop yang terhubung dengan koneksi Windows 10.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengaktifkan bluetooth pada laptop Windows 10. Beberapa cara di bawah ini tidak terlalu berbeda dengan cara yang perlu dilakukan dengan mengaktifkan laptop pada sistem operasi Windows yang lain. Hanya saja mungkin beberapa menu yang ada atau yang dimiliki akan sedikit berbeda. Hal ini wajar mengingat sistem operasi yang berbeda terkadang juga berarti menu dan pengaturan yang berbeda tersedia. Jangan lupa untuk melakukan cara menginstal bluetooth pada laptop sebelumnya ya.
5 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10 Paling Mudah

Tanpa berlama-lama lagi, berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengaktifkan bluetooth di Windows 10. Dengan mengikuti cara mengaktifkan bluetooth pada laptop Windows 10 di bawah ini, semoga Anda dapat mengaktifkan bluetooth di laptop Anda dengan sempurna.

Silakan baca di bawah ini ya!

1. Mengaktifkan bluetooth melalui Action Center

Cara pertama dan cukup mudah untuk dilakukan adalah mengaktifkan bluetooth melalui Action Center yang dimiliki oleh Windows 10. Action Center adalah akses cepat ke berbagai pengaturan, pemberitahuan, dan berbagai hal lain yang terkait dengan Windows yang Anda miliki. Anda dapat mengakses Pusat Aksi melalui bilah tugas dengan mengarahkan kursor mouse ke ujung kanan bilah tugas atau sudut bilah tugas dan membuka menu Pusat Aksi dari sana.

Selain akses melalui kursor mouse, Anda juga dapat mengakses menu Pusat Aksi dengan menekan tombol kombinasi yaitu WinKey (tombol yang bertuliskan Windows atau windows pada keyboard). Setelah Anda menekan kombinasi tombol ini, Action Center akan muncul dan Anda dapat memilih berbagai opsi pengaturan singkat dari sana. Untuk mengaktifkan bluetooth, maka Anda hanya perlu memilih menu bluetooth untuk mengaktifkan atau menonaktifkan bluetooth yang Anda miliki.

2. Mengaktifkan melalui setting Airplane Mode

Langkah kedua yang dapat digunakan untuk mengaktifkan bluetooth atau cara menyalakan bluetooth di laptop adalah melakukannya melalui menu mode pengaturan mode pesawat atau pengaturan mode Pesawat. Menu pengaturan mode pesawat sebenarnya adalah menu pengaturan yang ditakdirkan untuk mengatur kondisi laptop saat digunakan dalam mode penerbangan. Namun, menu pesawat juga dapat digunakan secara singkat untuk mengontrol apakah konektivitas laptop Anda aktif atau tidak aktif.

Kita dapat mengakses menu Mode Pesawat melalui menu Pengaturan atau Pengaturan. Buka pengaturan melalui menu mulai, lalu navigasikan ke menu pengaturan Jaringan & Internet. Di sub menu yang muncul, akan ada bagian pengaturan untuk Airplane Mode. Pada menu Airplane Mode, akan muncul pilihan apakah Anda ingin mengaktifkan Bluetooth atau tidak. Untuk mengaktifkan Bluetooth, Anda hanya perlu menyeret penggeser pada sub bluetooth untuk diaktifkan atau diaktifkan. Setelah itu, maka jaringan bluetotth Anda aktif. Sebagai gantinya, Anda hanya perlu menggeser slider ke posisi off untuk mematikan jaringan bluetotth di laptop Anda.

3. Mengaktifkan melalui menu pengaturan Bluetooth

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan bluetooth pada laptop Windows 10 adalah dengan mengakses pengaturan bluetooth melalui pengaturan menu. Mirip dengan langkah kedua di atas, kita juga perlu mengakses menu Pengaturan terlebih dahulu dan kemudian dapat mengakses menu pengaturan bluetooth. Untuk melakukannya, Anda dapat mengakses menu Pengaturan melalui menu mulai, lalu pilih pengaturan. Jika Anda merasa terlalu lama, Anda dapat menekan WinKey + A dan kemudian pilih Semua Pengaturan.

Di menu Pengaturan yang muncul, navigasikan ke menu pengaturan Bluetooth untuk membuka menu pengaturan Bluetooth. Di menu yang baru muncul, Anda akan melihat opsi untuk mengaktifkan Bluetooth. Di menu yang muncul, Anda tinggal mengklik aktivasi slider bluetooth untuk mengubah status perangkat bluetooth Anda menjadi aktif. Dengan mengaktifkan bluetooth pada laptop Windows 10 yang satu ini, Anda dapat mengaktifkan bluetooth di laptop Anda dengan mudah dan cepat.

Jika ada masalah perangkat perifer, jangan lupa untuk melakukan cara mengatasi periferal perangkat bluetooth yang harus diatasi.

4. Mengaktifkan melalui shortcut keyboard

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan sebagai cara mengaktifkan bluetooth pada laptop Windows 10 adalah menggunakan shortcut keyboard yang terhubung dengan aktivasi bluetooth. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan mengklik atau menekan tombol keyboard Fn + F2. Pada beberapa laptop, pintasan yang satu ini terhubung langsung dengan pemerintah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode pesawat. Jika pengaturan ini tidak dapat diakses, Anda dapat mencoba kombinasi lain pada keyboard Anda yang memiliki logo pesawat. Tombol dengan logo adalah tombol yang umumnya disediakan untuk mengaktifkan mode pesawat.

5. Menggunakan aplikasi pengaturan bluetooth dari instalasi driver perangkat bluetooth

Dalam beberapa kasus, pemasangan driver perangkat bluetooth membawa atau termasuk perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengelola perangkat bluetooth Anda lebih cepat dan lebih mudah. Dengan kata lain, Anda dapat menggunakan perangkat lunak yang berasal dari penginstalan driver perangkat laptop Windows 10 Anda untuk mematikan dan menyalakan kembali perangkat bluetooth di Windows 10 yang Anda miliki.

Karena instalasi perangkat lunak pengatur perangkat keras ini dapat memiliki nama yang berbeda, maka cara untuk memastikannya adalah dengan mengeksplorasi sendiri, apakah perangkat keras yang Anda miliki memiliki perangkat lunak bawaan yang dapat digunakan untuk mengatur perangkat bluetooth. Jika Anda menemukannya, maka cara untuk mengaktifkan bluetooth pada laptop Anda cukup sederhana, yaitu tinggal mengaktifkan bluetooth melalui menu yang tersedia pada perangkat lunak yang telah diinstal pada laptop Windows 10 Anda yang Anda miliki. Dengan driver yang tepat, Anda juga dapat menghemat baterai laptop sebagai cara memperpanjang umur baterai laptop.

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengaktifkan bluetooth pada windows 10 laptop yang Anda miliki. Harap dicatat bahwa semua hal di atas dapat diterapkan secara umum di laptop dengan sistem operasi Windows 10, karena itu Anda dapat mencoba berbagai cara di atas untuk mengaktifkan perangkat bluetooth yang ada di laptop Anda. Dengan mengetahui cara mengaktifkan bluetooth pada laptop Windows 10 di atas, semoga Anda dapat mengaktifkan perangkat bluetooth yang ada di Windows 10 yang Anda miliki ya. Jangan lupa pelajari juga cara memperbaiki laptop bluetooth yang rusak.

Jangan lupa terus memantau DosenIT untuk mendapatkan segala macam artikel penting tentang teknologi lain ya!