5 Penyebab Printer Not Responding Yang Perlu Diketahui

5 Penyebab Printer Not Responding Yang Perlu Diketahui
5 Penyebab Printer Not Responding Yang Perlu Diketahui
Printer adalah satu dari sekumpulan komputer yang saling melengkapi. Printer diperlukan ketika Anda berurusan dengan pencetakan cetak. Apapun profesi Anda, siswa hingga karyawan kantor, printer adalah alat yang penting. Dokumen dan foto, dicetak menggunakan alat ini.

Tapi tahukah Anda, bahwa printer adalah salah satu perangkat komputer yang paling sering rusak. Kerusakan alat ini bahkan dapat dikatakan secara berkala pada merek-merek tertentu. Inilah sebabnya, kinerja printer tidak dapat selalu optimal seperti yang kami harapkan. Masalah ringan yang terjadi pada printer umumnya tinta tumpah, catridge macet, kertas macet, dan lain sebagainya. Selain itu, salah satu masalah yang sering kami printer tidak merespons.

Printer tidak merespons berarti, printer tidak menanggapi perintah yang kita miliki. Misalnya, printer tidak mencetak. Jika Anda mengalami masalah seperti ini, jangan terburu-buru untuk membuat katalog printer Anda. Ada beberapa kesalahan yang menyebabkan printer tidak merespons. Percayalah, ini sangat umum di printer.
5 Penyebab Printer Not Responding Yang Perlu Diketahui

Printer bekerja lebih dominan pada perangkat keras. Karena itu, pastikan Anda memeriksa keadaan printer Anda dengan baik. Seperti memeriksa kabel koneksi, keadaan catridge, kondisi tinta, dan sebagainya. Pastikan kartrid printer Anda terpasang dengan benar. Pada printer canon, menyentuh hologram catridge terkadang bisa menjadi masalah. Lalu tinta. Periksa status tinta printer Anda. Tidak lucu bukan, printer Anda tidak berfungsi karena kehabisan tinta.

Jika kondisi perangkat keras yang Anda periksa tidak ada masalah, tetapi printer Anda masih tidak merespons, lihat ulasan kami di bawah ini. Berikut beberapa penyebab printer tidak merespons:

1. Sambungan Kabel Printer

Ada beberapa kabel di printer yang terhubung ke komputer. Anda harus mengerti ini. Pertama adalah kabel printer dengan catu daya atau sumber tegangan. Ini adalah kabel yang bertugas menyalakan printer. Jika koneksi ini salah, maka printer Anda pasti tidak merespon perintah karena tidak aktif.

Kedua adalah koneksi printer dengan komputer. Kabel ini berfungsi untuk menyinkronkan perintah di komputer ke printer. Jika koneksi ini bermasalah, tidak peduli berapa banyak pekerjaan cetak Anda, printer tidak akan merespons.

Periksa koneksi antara kedua kabel. Anda dapat mengganti kabel jika perlu. Jangan panik jika koneksi baik-baik saja, tetapi printer belum merespons.

2. Instalasi Driver Printer

Koneksi yang baik tidak akan berfungsi jika driver printer Anda belum diinstal pada komputer. Instalasi driver berfungsi untuk menghubungkan perangkat keras ke komputer Anda. Bagaimana cara memeriksa instalasi driver? Buka jelajahi di komputer Anda. Pastikan perangkat printer Anda dimasukkan ke dalam daftar perangkat komputer Anda. Jika tidak, Anda dapat menemukan penginstalan driver. Bisa online, karena sekarang banyak web yang menyediakan instalasi driver secara gratis.

Jika kedua langkah yang Anda lakukan tetapi printer masih tidak merespons, lakukan langkah-langkah berikut:


  1. Masuklah ke Control Panel. Caranya adalah klik menu Start – Control Panel – Hardware and Sound – Device and Printer.
  2. Pilihlah printer anda sebagai default.
  3. Jika sudah menjadikan printer anda default, maka klik kanan ikon printer tersebut. Kemudian akan muncul pilihan, klik Properties.
  4. Pada menu Properties, carilah details atau port. Pelajari dengan seksama, pastikan details dan port sudah anda centang dengan benar.
  5. Selanjutnya, klik 2 kali ikon printer anda. Maka daftar dokumen yang akan di print muncul. Kemudian batalkan semua dokumen dalam antrian.
  6. Ulangi perintah anda untuk print dokumen-dokumen tersebut.
  7. Anda bisa mengubah-ubah port USB pada pengaturan printer anda. Bisa jadi masalah ada pada detection port tersebut.
  8. Anda bisa mencoba me-restart printer anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
3. Tidak Kompatibel dengan Windows

Jika dua penyebab printer tidak merespons Anda diperiksa, tetapi nihil, bisa jadi alasan ketiga ini adalah penyebab printer tidak merespons pada komputer Anda. Tidak kompatibel artinya, bisa jadi printer Anda adalah keluaran lama dan tidak sesuai dengan windows Anda yang telah di-upgrade ke windows terbaru. Jika sudah seperti ini, tidak ada cara lain selain mengganti printer Anda.

Sebelum memutuskan printer, pastikan printer Anda adalah printer yang kompatibel dengan jendela terbaru dan OS lainnya. Jika tidak, printer tidak akan efektif ketika terhubung ke berbagai jenis komputer.

4. Printer Terlalu Banyak Mencetak

Setiap printer memiliki kemampuan untuk mencetak jumlah kertas. Untuk canon pixma 2887 misalnya, batas pencetakan adalah 5 rim kertas HVS. Jika printer telah mencapai batas maksimum, bisa terjadi bahwa printer tidak merespon cetakan lagi. Bisa dikatakan printer sudah mengalami kelelahan. Dalam hal ini, printer Anda akan offline. Meskipun semua koneksi kabel sudah benar dan printer dihidupkan, printer tidak akan merespons. Lalu bagaimana cara mengatasi printer offline ini? Anda tidak perlu khawatir. Karena printer dengan keadaan seperti itu masih bisa diatasi.

5. Kerusakan Pada Hardware

Ini adalah alasan terakhir yang paling tidak diinginkan. Jika semua cara yang Anda lakukan untuk memperbaiki printer Anda, tetapi belum berhasil, maka bisa jadi kerusakan hardware printer Anda adalah penyebabnya. Periksa koneksi kabel, catridge, status tinta, dan semua bagian printer Anda. Jika Anda masih tidak dapat merespon juga, Anda dapat memeriksanya ke printer servise yang tepercaya dan berpengalaman. Umumnya, printer memiliki usia. Penggunaan wajar seharusnya tidak merusak printer Anda. Printer yang mudah rusak adalah printer yang terlalu banyak digunakan, dan terlalu jarang digunakan. Banyak kasus, printer rusak karena jarang digunakan. Jadi sebelum kerusakan muncul, gunakan stabillah printer Anda. Meskipun sehari hanya mencetak satu kertas, cetaklah. Karena itu bagian dari perawatan printer.

Printer dengan harga di atas rata-rata mungkin tidak mengalami ini. Printer dengan kelas atas memiliki komponen yang lebih tahan lama. Namun biasanya printer jenis ini dimiliki oleh kantor atau percetakan dengan aktivitas cetak yang sangat tinggi. Kebutuhan printer para siswa tentunya merupakan printer yang membutuhkan perawatan lebih telaten.

Itulah beberapa penyebab printer tidak merespons yang bisa kami terapkan.