6 Kelebihan Ubuntu Dengan Windows yang Perlu Diketahui

Kelebihan Ubuntu Dengan Windows yang Perlu Diketahui. Ada banyak jenis sistem operasi komputer saat ini. Mulai dari yang berbayar hingga yang gratis sampai opensource, kita bisa mendapatkannya di mana-mana. Karena begitu banyak sistem operasi yang ada di luar sana, terkadang kita sebagai pengguna juga akan bingung sendiri. OS apa yang harus dipilih untuk laptop Anda? Pertimbangan apa yang perlu Anda pikirkan?

Dalam memilih sistem operasi, ada banyak hal yang perlu Anda pikirkan. Salah satunya adalah untuk apa laptop Anda akan Anda gunakan. Apakah akan bekerja di kantor, atau untuk membuat desain grafis, apakah untuk coding web atau pemrograman coding, dan sebagainya. Sasaran ini akan menentukan OS apa yang perlu Anda instal di laptop Anda. Namun bukan hanya itu, Anda juga perlu tahu apa kelebihan atau kelebihan suatu sistem operasi sehingga Anda bisa memutuskan mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda.
6 Kelebihan Ubuntu Dengan Windows yang Perlu Diketahui

Ubuntu adalah salah satu jenis sistem operasi yang populer baik di Indonesia maupun di dunia. Sistem operasi ini adalah varian Linux yang telah lama digunakan oleh banyak pengguna komputer laptop atau komputer rumah. Sistem operasi resmi Ubuntu didukung oleh Canonical Ltd., perusahaan milik pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan menyebarkan sistem operasi Linux Ubuntu adalah untuk membawa semangat yang terkandung dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Sebagai sistem operasi berbasis Linux yang lengkap, Ubuntu tersedia secara gratis, dan memiliki dukungan besar baik dari komunitas maupun para ahli profesional.

Mengapa Ubuntu begitu populer? Tentu saja tidak terlepas dari kelebihan yang ada di sistem operasi ini. Apa kelebihan Ubuntu bila dibandingkan dengan sistem operasi lain? Lihat di bawah ya?

1. Mekanisme Pembaruan Sistem Operasi dan Aplikasi Terpusat

Salah satu keunggulan sistem operasi Ubuntu adalah pembaruan pusat yang memungkinkan Anda dengan cepat dan mudah memperbarui sistem operasi atau aplikasi. Hal yang sama Anda tidak akan dapatkan pada sistem operasi populer lainnya seperti Windows. Pada sistem operasi Windows, ketika akan melakukan pembaruan itu akan muncul meminta Windows untuk memperbarui. Jika Anda memilih ya maka itu akan di-restart untuk menginstal pembaruan aplikasi di Windowsmu.

Setelah restart maka proses instalasi juga akan memakan waktu yang relatif lama, tergantung spesifikasi komputer Anda. Tentunya ini sangat mengganggu bukan? Jangan khawatir, karena di Ubuntu Anda tidak akan menemukannya. Bahkan, Anda dapat memperbarui tidak hanya sistem operasi, tetapi juga dengan aplikasi lain yang Anda instal di Ubuntu yang Anda miliki. Sementara pada Windows untuk melakukan pembaruan untuk aplikasi yang terinstal, dibutuhkan waktu yang cukup lama serta mekanisme terpisah karena tidak ada pembaruan pusat yang tersedia.

Di Ubuntu. Semuanya dilakukan melalui repositori dan menggunakan manajer pembaruan khusus untuk memperbarui sistem operasi dan semua aplikasi yang terinstal. Jadi Anda hanya perlu mengatur pembaruan di satu tempat. Ini membuat prosesnya jauh lebih efisien.

2. Keamanan Lebih Kuat

Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang cukup paranoid tentang masalah keamanan, maka Ubuntu dapat menjadi salah satu sistem operasi alternatif untuk Anda. Ada banyak hal yang membuat Ubuntu secara teoritis atau praktis lebih aman daripada sistem operasi Windows. Pertama, awalan pengguna di Ubuntu memiliki lebih sedikit izin dari Windows. Di Ubuntu, Anda perlu mengubah akses akun Anda ke super-user atau dengan mengetikkan sudo di terminal lalu mengisi kata sandi. Ini akan mencegah aplikasi berbahaya diinstal secara otomatis karena setiap penginstal diperlukan untuk memasukkan kata sandi pengguna terlebih dahulu.

Meskipun Ubuntu di Indonesia masih belum terlalu populer, tetapi kemungkinan virus yang menyerang Ubuntu juga tetap ada. Hanya akan lebih sulit untuk membuat virus di Ubuntu karena banyaknya persyaratan yang harus dimiliki oleh komputer pengguna sebelum virus dapat berjalan dengan baik. Terlebih lagi, ada juga fitur antivirus di sistem operasi Ubuntu Anda.

3. Mengubah Tampilan Desktop lebih Leluasa

Salah satu hal yang membuat pengguna komputer betah menggunakan sistem operasi tertentu adalah masalah antarmuka yang indah dan menarik. Di dalam sistem operasi Ubuntu, ada banyak penyesuaian yang membuat Anda bebas untuk mengubah tampilan komputer Anda sesuka hati. Hal yang sama tidak akan dijumpai pada sistem operasi lain seperti Windows. Ada banyak penyesuaian yang dapat dilakukan pada Windows sekarang, tetapi masih sangat jauh jika dibandingkan dengan fleksibilitas yang disediakan oleh Ubuntu.

Pada sistem operasi Ubuntu, setiap aspek antarmuka dapat dengan mudah diubah. Ingin tombol jendela di sebelah kanan? Lanjutkan. Bosan dengan ikon yang semuanya itu? Dapat diubah. Penampilan menulis terlalu kaku? Silakan cari lebih banyak sesuai selera Anda.

Screenshot di bawah ini adalah Ubuntu 16.04 Desktop. Hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk menerapkan tampilan seperti di bawah ini ketika instalasi Ubuntu pertama selesai.

4. Penggunaan RAM Lebih Efektif

RAM terbatas adalah salah satu kendala jika Anda ingin bekerja dengan multitasking. Tidak selalu Anda dapat membeli RAM tambahan karena masalah keuangan juga perlu berpikir dengan hati-hati bukan? Nah, maka salah satu solusi yang tepat jika Anda tetap ingin bekerja lebih efektif dan efisien tanpa harus merogoh kocek cukup dalam adalah dengan menggunakan sistem operasi yang memiliki penggunaan RAM lebih efisien.

Di Ubuntu memiliki penggunaan RAM yang relatif lebih baik dibandingkan dengan Windows yang memiliki banyak proses latar belakang dan semacamnya yang dapat menghambat pekerjaan Anda. Sementara di Ubuntu, proses background tidak terlalu banyak dan hanya memilih prinsip saja sehingga Anda masih dapat memanfaatkan banyak ruang RAAM untuk menjalankan aplikasi yang ingin Anda jalankan. Satu patokan menunjukkan bahwa Ubuntu menggunakan hingga 40% lebih sedikit kapasitas RAM dibandingkan dengan Windows.

Jika komputer Anda speknya di bawah rata-rata, maka juga tersedia versi Ubuntu yang lebih ringan dan tentu saja memiliki kemampuan manajemen sumber daya RAM yang lebih efektif.

5. Adanya Live Environment

Di Ubuntu dan banyak sistem operasi berbasis Linux lainnya, kita dapat mem-boot Ubuntu langsung dari USB / CD / media atau hard drive eksternal yang Anda miliki. Dengan fitur ini kita dapat menjalankan sistem operasi Ubuntu tanpa perlu menginstal terlebih dahulu. Ini sangat berguna jika Anda ingin mencoba terlebih dahulu sebelum benar-benar memutuskan untuk menggunakan OS Ubuntu tanpa perlu kehilangan data atau memindahkan data penting dari laptop.

6. Gratis!

Yup, Ubuntu itu gratis! Bagi orang-orang yang punya duit terbatas seperti kita, apalagi yang lebih menarik dibandingkan dengan sesuatu yang gratis?

Itulah beberapa kelebihan Ubuntu yang perlu kamu ketahui. Setelah mengetahui kelebihan di atas, apakah kamu berniat menggunakan Ubuntu?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel