6 Keluhan Masalah Android Nougat dan Cara Mengatasinya

6 Keluhan Masalah Android Nougat dan Cara Mengatasinya
6 Keluhan Masalah Android Nougat dan Cara Mengatasinya
Android adalah salah satu jenis sistem operasi yang telah mendunia. Berbagai perangkat diproduksi oleh banyak pabrik terkenal seperti Google, Asus, Oppo, dan sebagainya, menggunakan sistem operasi Android sebagai sistem operasi gawainya. Ini menunjukkan bahwa banyak kelebihan yang ditemukan dalam sistem operasi Android untuk kepentingan pengguna perangkat.

Salah satu ciri Android adalah penamaan jenis sistem operasi dalam urutan abjad serta melambangkan nama makanan tertentu. Versi awal dari sistem operasi ini, yang pertama kali dirilis sekitar tahun 2008, diberi nama Apple Pie alias Android 1.0. Dalam suksesi setelahnya, ada versi Android Banana Bread (1.1), Cupcake (1.5), hingga akhirnya datang ke versi Android Nougat (7.x). Sampai sekarang artikel ini ditulis, Android Nougat masih versi terbaru Android, meskipun sudah ada beberapa rumor yang menyebutkan rilis Android Oreo (O) dalam waktu dekat. Secara kronologis, versi Android yang muncul di pasar adalah sebagai berikut:
6 Keluhan Masalah Android Nougat dan Cara Mengatasinya


  1. Android 1.0
  2. Android 1.1+
  3. Cupcake (1.5)
  4. Donut (1.6)
  5. Eclair (2.0–2.1)
  6. Froyo (2.2–2.2.3)
  7. Gingerbread (2.3–2.3.7)
  8. Honeycomb (3.0–3.2.6)
  9. Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4)
  10. Jelly Bean (4.1–4.3)
  11. KitKat (4.4+)
  12. Lollipop (5.0+)
  13. Marshmallow (6.0+)
  14. Nougat (7.0+)

Android Nougat, berhasil menjadi salah satu Android terlaris di pasar. Meskipun sebagian besar pengguna masih menggunakan versi Marshmallow atau Lollipop, namun pembaruan untuk Android Nougat dapat dilakukan oleh pengguna selama penyedia perangkat keras mereka mengizinkannya. Beberapa pengguna dapat menggunakan cara tidak resmi untuk memperbarui ke Android Nougat.

Meskipun Android Nougat memiliki segudang fitur luar biasa yang tidak tersedia pada Android versi sebelumnya, tidak dapat dipungkiri bahwa Android Nougat ada beberapa kekurangan yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna saat menggunakan Android versi ini. Nah, bagi Anda yang ingin memperbarui ke Android Nougat, wajib mengetahui kekurangan Android Nougat sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk pindah ke Android Nougat. Apa saja kekurangan Android Nougat? Lihat di bawah ya.

1. Tidak bisa downgrade

Salah satu masalah yang mungkin dialami oleh sebagian pengguna biasanya tidak menurunkan versi secara resmi ke versi Android sebelumnya. Jadi misalnya Anda melakukan pembaruan resmi dengan versi Android yang lebih baru, Anda tidak dapat memperbarui kembali ke versi lama Android. Tentu dalam beberapa kasus, terutama mereka yang suka mengoprek gawainya, ini bisa diatasi dengan menginstal custom recovery, flash firmware, dan flash rom terakhir. Tetapi tidak semua pengguna dapat melakukannya dan mungkin tidak nyaman bagi pengguna yang tidak memiliki sumber daya yang sesuai.

Jika Anda telah meningkatkan ke Android Nougat, maka satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah berharap bahwa bug yang Anda derita saat di Android Nougat telah diperbaiki pada versi pembaruan berikutnya. Menyebalkan untuk berharap tanpa kepastian itu. Oleh karena itu Anda dapat membantu pengembang Android Anda dengan memberikan catatan log saat bug muncul.

Terdengar rumit? Ya, ketika Anda tidak tahu bagaimana menyelesaikannya sendiri maka semuanya terlihat sangat rumit.

2. Repotnya backup data

Masalah ini mungkin tidak hanya dialami oleh Nougat, tetapi hampir di semua perangkat sistem operasi yang umumnya ada di pasar. Tentu, setiap kali kami online, Android akan mencadangkan data ke penyimpanan cloud secara online seperti Google Drive misalnya, untuk menjaga jika sewaktu-waktu hp Anda diperbarui atau Anda kehilangan gawaimu, semua data penting Anda masih tersedia.

Namun, jangan bayangkan backup data ini dapat menjangkau semua data Anda. Beberapa cadangan mungkin termasuk kontak, aplikasi yang Anda pasang, dan sebagainya. Ini berarti bahwa jika Anda memiliki perangkat baru atau Anda baru saja memperbarui sistem operasi gawaimu dengan versi lain dari sistem, maka Anda juga harus menginstal ulang aplikasi, mengunduh data dari cloud, dan sebagainya.

Semuanya menjadi repot karena akses internet yang kami miliki masih sangat terbatas. Data cadangan online tidak berukuran satu atau dua mega hanya lo, tetapi dapat bergiga-giga tergantung pada data apa yang Anda backup. Ukuran cadangan Android Nougat biasanya akan mengikuti data apa yang ingin Anda cadangkan. Karena itu, pilih dengan hati-hati apa yang ingin Anda buat cadangannya.

Solusi lain yang dapat Anda gunakan untuk memecahkan masalah pencadangan data ini adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan offline data sehingga Anda tidak perlu membuang paket data untuk menyinkronkan online untuk menyinkronkan data yang Anda miliki sebelumnya.

3.Repotnya bug fix

Masalah ini, mungkin juga tidak dialami oleh Nougat saja. Jika Android Nougatmu mengalami masalah, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menggunakan diagnosis log crash yang mungkin tidak berarti bagi orang yang tidak mengerti bahasa pemrograman di Android. Tidak ada mekanisme pengiriman kesalahan dan perbaikan bug yang dapat dilakukan secara otomatis oleh sistem operasi Android itu sendiri.

Oleh karena itu, Anda harus secara aktif bergerak aktif untuk mencari tahu apa masalah Android Anda dan mencari solusi yang mungkin untuk mengatasi situasi tersebut. Bagi Anda yang tidak bisa membuang banyak waktu untuk mengatasi masalah perangkat, maka itu bisa sangat merepotkan. Tapi jangan lupa, bisa jadi masalah perangkat tidak terjadi karena Nougatnya lo ya. Bisa jadi hardware gawaimu Anda sudah bermasalah dan sudah waktunya untuk diganti.

4. Battery draining

Beberapa pengguna mungkin mengalami masalah dengan gawainya menjadi lebih boros setelah dipasang dengan Android Nougat. Penyebabnya dapat bervariasi, termasuk kernel buruk, manajemen memori yang buruk, jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang, atau masalah lain yang dapat membuat baterai gawa Anda turun lebih cepat.

Jika Anda mengalami masalah ini, silakan komplain ke pengembang untuk gawa Anda ya, karena mereka dapat membantu Anda menemukan penyebab dan solusi dari masalah menguras batteri dengan cukup cepat.

5. Eksklusif untuk beberapa perangkat tertentu

Untuk masalah ini, itu sebenarnya tidak terjadi karena itu murni kesalahan dari Android Nougat saja. Namun, pabrik juga mempengaruhi produksi dan pemasangan Nougat di perangkat mereka. Android Nougat sendiri memang membutuhkan sumber daya yang lebih canggih daripada versi Android sebelumnya. Anda tidak akan dapat, misalnya, menjalankan Android Nougat dengan perangkat yang hanya memiliki 32 MB RAM. Bahkan jika dipaksa, akan ada gagap atau lag yang parah yang akan membuat Anda stres setiap kali Anda menggunakan gawaimu.

6. Harganya lebih mahal

Tentunya dong, harga Android Nougat akan lebih mahal dari versi sebelumnya karena peningkatan fitur dan lainnya. Namun, bagi sebagian pengguna, inilah yang membuat mereka cenderung berhenti memperbarui ke Nougat atau membeli perangkat Nougat di dalamnya karena harga yang lebih tinggi.

Itulah beberapa kekurangan Android Nougat yang bisa Anda ketahui. Untuk memutuskan apakah Anda ingin menggunakan Android Nougat atau tidak, bandingkan dengan detail. Jangan salah!