7 Bahaya Akibat Menggunakan Software Windows Bajakan

7 Bahaya Akibat Menggunakan Software Windows Bajakan
7 Bahaya Akibat Menggunakan Software Windows Bajakan
Software adalah perangkat lunak atau aplikasi yang terdapat atau dimasukkan dalam sistem komputer untuk menjalankan program, atau memproses data. Ada perangkat lunak yang dibangun di dalamnya, ada juga perangkat lunak yang harus ditambahkan oleh pengguna. Perangkat lunak dapat diperoleh dengan cara resmi atau dengan membeli perangkat lunak asli, tetapi tidak dapat mengesampingkan bahwa mengguanakan perangkat lunak bajakan yang telah banyak beredar telah menjadi tradisi bagi sebagian pengguna.

Menggunakan Software Windows Asli

Di beberapa negara pemerintah bahkan telah diatur dan juga sangat campur tangan dalam penggunaan perangkat lunak ini. Ada negara-negara yang bahkan mengharuskan pemerintah menggunakan perangkat lunak asli dan melibatkan pihak berwenang, misalnya adalah polisi untuk mengambil tindakan tegas terhadap lembaga itu terutama, yang tidak menggunakan perangkat lunak asli.
7 Bahaya Akibat Menggunakan Software Windows Bajakan

Tindakan ekstrim juga tidak luput dari keraguan polisi negara yang memiliki peraturan yang sangat ketat juga tidak menyita setengah komputer yang putus asa untuk menggunakan perangkat lunak bajakan. Dan ketika ditemukan di lapangan bahwa perangkat lunak yang digunakan adalah ilegal atau digunakan tanpa izin resmi, bahkan juga mengkriminalisasi dengan tuntutan pembajakan. Jadi untuk pengguna perangkat lunak adalah mungkin untuk memiliki izin resmi yang dikeluarkan oleh penyedia atau pembuat perangkat lunak dan juga lisensi resmi.

Terutama di bidang-bidang tertentu yang banyak menggunakan perangkat lunak dalam prosesnya. Sebagai contoh dunia desain yang banyak terdapat perangkat lunak dalam membuat desain, baik itu desain gambar, video maupun desain lainnya. Sebagai contoh, perangkat lunak bebas untuk mengedit video secara luas digunakan oleh pengguna karena perangkat lunak untuk mengedit video cukup mahal ketika membeli dari perusahaan yang membuatnya secara langsung. 

Inilah bahayanya menggunakan Software Windows bajakan di komputer:

1. Tidak Bisa Diupdate
Setiap Aplikasi harus memiliki tanggal kedaluwarsa, dan ketika masa berlaku berakhir, tentu saja hal-hal yang harus dilakukan untuk menjalankan aplikasi adalah memperbarui atau memperbaruinya. Ini akan mengalami hambatan, atau tidak dapat dilakukan ketika perangkat lunak yang Anda gunakan adalah perangkat lunak bajakan.

2. Ada Cacat

Karena sistem komputer itu sendiri rumit dan rumit, maka sebenarnya banyak kode yang digunakan bahkan dalam satu aplikasi atau satu perangkat lunak saja. Jika Anda menggunakan perangkat lunak bajakan tentu tidak ada yang bisa menjamin apa yang terkandung dalam perangkat lunak.

Tidak mengesampingkan bahwa perangkat lunak memiliki cacat dan, sering disebut kesalahan yang belum ditemukan. Jadi jika Anda memakainya tanpa mengetahui bahwa perangkat lunak sebenarnya memiliki cacat maka dapat merusak kompuer Anda. Karena cacat tidak akan segera terdeteksi dengan mudah tetapi akan berlaku setelah jangka waktu yang lama.

3. Virus terselip

Setiap komputer tidak dapat menjamin kebebasan 100% dari ancaman virus. Dan virus dapat menginfeksi komputer melalui berbagai cara, seperti perpindahan antara satu komputer ke komputer lain. Virus dapat dengan mudah bergerak melalui flashdisk atau disk yang kemudian dihubungkan oleh pengguna itu sendiri. Tetapi juga tidak mengesampingkan bahwa perangkat lunak bajakan yang nantinya Anda gunakan juga menginfiltrasi sistem virus yang juga dapat merusak komputer setelah digunakan.

Jika komputer atau laptop telah diserang oleh virus, bukan tidak mungkin komputer akan lama dalam membaca data. Selain itu komputer yang terkena virus akan perlahan menjadi lambat. Karena ini juga tentunya pengguna harus tahu cara membuat laptop tidak lambat, yaitu dengan memasang perangkat lunak antivirus bila diperlukan.

4. Ancaman Malware

Seperti diketahui bahwa malware ini adalah perangkat lunak atau perangkat lunak yang dirancang untuk merusak atau melakukan tindakan yang dapat mengganggu sistem pada komputer. Oleh karena itu tidak ada jaminan bahwa perangkat lunak yang digunakan pengguna bebas dari malware, atau bisa juga perangkat lunak bajakan diubah menjadi malware yang akan menguasai komputer Anda. Bahkan dari data terbaru menunjukkan fakta bahwa hampir 100% softwae yang terpasang kompomp Indonesia mengandung malware.

Jika ada malware komputer atau laptop, bukan tidak mungkin perlahan data yang ada di laptop menjadi rusak. Bahkan dapat menghambat kinerja CPU dalam membaca semua data yang diminta oleh pengguna. Hal ini tentu saja akan berdampak penggunaan CPU 100% bahkan bisa lebih tinggi jika memiliki banyak data yang diserang oleh malware. Tentu karena malware ini dapat merusak fungsi CPU dalam penggunaannya.

5. Hilang Data

Softfile sangat rentan hilang, berbagai ancaman dapat dengan mudah menghapus softfile atau data yang Anda miliki, tidka materi dtaa penting atau tidak bagi Anda. Namun tentu saja yang tidak Anda inginkan adalah apakah virus atau karena penggunaan perangkat lunak bajakan kemudian dapat merusak data atau file yang Anda miliki, tetapi datanya sangat penting bagi Anda.

6. Tidak Bisa Dihapus

Perangkat lunak bajakan selain tidak dapat diperbarui pada beberapa perangkat lunak, sayangnya itu tidak dapat digunakan. Maka cara untuk menghapusnya tentu saja dengan cara menghapusnya. Tetapi jika Anda menggunakan perangkat lunak bajakan, Anda tidak dapat menghapusnya atau akan sulit dihapus, sehingga akan memenuhi kapasitas komputer Anda.

Ini terjadi karena ada beberapa malware atau bahkan virus yang bersarang di perangkat lunak, sehingga perangkat lunak menjadi terpasang secara permanen ke komputer atau laptop. Adapun cara menghapusnya dengan menggunakan aplikasi uninstall yang bisa menghapus perangkat lunak hingga ke akarnya. Setidaknya userpun perlu mengetahui karakteristik komputer yang terkena virus dan bagaimana pengguna mengatasinya.

7. Faktor Keamanan

Karena bajakan, tentu saja perangkat lunak ini tidak ada jaminan keamanan. Anda tidak dapat mengeluh kepada siapa pun jika perangkat lunak bajakan di masa depan merugikan Anda.