7 Fungsi Manfaat Clean Master pada Smartphone Android

7 Fungsi Manfaat Clean Master pada Smartphone Android
7 Fungsi Manfaat Clean Master pada Smartphone Android
Saat ini, penggunaan smartphone dengan OS Andorid sudah mulai banyak digunakan. Salah satu kelebihan smartphone ini dengan OS Android adalah dapat mendukung banyak pilihan aplikasi hingga puluhan ribu aplikasi. Mulai dari aplikasi sederhana dan sederhana seperti chatting dan juga file manager, hingga aplikasi ckup yang rumit, seperti membuat video dan editor foto. Selain itu, game atau game yang tersedia di android terbilang sangat banyak dan tidak akan pernah membuat pengguna menjadi bosan.

Namun demikian, banyak aplikasi yang ditawarkan oleh OS Android ini membawa efek yang cukup menjengkelkan bagi pengguna smartphone logo robot hijau ini. Bagaimana tidak, penggunaan begitu banyak aplikasi akan mengambil memori dari smarthphone mereka, termasuk RAM dan juga ROM (Memori Internal). Ini karena riwayat dan juga cache yang ada dalam aplikasi tidak akan langsung terhapus setelah aplikasi ditutup. Inilah yang menyebabkan smartphone andorid kemudian menjadi baterai boros, cepat panas, dan akhirnya malah menjadi lambat dalam memproses informasi.

7 Fungsi Manfaat Clean Master pada Smartphone Android


Clean Master

Namun Anda tidak perlu khawatir lagi dan juga tidak perlu merasa terganggu dengan hal ini. Beberapa pengembang berhasil membuat aplikasi yang secara khusus ditujukan untuk membantu masalah-masalah yang biasa terjadi di smartphone OS android. Salah satu aplikasi yang paling berguna adalah aplikasi master bersih.

Sesuai namanya, Clean Master adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengosongkan cache, riwayat, dan juga file yang tersisa dari aplikasi yang masih "terlibat" dalam memori. Anda bisa mendapatkan aplikasi Clean Master ini di Google App Store.

Fungsi Clean Master

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fungsi Master Bersih di smartphone android sangat banyak. Di sini, saya adalah beberapa manfaat dan juga fungsi dari Guru Bersih:

1. Menutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Salah satu parameter yang dapat menyebabkan smarthpone menjadi boros dalam penggunaan daya baterai dan juga cepat panas adalah banyaknya aplikasi yang sebenarnya tidak terpakai, masih berjalan pada sistem. Oleh karena itu, Clean Master adalah untuk melihat aplikasi apa yang tidak digunakan, dan kemudian mematikan aplikasi yang tidak digunakan. Praktis bukan?

2. Menutup Aplikasi Yang Menyebabkan Smartphone Menjadi Panas

Beberapa aplikasi yang sedang berjalan juga sering dapat menyebabkan smartphone Anda menjadi panas. Karena itu, cobalah gunakan master bersih. FUngsi dari master bersih adalah untuk membantu menutup file dan juga aplikasi yang tidak digunakan, atau aplikasi yang sering menyebabkan smartphone Anda memanas. Degnan seperti ini, maka smartphone android Anda seiring waktu akan menjadi suhu lebih stabil, dan bisa digunakan seperti biasa.

3. Membersihkan Cache File, History

Seperti yang sudah disebutkan, file cache dan juga file sisa atau limbah yang masih "terkait" di memori akan menyebabkan smartphone menjadi lebih lambat dan juga lambat dalam merespons. Oleh karena itu, satu fungsi Clean Master akan sangat membantu Anda, karena Clean Master akan menghapus semua bentuk file cache, serta sisa-sisa aplikasi yang masih berkaitan dengan memori ponsel Anda.

4. Mengoptimalkan dan Mengosongkan Memory

Bagi Anda yang gemar bermain game dan juga membuka aplikasi berat di smartphone Anda, tentunya Anda membutuhkan fungsi dari Clean Master yang satu ini. Clean Master dapat membantu mengoptimalkan memori ponsel pengguna ponsel cerdas, dengan mengosongkan memori ponsel Anda, untuk membantu mempercepat respons terhadap game dan aplikasi berat serta membutuhkan lebih banyak memori pada waktu berjalan.

5. Memantau Penggunaan CPU Secara Keseluruhan, 

Salah satu hal yang benar-benar harus diperhatikan oleh pengguna smartphone, terutama android adalah sistem pengolahan. Pemrosesan Sistem seperti jumlah RAM dan juga ROM yang digunakan dan berat atau ringannya kerja CPU yang menggunakan banyak daya ketika berjalan, harus selalu dipantau oleh pengguna. Tentunya spesifikasi masing-masing smartphone membutuhkan RAM yang baik sehingga setiap program yang terpasang juga berfungsi dengan lancar, smartphone juga akan lebih baik menunnukan kinerja terbaiknya dengan menggunakan prosesor tertinggi saat ini. Aplikasi praktis untuk melihatnya adalah Clean Master.

6. Dapat Menscan Aplikasi dari Virus

Bagi Anda yang suka menginstal aplikasi dari luar Google Play Store, maka Anda harus berhati-hati terhadap kemungkinan serangan virus yang mungkin menyerang smartphone Anda. Namun, tidak perlu khawatir karena salah satu fungsi utama Clean Master adalah melakukan pemindaian atau pemindaian kemungkinan ada atau tidak adanya virus yang melekat pada aplikasi yang akan kita instal. Smartphone Anda akan menjadi lebih aman berkat Clean Master.

7. Mengatur ulang Aplikasi

Terkadang sebagai pengguna, Anda juga memerlukan manajer aplikasi, yang membantu untuk melihat aplikasi apa yang diinstal, dan juga untuk membantu menghapus instalasi dan proses lainnya. Clean Master juga menyediakan fitur tersebut. Oleh karena itu, di masa depan, Clean Master dapat membantu Anda menghapus aplikasi, menghapus cache dan menghapus data, hanya dalam satu aplikasi, Clean Master.

Itulah beberapa fungsi Clean Mater yang akan sangat bermanfaat bagi pengguna smartphone, terutama yang menggunakan platform OS Android. Semoga artikel tentang fungsi Clean Master ini bisa mendapatkan wawasan Anda, dan bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih.