7 Fungsi Software Presentasi dan Contoh Aplikasi Pengolah Presentasi

7 Fungsi Software Presentasi dan Contoh Aplikasi Pengolah Presentasi
7 Fungsi Software Presentasi dan Contoh Aplikasi Pengolah Presentasi
Aplikasi pemrosesan presentasi adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat dan memproses dokumen presentasi. Memahami dokumen presentasi itu sendiri adalah alat atau dokumen yang biasanya digunakan untuk menyatakan pendapat ide / ide sehingga lebih mudah untuk dipahami secara singkat. Jika ada seseorang yang akan menjadi presentasi maka jika didukung oleh dokumen presentasi tentu hasilnya akan berbeda. Oleh karena itu dokumen presentasi harus dibuat semenarik mungkin dengan memasukkan benda-benda seperti gambar, suara, dan bahkan video.

Kita sudah tahu definisi perangkat lunak presentasi, sekarang kita perlu memahami fasilitas apa yang dapat dilakukan oleh perangkat lunak pengolah presentasi.
7 Fungsi Software Presentasi dan Contoh Aplikasi Pengolah Presentasi


  1. Software presentasi dapat mengolah sebuah teks dalam sebuah frame.
  2. Layout presentasi dapat dibuat dengan beberapa frame yang terpisah.
  3. Banyak pilihan template yang digunakan sebagai wadah atau cetakan untuk presentasi.
  4. Banyak efek dan animasi yang bisa digunakan didalam slide.
  5. Bentuk presentasi sangat user friendly.
  6. Software presentasi dibuat untuk menunjang kegiatan presentasi, dan dapat diterima oleh semua orang.

Dikutip dari situs Wikipedia, bahwa aplikasi presentasi memiliki tiga fungsi utama, yaitu :


  • Sebagai penyunting naskah dan menghiasnya.
  • Sebuah cara untuk memasukaan dan memanipulasi gambar grafis, dan.
  • Menyajikannya dengan cara sistem slide show.


Dari ketiga fungsi utama tersebut, mari kita urai satu per satu :

1. Sebagai penyunting naskah dan menghiasnya.

Sebelum presentasi di depan banyak orang, tentu yang harus dipersiapkan adalah dokumen penting sebagai pendukung atau data empiris, maka semua naskah yang penting diolah menjadi sebuah ide dan ide yang akan dibagikan kepada pendengar, sehingga informasi yang kami sampaikan disampaikan dengan baik maka kami harus menghiasinya terlebih dahulu.

2. Memasukan dan memanipulasi gambar grafis.

Di dalam file presentasi tentu saja diisi dengan unsur-unsur penting, bukan hanya teks, selain membosankan, tentu saja penyajiannya tidak menarik, dengan aplikasi presentasi, kita bisa membuat dokumen presentasi yang berisi gambar-gambar menarik, data yang disajikan dapat diproses dengan grafik yang mudah dimengerti.

3. Menyajikannya dengan cara sistem Slide Show.

Setelah dokumen presentasi siap, hal terakhir yang harus dilakukan adalah mengekspornya ke dalam dokumen presentasi presentasi yang siap digunakan untuk mendukung kegiatan presentasi. Aplikasi presentasi mampu membuat hasil akhir dalam dokumen presentasi menjadi file slide show, file slide show biasanya digunakan untuk menyajikan informasi visual yang dapat melengkapi percakapan untuk memudahkan peserta untuk memahami.

Aplikasi prosesor presentasi sengaja dirancang untuk speaker yang ingin mengekspresikan ide dan ide mereka untuk membuatnya lebih mudah dengan informasi visual yang digunakan. Jenis presentasi sangat banyak, seperti presentasi pekerjaan, presentasi pendidikan, presentasi umum, dan banyak lagi.

Metode presentasi dapat menggunakan alat seperti leaflet, poster, pamflet, dan lain sebagainya. Sekarang dengan penggunaan teknologi, model presentasi telah sedikit membantu dan difasilitasi dalam presentasi.

Hasil akhir dari file slideshow dapat dicetak ke media kertas atau ditampilkan langsung di layar selama presentasi.

Contoh aplikasi presentasi yang popular digunakan oleh banyak orang (sumber Wikipedia).


  • Apple Keynote
  • Corel Presentations
  • CustomShow
  • Google Docs (berbasis web)
  • Harvard Graphics
  • Hewlett Packard Bruno (software)
  • IBM Lotus Freelance Graphics
  • Kingsoft Presentation
  • LibreOffice Impress (sumber terbuka)
  • Microsoft PowerPoint
  • org Impress (sumber terbuka)
  • PresentiaFX
  • Prezi
  • SlideRocket
  • SlideWiki
  • PowToon
  • IBM Lotus Symphony

Dari kesemua aplikasi pengolah presentasi, mari kita ulas satu per satu yang banyak digunakan di Indonesia.


1. Microsoft PowerPoint
Aplikasi powerpoint adalah presentasi aprilkasi yang banyak digunakan di Indonesia. Fitur Powerpoint sangat lengkap, aplikasi ini dibuat oleh Microsoft, dan menjadi paket dengan Microsoft Office.

Keuntungan :

Aplikasi Powerpoint memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan mudah digunakan oleh pemula. Dari masing-masing versi powerpoint memiliki penambahan fitur yang lebih lengkap.

Kekurangan:

Karena satu paket dengan Microsoft office maka untuk menggunakan power point aplikasi harus membeli lisensi terlebih dahulu.

2. Open  Office Impress
Open office impresss adalah paket dengan OpenOffice.org, aplikasi ini banyak digunakan oleh pengguna Linux, dan fitur-fiturnya tidak kalah menarik dengan Microsoft powerpoint. Aplikasi ini dibuat oleh SUN Microsystem, dan sekarang dapat digunakan dalam platform lintas.

Keuntungan :

Gratis dengan tidak menghilangkan fitur-fitur penting yang ada dalam aplikasi presentasi. Aplikasi paket Open Office mampu memproses dokumen yang berasal dari paket Microsoft Office.

Kekurangan:

Hasil dokumen dalam paket kantor terbuka akan berantakan jika dibuka di kantor Microsoft. Fitur-fitur yang disediakan pada impress kantor terbuka hanya fitur standar, mengingat itu adalah aplikasi gratis.

3. KPresenter
KPresenter adalah salah satu aplikasi pengolah presentasi yang juga menarik. Salah satu fitur yang menarik adalah KPresenter dapat menghasilkan file slideshow dalam format html.

Keuntungan :

Gratis dan open source, tersedia di beberapa platform lintas, antarmuka menarik dan user friendly, kompatibel dengan file aplikasi powerpoint.

Kekurangan:

Fitur yang lebih sedikit seperti di powerpoint, mengingat aplikasi ini juga gratis.

4. iWork KeyNote
aplikasi ini dibuat oleh Apple, walaupun hanya memiliki antarmuka yang sederhana namun fitur-fiturnya tidak kalah jika dibandingkan dengan Microsoft powerpoint.

Keuntungan :

Tampilan antarmuka yang sederhana dan elegan, dukungan dengan powerpoint dan kantor Microsoft lainnya, ada fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh powerpoint.

Kekurangan:

iWork Keynote hanya menghasilkan format seperti .pages, .key yang tidak populer dan hanya dapat dibaca oleh aplikasi ini saja. Jika Anda ingin mengekspor dalam format seperti .ppt yang dimiliki oleh powerpoint maka yang terjadi adalah semua efek dan animasi atau transisi akan hilang.