7 Penyebab Scanner Rusak Tidak Bisa Scan Wajib Diatasi

7 Penyebab Scanner Rusak Tidak Bisa Scan Wajib Diatasi
7 Penyebab Scanner Rusak Tidak Bisa Scan Wajib Diatasi
Scanner adalah salah satu jenis alat atau perangkat yang diperlukan untuk melakukan berbagai pekerjaan kantor yang penting untuk kepentingan penggunanya. Mulai dari digitalisasi file-file penting yang belum di bentuk file digital, memfotokopi file-file penting, dan berbagai pekerjaan kantor lainnya yang perlu dilakukan agar seseorang dapat bekerja dengan baik dan benar.

Tentu saja pentingnya sekolah juga bisa menjadi salah satu hal yang bisa dibantu dengan pemindai. Oleh karena itu, kita perlu tahu apa yang menyebabkan pemindai tidak dapat memindai sehingga kita dapat mengatasi masalah pemindai yang tidak dapat memindai lebih cepat, atau menghindari masalah pemindai tidak dapat memindai.
7 Penyebab Scanner Macet Tidak Bisa Scan Wajib Diatasi

Apa penyebab pemindai tidak bisa memindainya? Apa beberapa hal yang dapat menyebabkan perangkat pemindai tidak berfungsi dengan benar? Apakah Anda sudah mengetahuinya atau tidak? Jika Anda tidak mengetahuinya, tentu Anda harus membaca artikel ini untuk menyelesaikannya. Jangan lupa juga untuk melihat cara mengatasi pemindai macet ya.

Adapun beberapa macam penyebab pemindai tidak bisa memindainya, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Driver tidak diinstal

Salah satu jenis masalah yang dapat menyebabkan pemindai tidak berfungsi sebagaimana mestinya adalah karena tidak ada driver di komputer atau laptop yang cocok dengan perangkat keras yang kita miliki. Ini tentu saja salah satu masalah mendasar yang dapat dipecahkan dengan menginstal driver sesuai dengan jenis scanner yang kami miliki. Namun, secara umum, masalah semacam ini semakin jarang ditemui mengingat sistem operasi modern, serta perangkat modern, biasanya memiliki driver plug-n-play yang dapat mendeteksi dan menginstal secara langsung jika kita memasukkan atau menghubungkan pemindai melalui port USB .

Meskipun kemungkinan besar driver diinstal, tidak ada salahnya jika kita memeriksa lagi apakah driver untuk pemindai diinstal, dan jika diinstal seperti apa, jadi kami dapat memastikan apakah ada masalah driver yang kurang atau tidak. Driver umumnya cenderung memiliki kelengkapan yang sama bahkan jika berbagai jenis scanner dan fungsi.

2. Driver Rusak

Penyebab lain yang masih terkait dengan driver pemindai adalah karena masalah driver yang rusak. Driver yang rusak dapat terjadi karena ketika instalasi tidak berfungsi dengan baik, file lain yang diperlukan untuk driver untuk bekerja secara normal tidak tersedia di file sistem komputer Anda. Karena itu, pemindai yang Anda miliki mungkin tidak berfungsi dengan baik, salah satunya tidak dapat melakukan proses pemindaian seperti yang Anda harapkan. Untuk mengatasi masalah ini, tentu saja perlu proses instalasi ulang dengan driver yang sesuai sehingga file driver yang dibutuhkan dapat dimiliki oleh file sistem komputer Anda.

Jika kesalahan terjadi selama proses instalasi, ada baiknya jika Anda mencoba untuk menghapus pengandar yang diinstal sebelumnya, kemudian instal ulang driver yang diperlukan oleh pemindai Anda. Jangan lupa untuk me-restart setelah menghapus instalasi ya.

3. Port salah

Selain beberapa masalah di atas, salah satu hal yang bisa menjadi masalah yang menyebabkan pemindai tidak memindai dengan benar dan benar adalah karena pendaftaran port yang salah dilakukan selama proses pemasangan. Hal ini disebabkan berbagai hal, seperti miskomunikasi, interupsi program, bug, dan berbagai masalah lain yang mencegah pemindai mendeteksi input persis seperti yang dikirimkan oleh aplikasi atau komputer Anda.

4. Kabel rusak

Selain beberapa hal di atas, penyebab lain yang dapat membuat pemindai tidak dapat memindai adalah karena penyebab fisik, yang dalam hal ini salah satunya adalah karena kerusakan pada kabel yang digunakan untuk menghubungkan pemindai ke komputer atau laptop yang Anda miliki. . Untuk mendeteksi apakah kabel Anda rusak atau tidak, cara termudah dan paling pasti adalah mencoba menggunakan kabel lain untuk melakukan proses pemindaian. Jika proses pemindaian bisa dilakukan, tentu ini menunjukkan bahwa pemindai yang Anda miliki masih bisa berfungsi dengan baik saat kabel rusak.

Jika kabel rusak, tentu saja hal yang perlu Anda lakukan adalah mengganti kabel dengan kabel baru lain dan terbukti tidak rusak, sebagai media penghubung antara pemindai dengan komputer atau laptop yang Anda gunakan. Kabel ini biasanya murah, tetapi Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa kabel scanner yang rusak adalah masalah dan bukan yang lain, untuk mengantisipasi bahwa Anda tidak menghabiskan terlalu banyak uang tetapi tidak memiliki dampak pada perangkat keras yang Anda miliki. Masalah kabel yang rusak ini juga dibahas dalam cara memecahkan pemindai tidak terdeteksi, sehingga Anda dapat melihatnya lebih jauh jika Anda juga mengalami masalah yang sama.

5. Slot kabel rusak

Selain kabel yang rusak, hal lain yang bisa menjadi penyebab mengapa pemindai tidak bisa melakukan pemindaian adalah karena slot kabel yang rusak. Slot kabel yang dimaksud adalah tempat konektor untuk menghubungkan pemindai ke komputer yang kita miliki. Dengan kata lain, slot ini seperti port USB yang dapat kita gunakan untuk menghubungkan antara printer dan laptop atau perangkat keras lainnya. Jika slot konektor kabel rusak, tentu saja pemindai tidak bisa dihubungkan ke laptop atau komputer.

Untuk memperbaiki masalah ini, tentu saja kita perlu melakukan penggantian slot kabel USB yang terdapat di pemindai atau komputer atau laptop yang kita miliki, tergantung mana yang rusak. Untuk melakukan ini memerlukan keterampilan teknis khusus yang mengharuskan kita untuk memahami masalah menyolder solder. Jika Anda tidak memilikinya, akan lebih baik jika Anda meminta bantuan bengkel yang bisa memperbaikinya.

6. Perangkat scan rusak

Selain berbagai masalah di atas, penyebab pemindai tidak bisa memindai lainnya juga bisa datang dari segi pemindai itu sendiri. Dalam arti, pemindai itu sendiri rusak sehingga tidak dapat memproses atau melakukan pemindaian seperti yang diharapkan. Kerusakan dalam hal pemindai mungkin termasuk perangkat pencitraan, perangkat perekam pemindai, prosesor, atau bagian lain yang membuat pemindai tidak dapat melakukan tugas dan fungsi dengan benar. Kerusakan semacam ini, tentu saja, juga bisa menjadi alasan mengapa kita perlu melakukan cara membersihkan printer Windows 10.

Jika pemindai Anda rusak, tentu saja cara terbaik untuk mengatasinya adalah membawanya ke tukang reparasi sehingga dapat diperbaiki sesuai dengan keterampilan tukang reparasi. Atau jika tidak, Anda dapat membeli pemindai baru untuk menggantikan pemindai lama yang telah rusak.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mengapa pemindai tidak bisa melakukan proses pemindaian. Semoga dengan beberapa hal di atas kita bisa terhindar dari masalah printer tidak bisa scanning ya. Jangan lupa baca artikel lain seperti cara membersihkan printer Canon.

Selamat telah merawat pemindai Anda!