8 Cara Memperbaiki Monitor LCD Gelap Paling Mudah

8 Cara Memperbaiki Monitor LCD Gelap Paling Mudah
8 Cara Memperbaiki Monitor LCD Gelap Paling Mudah
Monitor atau layar adalah salah satu bagian penting dari komputer yang tidak dapat diabaikan seperti halnya kerusakan, meski kerusakan yang dialami oleh perangkat yang satu ini kecil. Ini karena monitor atau perangkat layar, apakah LCD atau tidak, semuanya sangat penting karena merupakan bagian dari perangkat output komputer. Artinya, tanpa monitor kita tidak akan memiliki perangkat output yang lengkap dan tentunya akan membuat kita sulit dalam menjalankan aktivitas di komputer.

Satu jenis masalah yang mungkin kita alami di layar LCD kita adalah layar terlalu gelap bagi kita. Ini bisa menyebalkan karena kita akan mengalami kesulitan dalam melihat apa sebenarnya yang telah diproses oleh komputer kita, sehingga kita tidak akan bisa bekerja atau bergerak dengan komputer sesuai dengan yang kita inginkan. Itu sebabnya kita harus tahu cara memperbaiki monitor LCD gelap sehingga kita bisa menangani ini. Sama seperti kita tahu apa yang menyebabkan monitor berkedip terus.
8 Cara Memperbaiki Monitor LCD Gelap Paling Mudah

Jadi, apa yang bisa menjadi cara untuk memperbaiki monitor LCD gelap? Apa yang dapat kami lakukan untuk membuat monitor LCD kami berfungsi dengan benar? Tanpa perbaikan lebih lanjut, berikut adalah beberapa cara alternatif yang dapat dilakukan untuk memperbaiki monitor LCD yang gelap.

1. Pelajari jenis monitor LCD

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki monitor LCD dengan berbagai masalah, termasuk masalah layar gelap ini adalah dengan mempelajari jenis monitor LCD yang akan Anda perbaiki. Tentunya ini sudah menjadi hal yang biasa, terutama jika Anda adalah seorang teknisi komputer. Tetapi bagi Anda yang masih belum memiliki pengetahuan ini, tidak ada salahnya untuk mempelajari secara detail seperti bagaimana cara membongkar, bagaimana mencegah tidak tersengat listrik, dan berbagai hal lain tentang monitor LCD Anda. Tentunya kita semua tahu bahwa fungsi monitor LCD pada umumnya tetap sama, meskipun jenisnya berbeda.

2. Periksa kondisi fisiknya

Sebelum memperbaiki layar LCD atau monitor, tentu saja kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan layar LCD kita gelap dan tidak bisa terlihat terang atau memiliki pencahayaan yang cukup. Oleh karena itu, salah satu hal yang perlu kita lakukan adalah melakukan pemeriksaan fisik monitor LCD Anda, mulai dari yang terkecil hingga yang paling rumit dari layar Anda. Dengan melakukan ini dengan tepat, ada kemungkinan besar kita dapat menemukan masalah layar LCD yang gelap jika masalahnya ada pada sisi fisik.

3. Periksa perangkat lunak

Selain mengecek secara fisik, tentu kita juga perlu mengecek layar LCD dalam hal perangkat lunak yang kita miliki dalam menjalankan layar. Perangkat lunak yang dimaksud termasuk driver kartu grafis, aplikasi pengaturan kecerahan pada layar komputer, dan berbagai aplikasi lain yang terkait dengan masalah pengaturan kecerahan pada layar LCD. Dengan memeriksa ini, maka kita dapat memastikan bahwa ada atau bukan masalah perangkat lunak di komputer Anda. Setidaknya Anda perlu memastikan instalasi driver benar, pengaturan sistem operasi sistem Anda berfungsi dengan benar, dan tidak ada fitur penghemat daya atau apa pun yang akan membuat layar memudar di latar belakang.

4. Mengganti perangkat fisik

Setelah menemukan penyebab layar gelap monitor, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan sebagai cara untuk memperbaiki monitor LCD gelap adalah meningkatkan fisik monitor. Tentunya hal ini dilakukan jika penyebab masalah monitor gelap karena kerusakan pada perangkat fisik yang terdapat pada laptop Anda seperti konektor kabel, slot konektor, dan berbagai hal lain yang pada prinsipnya berfungsi untuk menjalankan perangkat keras monitor.

5. Pasang kembali kabel konektor

Seperti disebutkan di atas, salah satu cara untuk memperbaiki monitor LCD gelap adalah mengganti kabel konektor yang bermasalah. Kabel konektor yang bermasalah dapat menjadi salah satu alasan mengapa layar LCD menjadi gelap dan tidak dapat cahaya. Tentunya ini harus dilakukan jika kabel konektor jelas rusak seperti patah, terbakar, dan sebagainya. Dengan begitu kecerahan layar bisa diperbaiki jika penyebabnya adalah karena aliran data dari komputer tidak tepat karena kabel rusak. Konektor yang rusak kekebalan juga bisa menjadi penyebab montitor tidak ada sinyal yang terdeteksi lo.

6. Pasang kembali kartu grafis

Selain beberapa hal di atas, Anda juga dapat mengganti kartu grafis untuk membuat monitor LCD kami dapat kembali berfungsi dengan baik. Ini bisa dilakukan jika penyebab layar LCD gelap karena kartu grafis rusak dan tidak dapat memproses output dengan benar. Tentu saja Anda harus membeli kartu grafis terlebih dahulu jika Anda tidak memiliki kartu grafis cadangan atau kartu grafis lain yang dapat digunakan untuk memperbaiki monitor gelap.

7. Memperbaiki tombol brightness

Salah satu jenis masalah yang mungkin menjadi penyebab mengapa layar gelap adalah karena kerusakan tombol brighness, menyebabkan kecerahan akan dikunci ke angka yang kecil dan membuat monitor terlihat gelap. Tentunya ini harus diperbaiki dengan membongkar monitor dan kemudian memperbaikinya sesuai dengan masalah ini, yaitu dengan mengganti tombol kecerahan rusak untuk menyesuaikan dengan kecerahan yang biasa. Cara ini juga bisa dicoba sebagai salah satu cara untuk mengatasi layar hitam pada laptop Windows 8.

8. Bawa ke tukang reparasi / ke tukang servis

Selain metode di atas, tentunya cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi atau memperbaiki monitor LCD yang gelap adalah dengan membawa monitor yang rusak ke service repairer terdekat yang terpercaya. Ini dapat Anda lakukan jika Anda tidak punya waktu untuk memperbaiki monitory Anda secara independen atau karena masalah lain seperti pengetahuan yang cukup, atau masalah lain yang mungkin Anda miliki.

Tentunya ini tidak berarti bahwa cara ini salah atau salah, bahkan cara ini sangat disarankan jika Anda tidak mengetahui wawasan tentang monitor LCD sebelumnya agar kerusakannya tidak bertambah parah. Anda dapat menggunakan metode ini sebagai cara untuk memperbaiki VGA onboard yang rusak dan Anda tidak dapat memperbaikinya sendiri.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki monitor LCD gelap yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki monitor LCD yang rusak dan tampak gelap. Beberapa hal di atas mungkin tidak dapat menyelamatkan monitorm Anda dari kerusakan, jika itu terjadi, maka tidak ada cara lain selain membeli monitor baru yang lebih baik dan lebih awet jika dibandingkan dengan monitormu rusak Anda.

Semoga beberapa informasi di atas dapat membantu Anda ya. Selamat memperbaiki monitorm yang rusak!