8 Ciri Ciri Browser Kena Virus / Malware dan Mengatasinya

8 Ciri Ciri Browser Kena Virus / Malware dan Mengatasinya
8 Ciri Ciri Browser Kena Virus / Malware dan Mengatasinya
Virus, tidak hanya menyerang sistem komputer, tetapi virus juga sering menyerang berbagai program dan aplikasi lain di komputer. Tidak terkecuali program browser web. Apa karakteristik dari peramban yang terinfeksi virus? Berikut beberapa karakteristik peramban yang terinfeksi virus:

1. Browser menjadi sangat lambat dan juga lemot ketika melakukan startup

Fitur pertama dari browser yang dipengaruhi oleh virus adalah browser menjadi lambat saat startup, alias ketika yang baru akan dijalankan terlebih dahulu. Anda akan dapat merasakan hal ini, terutama ketika komputer atau PC Anda sebenarnya tidak lambat. Ini karena virus membebani komputer Anda, terutama direktori browser web Anda, sehingga ini menyebabkan adna browser web menjadi lambat ketika akan memulai untuk pertama kalinya. Ini akan mengganggu Anda jengkel, dan memicu Anda untuk membuka peramban berkali-kali, sehingga nantinya bahkan akan menyebabkan kesalahan, dan banyak jendela peramban muncul.
8 Ciri Ciri Browser Kena Virus / Malware dan Mengatasinya


2. Halaman awal atau homepage pada browser berganti menjadi situs lain, padahal kita tidak melakukan penyetelan tertentu

Jika Anda menggunakan browser web, maka pasti adan sudah hapal bukan dengan homepage alias halaman awal browser Anda? ya, browser seperti safari, chrome dan sebagainya memiliki konfigurasi default di homepage alias halaman awal. Atau kita juga bisa menyesuaikan, jadi halaman awal browser kita adalah situs favorit yang biasanya kita kunjungi. Namun, virus di dalam peramban dapat menyebabkan laman atau beranda awal berubah. Kami tidak pernah mengubahnya, tetapi itu berubah. Ini adalah salah satu pekerjaan virus, yang biasanya terjadi ketika kita mengunduh konten, atau menginstal konten dari situs yang rentan terhadap virus.

3. Muncul banyak tab baru atau window baru secara tidak wajar

Ketika Anda browsing menggunakan browser web Anda, biasanya ada beberapa fitur penting seperti fitur tab baru dan juga jendela baru. Tujuan dari fungsi dan fitur ini adalah untuk memungkinkan Anda sebagai pengguna, untuk membuka tautan tertentu di dalam tab atau di jendela baru. Ini bisa kita lakukan ketika kita mengklik opsi buka di jendela baru atau buka di tab baru. Namun, terkadang, ketika kita mengklik tautan (tanpa mengklik opsi yang terbuka di tab / jendela baru) bahkan ada tab baru dan jendela terbuka.

Dan lebih menyebalkan lagi, jendela baru ini atau tab yang terbuka tidak ada hubungannya dengan tautan yang akan kita buka. Ini adalah salah satu fitur yang dapat menunjukkan bahwa browser sedang terinfeksi oleh virus.

4. Loading website atau situs menjadi berat, lama dan juga lemot, padahal ping kecil

Biasanya, ketika kita browsing, dan tiba-tiba ada gejala koneksi yang lambat di browser, kita akan menyalahkan koneksi dari provider yang kita gunakan. Namun, ternyata apabia koneksi stabil terdeteksi, dan ping terhitung rendah. Ini hanya satu indikasi yang disebabkan oleh virus yang masuk di browser Anda. virus dapat menyebabkan koneksi atau proses loading browser menjadi sangat lambat. Ini tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas pengguna yang sedang menjelajah internet.

5. Toolbar pada browser akan terinstall bookmark atau aplikasi tambahan, yang sama sekali tidak kita ketahui dan tidak kita install

Fitur penting lainnya yang sering kita temui di web browser adalah fitur bookmark dan juga fitur toolbar. Bilah alat ini adalah fitur tempat Anda dapat menyimpan tautan atau fitur tertentu di peramban, sehingga Anda cukup mengeklik bilah alat. Biasanya, toolbar akan muncul sendiri ketika kita melakukan konfigurasi, atau kita menginstal aplikasi yang didukung. Namun, terkadang kita juga melihat toolbar alien, dan kita tidak pernah menginstalnya sama sekali, itu muncul di browser Anda. Anda harus berhati-hati dengan kondisi ini, karena ini mungkin salah satu indikasi browser Anda dari virus.

6. Browser sering mengalami crash secara tidak wajar

Crash, adalah kondisi ketika suatu aplikasi sedang menjalankan malfungsi, s ehingga file dan juga sistem yang ada tidak dapat berjalan dengan baik. Singkatnya, kerusakan dapat disamakan dengan kesalahan panjang. Crash di browser "sehat" sebagian besar disebabkan oleh plugin yang dipasang dengan buruk, versi HTML yang digunakan, bahasa pemrograman, dan beberapa fitur di situs web, yang tidak dapat didukung oleh browser itu sendiri.

Dengan kata lain, crash pada browser hanya akan terjadi di situs web tertentu, dan tidak terjadi setiap saat. Nah, jika Anda memiliki browser yang sering crash, terutama crash yang tidak alami, di mana hampir semua situs web, bahkan situs web yang hanya menerjang, maka ini adalah salah satu tanda bahwa browser web Anda terinfeksi oleh virus.

7. Muncul iklan – iklan yang tata letaknya sangat mengganggu (bukan merupakan iklan yang berada di dalam situs tertentu)

Iklan adalah "nafas" dari setiap situs web dan juga bisnis online. iklan, secara alami terletak pada sudut atau sisi tertentu di situs web. Namun, saat ini, kami sering merasa terganggu dengan munculnya iklan penuh yang meliputi layar, atau tampilan pemblokiran. Terutama ketika ini terjadi di situs web besar, yang notabene memiliki manajemen yang baik.

Lalu dari mana iklan itu berasal? Iklan tersebut bukan iklan yang dipasang di situs yang Anda kunjungi, tetapi iklan yang berasal dari aplikasi iklan tertentu, yang secara diam-diam dan tidak diketahui terpasang di browser Anda. Virus ini bisa akrab dengan istilah AdWare. Ini sangat mengganggu Anda, karena penempatan iklan adalah "sangat strategis" bagi pemilik iklan, sangat mengganggu pengguna.

Bagaimana browser bisa kena virus?

Hal utama yang dapat menyebabkan virus menjelajah adalah karena Anda mengunduh dari situs yang tidak dipercaya. Biasanya ini bisa masuk ke browser Anda ketika Anda mengunduh konten penyimpanan cloud yang telah dipasangkan dengan situs iklan seperti adfly, zeoad, dan sebagainya. Atau Anda juga dapat mengunduh konten dari cloud yang kurang dapat diandalkan dan memiliki sistem antivirus yang buruk, sehingga beberapa virus dapat menempel pada konten dan tidak sengaja dipasang di browser Anda.

Cara Mengatasinya

Ada beberapa cara untuk mengatasi yang harus Anda ketahui untuk menghapus malware di browser Anda. Inilah beberapa cara yang sangat bermanfaat.

1. Jika Anda menggunakan chrome, periksa ekstensi aplikasi plugin yang diinstal.

cara menghapus malware. Pilih alat dan ekstensi klik lainnya, periksa dan lihat apakah ada ekstensi yang aneh atau belum pernah dipasang sebelumnya.

Jika Anda belum pernah menginstal plugin, Anda harus menghapus aplikasi atau menghapusnya.

Setelah itu, periksa kembali ekstensi yang sama, dan hapus hingga bersih dan tidak ada lagi ekstensi yang ditunjukkan oleh malware.

2. Periksa panel kontrol program Anda.

Terkadang panel kontrol Anda dipasang secara otomatis oleh program jahat yang menyebabkan browser Anda diserang oleh malware / virus.

Bagaimana cara memeriksanya? sebagai pemilik komputer / laptop, tentu Anda masih ingat kapan terakhir kali Anda menginstal program di laptop Anda. Nah setelah itu silakan mengurutkan program yang paling baru diinstal. Jika ada keanehan silahkan hapus / uninstall aplikasi aneh atau Anda tidak merasa menginstalnya.

Nah semoga karakteristik browser terpapar pada virus dan cara mengatasinya dapat membantu Anda untuk menghindari bahaya malware yang terpapar.