8 Jenis Jenis Sistem Operasi Komputer dan Penjelasannya

8 Jenis Jenis Sistem Operasi Komputer dan Penjelasannya
8 Jenis Jenis Sistem Operasi Komputer dan Penjelasannya
Sistem operasi komputer adalah salah satu paket perangkat lunak paling penting dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, maka perangkat keras yang canggih tidak akan dioperasikan secara optimal. Sistem operasi, umumnya dapat diartikan sebagai perangkat lunak atau perangkat lunak yang berisi seluruh sistem yang dapat mengoperasikan serangkaian komputer.

Seperti diketahui fungsi teknologi informasi dan komunikasi dengan adanya perangkat seperti komputer dapat membuat pengguna memfasilitasi akses informasi apasaja, terutama dengan menggunakan internet. Tentu saja untuk mengakses internet membutuhkan beberapa perangkat untuk mengakses internet seperti modem, baik itu modem kabel atau modem nirkabel.
8 Jenis Jenis Sistem Operasi Komputer dan Penjelasannya

Menjalankan semuanya dengan perangkat yang telah dilengkapi dengan sistem operasi, tentu saja fungsi utama dari suatu sistem operasi adalah melakukan operasi terhadap berbagai perangkat keras komputer, sehingga dapat bekerja dengan baik, dan mudah digunakan, atau dalam bahasa teknis adalah sering dikenal sebagai istilah yang ramah pengguna.

Apa saja jenis – jenis dari sistem operasi komputer?

Saat ini, sistem operasi komputer tidak hanya digunakan pada komputer pribadi dan komputer desktop, tetapi juga digunakan di smartphone yang banyak digunakan di era globalisasi saat ini. Bila dilihat melalui kontak atau antarmuka dengan usernya, sistem operasi komputer dapat dibagi menjadi dua, yaitu:


  • Command line interface

Antarmuka baris perintah atau CLI adalah jenis sistem operasi komputer yang memiliki kontak interaksi dengan usernya atau antarmuka menggunakan huruf, angka, dan simbol berbasiskan perangkat keras. Saat ini, CLI jarang, dan bahkan tidak digunakan sama sekali, terutama untuk keperluan pengguna. CLI banyak digunakan untuk keperluan khusus saja, contoh dari sistem operasi berbasis CLI ini adalah sistem operasi DOS.


  • Graphical User Interface

Antarmuka pengguna grafis adalah jenis sistem operasi komputer yang bergantung pada interaksi grafis antara pengguna atau pengguna. Pengguna dapat memperoleh informasi lebih jelas dengan fitur grafis tambahan, dan juga pewarnaan, sehingga tidak monoton. GUI banyak digunakan pada sistem operasi saat ini, seperti Windows dan Mac OS.

Beberapa Jenis Sistem Operasi Komputer Populer


Berikut beberapa jenis dan juga beberapa jenis sistem operasi komputer populer dan juga banyak digunakan oleh banyak pengguna di dunia, baik dari komputer desktop pribadi atau komputer yang disematkan dalam perangkat seluler, yang dikenal sebagai ponsel cerdas:

1. Windows
Siapa yang tidak akrab dengan sistem operasi ini? Windows adalah salah satu sistem operasi paling populer, dan banyak digunakan oleh berbagai pengguna. Windows adalah pengembangan sistem operasi DOS, yang sudah mendukung fitur-fitur GUI. Mulai dari peluncuran pertama, yang sangat 1.0, kini Windows telah memasuki tahap perkembangan terbaru, yatu windows versi 10.0

Windows menawarkan banyak fitur kompatibilitas dan juga kemudahan dalam mengoperasikan, sehingga banyak menarik minat usernya. Selain itu, windows juga cukup mudah dipelajari, sehingga dari segi troubleshooting, sistem operasi windows mungkin bisa dibilang sistem operasi terbaik.

Salah satu kekurangan dari sistem operasi windows ini adalah harganya yang cukup mahal, sehingga banyak dilakukan pembajakan. Satu lisensi bisa berharga ratusan ribu rupiah. Selain itu, bebeapa versi windows juga diaggap buruk performanya, seperti windows Vista.

2. Mac OS
Adalah pesaing terdekat dari sistem operasi Windows. Mac OS atau Macintosh adalah sistem operasi yang dibuat oleh Apple, Inc. jika dilihat dari sejarah pembuatan dan pengembangan, Mac OS adalah sistem operasi pertama yang mendukung GUI atau Graphical User Interface system.

Ada beberapa kelebihan dar sistem operasi Mac OS, yaitu memliki tingkat keamanan atau security yang cukup baik dan juga stabil, dan juga tampilan grafis yang sangat baik, sehingga terlihat menarik.

Meskipun memiliki banyak fitur menarik, dan memilki kualitas interface yang sangat baik, namun Mac OS merupakan salah satu sistem operasi yang egois, karena tidak mendukung sistem komputer berbasis IBM. Selain itu, beberapa perangkat kerasnya pun memilki keunikan sendiri, sehingga banyak yang tidak kompatibel dengan perangkat keras yang bisa digunakan pada windows.

Sistem operasi Mac OS juga cenderung sulit untuk dilakukan troubleshooting, plus memiliki harga yang juga mahal, sama seperti sistem operasi windows.

3. Linux
Linux adalah sistem operasi open source. Ini berarti Linux memiliki kode sumber pemrograman yang dapat diubah dan dimodifikasi sesuai dengan kehendak pengguna. Linux adalah salah satu jenis sistem operasi komputer gratis, dan memiliki biaya yang sangat rendah jika dibandingkan dengan Mac dan Windows.

Linux memiliki kestabilan sistem operasi yang baik, sehingga sering digunakan sebagai sistem operasi pada server. Selain itu, linux, yang diluncurkan dengan mengandalkan sistem distribusi, atau yang dikenal dengan nama distro, memiliki banyak sekali pilihan distro yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan usernya. Bagi anda yang senang mengutak atik sistem operasi, maka linux adalah salah satu pilihan yang tepat untuk anda.

Sayangnya, linux merupakan salah satu jenis sistem operasi komputer yan gkurang populer. Banyak orang sudah menaruh hati pada Mac ataupun windows, sehingga hal ini membuat popularitas dari linux menurun drastic.

4. Symbian
Symbian adalah sistem operasi pada smartphone. Bisa dibilang Symbian adalah jenis sistem operasi yang menjadi cikal bakal munculnya smartphone. Banyak digunakan pada nokia dan juga perangkat Sony Ericsson. Symbian dikembangkan oleh perusahaan teknologi bernama Symbian Ltd.

Namun, penggunaannya saat ini tidak lagi populer, karena mudah diganti oleh smartphone dengan sistem operasi dasar Android, Windows dan Apple seperti sekarang ini.

5. Android
Ini adalah salah satu sistem operasi pada smartphone, PC tablet, dan PC mini yang banyak digunakan dan sangat populer hingga saat ini. Android adalah versi sistem operasi telepon dari Linux. Sama seperti Linux, sistem operasi Android mudah dikembangkan, sehingga membuat banyak pengembang yang mengembangkan sistem operasi dengan menambahkan antarmuka tambahan ke sistem operasi Android.

Hampir semua perangkat smartphone, PC tablet dan PC mini menggunakan sistem operasi Android, karena biaya pengembangan yang sangat ekonomis, tetapi mampu memberikan fitur yang optimal. Saat ini android telah dikembangkan dan mencapai versi android ke 6.

6. Palm
Palm adalah salah satu sistem operasi pada smartphone atau PDA Phone yang hanya booming untuk sementara waktu. Saat ini Palm sangat tidak populer, karena tidak bersaing dengan sistem operasi lain. Palm dikembangkan oleh Palm, Inc. sebuah perusahaan telekomunikasi dari Amerika Serikat, yang mengembangkan smartphone Palm Treo 680.

7. Windows Mobile
Ini adalah sistem operasi pada smartphone yang menggunakan sistem operasi Windows versi seluler. Windows Mobile pertama kali diluncurkan sebagai sistem operasi Windows Pocet PC, yang diluncurkan pada tahun 2000. Sampai saat ini, penggunaan Windows Mobile lebih dikenal dengan Windows Phone, yang telah mencapat versi ke 10.

Ponsel Windows memiliki kelebihan, sistem operasi yang sangat ringan, sehingga cocok untuk diterapkan pada smartphone low end dengan spesifikasi minimalis. Namun, dukungan aplikasi pada Windows Phone tidak sebanyak dukungan aplikasi pada Android atau Perangkat Lunak Apple.

8. OS Blackberry
Merupakan salah satu jenis sistem operasi yang sama dengan sistem operasi Apple, yang hanya identik dengan satu jenis smartphone saja. Sistem operasi ini awalnya dikembangkan untuk keperluan bisnis, dengan produk andalannya adalah Blackberry Messenger. Sistem operasi ini memungkinkan penggunaan smartphone dengan berbagai aplikasi dan juga utilitas yang mengarah pada kepentingan bisnis.

Namun, jika dibandingkan dengan sistem operasi android, windows dan juga perangkat lunak Apple, sistem aplikasi blackberry ini memuliki GUI yang tidak terlalu menarik, karena lebih mengutamankan fungsi perangkat itu sendiri.