8 Manfaat Dan Fungsi Website Untuk Bisnis Bagi Perusahaan

8 Manfaat Dan Fungsi Website Untuk Bisnis Bagi Perusahaan
8 Manfaat Dan Fungsi Website Untuk Bisnis Bagi Perusahaan
Situs web atau situs web adalah metode yang banyak digunakan oleh banyak perusahaan dalam mempromosikan keberadaan perusahaan. Situs web itu sendiri adalah situs atau halaman yang terhubung ke jaringan internet, di mana situs web akan dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja dan di mana saja. Situs web biasanya terdaftar di domain berbayar, seperti .com, .co.uk, .id, dan sebagainya.

Biasanya, situs web digunakan oleh perusahaan perusahaan tertentu, atau organisasi tertentu. Situs web juga terkadang sering disamakan dengan blog, meskipun keduanya memiliki beberapa perbedaan. Namun, situs web dan blog biasanya berjalan berdampingan, di mana blog itu sendiri memiliki kelebihan, yaitu bebas dalam penggunaan, dan tidak perlu menyewa domain, dan membayar sejumlah uang. Namun, situs web saat ini sebagian besar digunakan oleh pengguna profesional, mulai dari organisasi resmi terdaftar, badan hukum, e-commerce dan e-bisnis, komunitas fixed-body, dan sebagainya.
8 Manfaat Dan Fungsi Website Untuk Bisnis Bagi Perusahaan

Pada dasarnya, situs web itu sendiri memiliki banyak kelebihan. Berikut ini adalah beberapa keunggulan situs web secara umum untuk berbagai orang dan pengguna


  1. Website merupakan sebuah halaman yang sangat mudah untuk diakses, sehingga user dan pengunjung tidak perlu repot – repot mencari lokasi fisik hanya untuk memperoleh sebuah informasi
  2. Website dapat diselipkan banyak sekali fitur yang menarik, seperti fitur transaksi jual beli, fitur chatting, fitur video call, fitur mail, dan sebagainya
  3. Proses pembuatan website pada dasarnya cukup sederhana, asal pengembang dari website tersebut memahami mengenai konsep bahasa pemrograman serta alr data diagram yang diinginkan oleh pemilik website.
  4. Anda bisa memasukkan apa saja yang anda anggap penting di dalam website, mulai dari artikel, gambar, foto, video, informasi, berita, dan sebagainya. Yang terpenting adalah konten yang sesuai dengan tema dari website
  5. Fitur-fitur pada website jauh lebih lengkap dibandingkan dengan sistem blog
  6. Pembuatan website diluindungi oleh undang-undang tentang telekomunikasi
  7. Website mampu untuk memberikan banyak informasi kepada ribuan user atau pengguna dalam satu waktu saja.
Itulah beberapa kelebihan dan kelebihan dari sebuah situs web. Pada dasarnya, situs web adalah salah satu metode yang paling banyak digunakan oleh perusahaan, organisasi, dan sebagainya untuk berkomunikasi dengan masyarakat luas dan juga konsumen, sehingga konsumen juga akan mendapatkan informasi akurat dan akurat.

Fungsi Website bagi Perusahaan

Setelah kami melihat bahwa situs web memiliki banyak keuntungan, maka sekarang kita akan melihat situs web dari sudut yang lebih sempit, yaitu dari sudut perusahaan. Saat ini, ada banyak perusahaan yang merupakan badan hukum yang menggunakan dan juga menggunakan penggunaan situs sebah untuk kepentingan perusahaan.

Ini terbukti dari ribuan perusahaan yang terdaftar dan badan hukum masih memiliki situs web sendiri. Ini tentu saja disebabkan karena perusahaan melihat bahwa situs web adalah salah satu metode yang sangat bagus, dan dapat membantu perusahaan mengembangkan bidang usahanya. Pada dasarnya ada beberapa fungsi situs web untuk sebuah perusahaan. Apa pun?

Berikut ini adalah beberapa fungsi situs web untuk perusahaan, terutama perusahaan yang sudah memiliki badan hukum dan tetap:

1. Memberikan informasi mengenai kegiatan perusahaan kepada masyarakat

Fungsi situs web pertama bagi perusahaan adalah memberikan informasi tentang kegiatan perusahaan kepada masyarakat. Biasanya ada banyak kegiatan yang dilakukan perusahaan, misalnya adalah program CSR, program kerja, program bantuan dan dukungan sosial, sampai proses produksi di pabrik. Semua kegiatan perusahaan biasanya didokumentasikan dengan baik dan ditampilkan di situs web perusahaan, sebagai salah satu bentuk pemberian informasi kepada konsumen dan masyarakat luas tentang kegiatan perusahaan.

Ini juga membantu masyarakat dalam menilai kegiatan operasional perusahaan, sehingga orang dan konsumen akan menjadi lebih percaya diri dengan perusahaan.

2. Menampilkan profil perusahaan

Profil perusahaan tentu saja sangat penting untuk ditampilkan. Profil perusahaan ini terkait erat dengan dewan direksi, visi misi, serta sejarah dan perkembangan perusahaan dari waktu ke waktu. Ini kembali lagi pada fungsi pertama, yaitu memberikan informasi kepada publik maupun konsumen. Ini membuat masyarakat dan juga konsumen akan dapat memahami info - nfo penting dari profil perusahaan.

3. Jual produk perusahaan

Saat ini, ada cukup banyak perusahaan yang memanfaatkan ini, yitu menjadikan situs web perusahaan sebagai salah satu toko online. Ya, dengan perkembangan teknologi informasi dan juga komunikasi, terutama internet, sekarang toko online adalah salah satu pilihan yang sangat baik bagi siapa saja untuk memesan dan juga membeli barang. Oleh karena itu, bagi perusahaan yang memiliki situs web, ini tentu saja dapat dimanfaatkan dan juga dimungkinkan untuk menjual produk dari perusahaan secara online.

Penjualan produk perusahaan secara online ini tentu saja memiliki banyak sekali keuntungan, antara lain :

  • Dapat menjangkau wilayah yang jauh lebih luas, bahkan mancanegara
  • Tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membangun sebuah toko fisik
  • Produk yang dijual akan menjadi lebih banyak, karena berasal dari gudang, dan bukan disimpan di toko secara fisik
  • Pengunjung dan juga konsumen juga akan lebih mudah dalam berbelanja, karena bisa dilakukan dimana saja tanpa harus pergi ke toko fisik
4. Mempromosikan produk dan keunggulan dari perusahaan

Selain sebagai toko online, situs web perusahaan juga berfungsi sebagai media promosi. Promosi ini terdiri dari banyak hal, mulai dari keunggulan perusahaan, hingga keunggulan produk yang dijual oleh perusahaan. Misalnya, perusahaan elektronik, ingin menjual produk televisi. Jadi, perusahaan hanya tinggal memposting produksi televisi, lengkap dengan gambar - spesifikasi, kelebihan dan harga yang ditawarkan.

Perusahaan juga dapat menempatkan iklan dalam bentuk tautan ke situs webnya di dalam blog atau situs afiliasi lainnya, sehingga semakin memperluas pendapatan dari situs web perusahaan itu sendiri.

5. Membantu masyarakat dan juga konsumen agar bisa memberikan kritik dan saran bagi perusahaan

Kritik dan saran juga penting untuk membantu kelangsungan hidup suatu perusahaan, dan juga untuk pengembangan dan kemajuan suatu perusahaan. Dengan kritik dan saran, perusahaan akan dapat melakukan proses analisis dan juga proses introspeksi untuk memperbaiki kekurangan produk atau layanan perusahaan, dan untuk mengakomodasi umpan balik positif dan masukan sehingga layanan yang baik akan lebih ditingkatkan dalam masa depan di perusahaan tersbeut, yang akan membantu konsumen dan juga masyarakat luas menjadi lebih puas dengan layanan dari perusahaan tersebut.

6. Untuk menampilkan lowongan pekerjaan dan karir

Lowongan pekerjaan dan karir adalah salah satu hal yang paling dicari di Indonesia, mengingat masih ada banyak tingkat pengangguran di wilayah negara ini, serta negara-negara lain. salah satu hal yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menyerap para profesional yang mampu bekerja dengan baik dan juga mengembangkan bisnis perusahaan. Biasanya, banyak perusahaan menempatkan kolom karir di situs web mereka, sehingga nantinya siapa saja yang mencari pekerjaan akan dapat dengan mudah melihat kebutuhan perusahaan.

7. Pendapatan tambahan bagi perusahaan dari sistem pay per klik dan akses website

Sebuah situs web juga membawa keuntungan tersendiri. Biasanya situs web memiliki sistem bayar per klik, di mana para pengembang situs web akan mendapat manfaat ketika ada pengguna dan juga konsumen yang melakukan transaksi, atau hanya akses ke situs web perusahaan. Dengan begitu, keseimbangan keuangan perusahaan akan menjadi lebih baik, karena adanyasistem situs web ini. pendapatan dari perusahaan akan meningkat. Selain itu, perusahaan juga dapat memasang banyak iklan di situs webnya, sehingga juga akan membantu meningkatkan pendapatan dari perusahaan.

8. Sebagai penghubung antara manajemen perusahaan dengan masyarakat luas

Fungsi situs web untuk perusahaan berikutnya adalah sebagai salah satu metode penghubung antara manajemen dengan masyarakat luas. Ini mirip dengan poin poin sebelumnya, di mana orang nantinya akan memperoleh informasi penting yang terkait dengan perusahaan, seperti lowongan kerja, informasi produk, dan sebagainya.

Berhati – hatilah dengan website perusahaan palsu!

Yah, meskipun memiliki banyak fungsi dan juga keunggulan, namun, kita perlu berhati-hati ketika akan mengunjungi situs web perusahaan. Banyak orang - orang yang sering salah dalam situs web perusahaan, dengan iming-iming hadiah dan juga undian, sehingga nantinya konsumen terjebak dan tertipu. Ada beberapa fitur utama dari situs web perusahaan palsu, termasuk:

  • Biasanya, website perusahaan palsu, menggunakan domain yang gratis.
  • Tampilan atau layout dari website secara keseluruhan ganjil dan sangat tidak mencerminkan penggunaan website secara professional
  • Website perusahaan palsu hanya menampilkan profil perusahaan sedanya, tanpa menggunakan desain yang user friendly
  • Biasanya, website perusahaan yang palsu mencantumkan nomor customer service dengan menggunakan nomor ponsel, dan bukan nomor telepon kantor (telepon kabel).
Apabila anda menemukan sebuah website yang mengatasnamakan perusahaan tertentu, namun memiliki ciri – ciri diatas, maka anda perlu untuk mencurigai website tersebut, agar tidak terjebak di dalam penipuan.