9 Macam Macam Software Akuntansi Terbaik Sering Digunakan Perusahaan

9 Macam Macam Software Akuntansi Terbaik Sering Digunakan Perusahaan
9 Macam Macam Software Akuntansi Terbaik Sering Digunakan Perusahaan
Perkembangan teknologi di dunia saat ini semakin canggih, banyak hal diciptakan dengan tujuan untuk menyederhanakan kehidupan. Mulai dari komputer yang dapat dimiliki secara pribadi dengan berbagai jenis perangkat lunak; jaringan internet dengan berbagai jenis situs dan layanan mereka; ke smartphone dengan berbagai aplikasi; yang memfasilitasi banyak hal dalam pekerjaan manusia, memberikan informasi, serta hiburan.

Ada banyak program komputer yang membantu berbagai pekerjaan manusia, salah satunya di bidang akuntansi. Berbagai macam software akuntansi, mulai dari yang sederhana hingga fungki perhitunagn akuntani yang kompleks tersedia untuk kita gunakan untuk membantu melakukan perhitungan keuangan kita. Jika Anda mencari perangkat lunak akuntansi yang tepat untuk membantu Anda melakukan perhitungan keuangan Anda, berikut ini akan menjelaskan beberapa jenis perangkat lunak akuntansi sebagai referensi Anda.
9 Macam Macam Software Akuntansi Terbaik Sering Digunakan Perusahaan


1. MYOB

Mind Your Own Businnes atau MYOB. adalah perangkat lunak pengolah data akuntansi yang cukup populer di negara kita - Indonesia. Tampilannya sederhana, dan kemudahan penggunaan membuat MYOB disukai banyak pengguna. Bahkan penulis sendiri notebene tidak memiliki akuntansi dasar, dapat mengoprasikannya dengan mudah. Dengan MYOB Anda dapat menyimpan buku untuk data keuangan pribadi atau perusahaan Anda secara otomatis, akurat, lengkap, dan tentu saja jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan membuatnya secara manual. Terutama jika Anda tidak mengerti akuntansi.

Jika Anda memiliki UKM atau perusahaan menengah ke bawah, Anda dapat menggunakan perangkat lunak ini untuk membantu Anda melakukan perhitungan keuangan sambil menjaga laporan keuangan perusahaan Anda. Sayangnya Anda tidak dapat memodifikasi laporan atau bidang dalam perangkat lunak ini, sehingga cukup sulit jika Anda ingin melakukan kustomisasi. Kelemahan lain dari MYOB adalah Anda tidak dapat menggunakannya untuk mengelola perusahaan dengan banyak perusahaan. Tapi bagaimanapun, software ini sangat layak untuk Anda pertimbangkan.

Untuk lebih jelasnya Anda dapat membaca tentang MYOB Advantages and Disadvantages.

2. Microsoft Office Accounting Express (MOAE)

MOAE sebenarnya adalah program promosi dari MOAP (Microsoft Office Accounting Professional), jadi Anda bisa mendapatkannya secara gratis. Namun, meskipun hanya program promosi gratis, MOAE cukup andal.

Antarmuka antarmuka MOAE cukup rinci dan sederhana, yang membuatnya mudah digunakan. Untuk membuat laporan keuangan Anda dapat langsung memasukkan data transaksi dari catatan, faktur, dan lain-lain tanpa terlebih dahulu perlu membuat jurnalnya. Sangat mudah, bahkan jika Anda tidak mengerti akuntansi, dengan bantuan MOAE ada dapat membuat laporan keuangan yang sangat baik.

Selain laporan keuangan, MOAE juga akan secara otomatis menampilkan laporan lain yang perlu kami ketahui kondisi keuangan perusahaan. Kekurangan MOAE adalah fitur perpajakan yang tidak memfasilitasi undang-undang pajak di negara kita. Secara keseluruhan, MOAE sangat direkomendasikan bagi Anda yang membutuhkan perangkat lunak akuntansi tetapi hanya memiliki anggaran Rp. 0, -

3. Krishand

Jika Anda membutuhkan perangkat lunak untuk membantu Anda melaporkan pajak, maka Krishand menjawab. Perangkat lunak yang mengkhususkan diri dalam pelaporan pajak memberikan formulir pajak yang sesuai dengan peraturan pajak terbaru di negara kita, sehingga Anda tidak perlu lagi repot menggunakan formulir pajak. Krishand dapat menghemat waktu Anda dengan membantu Anda membuat laporan pajak yang akurat dan efisien.

Keuntungan lain dari Krishand adalah kemampuannya untuk menampilkan semua file pajak dari yang terlama hingga terbaru yang kami simpan, sehingga kami dapat meninjaunya dengan mudah. Degan fasilitas, Anda juga tidak perlu lagi repot-repot membongkar arsip untuk dapat menemukan arsip penting yang Anda cari.

Selain laporan pajak, Krishand juga dapat digunakan untuk membuat laporan lain, jadi Anda tidak perlu menggunakan dua perangkat lunak untuk membuat laporan keuangan perusahaan Anda. Kelemahan Krishand terletak pada kemampuan penggunaan kembali yang buruk, dan masalah kepemilikan.

4. Zahir Accounting

Sama seperti perangkat lunak akuntansi lainnya pada daftar ini, Zahir Accounting memiliki UI yang mudah digunakan. Fitur-fitur yang disediakan juga lengkap, bahkan cenderung paling lengkap dibandingkan yang lain. Kelebihan Zahir Accounting ada pada invoice dan laporan yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Selain laporannya, fasilitas dan kapasitas Zahir juga bisa disesuaikan. Jadi ketika membeli perangkat lunak ini Anda dapat memilih untuk hanya membeli paket standar dengan fasilitas tambahan, yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain membuat harganya lebih murah, perangkat lunak juga akan lebih 'langsing' karena tidak dibebani dengan fitur-fitur yang tidak berguna bagi Anda.

Keuntungan lain dari Zahir adalah analisis laporan keuangan yang diberikannya. Dengan berbagai analisis yang disediakan perangkat lunak ini, Anda pasti akan membantu dalam membuat keputusan bisnis. Kurangnya Zahir Accounting terletak pada harga lisensi yang mahal, dan hanya memiliki satu mata uang. Satu lagi, dalam perhitungan biaya serikat seperti biaya per jam, tenaga kerja, et al; tidak akan dihitung secara otomatis.

5. Omega Accounting

Omega Accounting adalah pilihan yang baik jika Anda adalah ritel, distribusi, layanan, makanan dan minuman, atau pemilik perhotelan. Program Omega Acc terdiri dari sistem penjualan dan pembelian, dan secara otomatis akan membuat laporan keuangan. Laporan yang dihasilkan dapat diformat dan dikelompokkan sesuai kebutuhan. Dalam hal input data, Omega Acc menyediakan formulir untuk beberapa transaksi seperti stok rumah sakit, penjualan, pembelian, dan transaksi lainnya yang sering digunakan. Keuntungan lain dari perangkat lunak ini adalah dukungan untuk penggunaan berbagai mata uang, dan gudang.

6. Accurate Accounting

Jika Anda mencari software akuntansi yang memiliki versi bahasa Indonesia, Anda dapat menggunakan Akunting yang Akurat. Dengan tampilan yang mirip dengan MYOB, Accurate cukup user friendly. Kelebihan bentuk dan laporan di Accurate dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna, maka fitur pajak juga mendukung dengan kebijakan di Indonesia. Tambahkan kembali dukungan untuk multi: mata uang, pengguna, departemen, gudang, dan proyek.

Jika Anda bosan dengan tampilan Akurat, Anda bisa mengganti kulit sesuai selera. Ada beberapa opsi skin yang disediakan. Sayangnya pengguna hanya bisa login sebagai supervisor, hanya bisa membuka database di harddisk lokal komputer juga tidak bisa bermigrasi.

7. Quick Book

Jika Anda merasa bahwa fitur perangkat lunak akuntansi lainnya tidak lengkap, coba gunakan Buku Cepat. Meski kurang populer, tetapi Quick Book menawarkan fungsi dan fitur yang sangat lengkap. Ada lima versi Quick Book yang dapat Anda gunakan, Manufacturing & Whole Sale Edition, Edisi Ritel, Edisi Akuntan, dan Edisi Kontraktor.

Perangkat lunak ini memiliki banyak keuntungan, seperti dukungan untuk multi-pengguna, mata uang atau departemen. Laporan ini juga dilengkapi dengan grafik dan analisis yang akan membantu Anda memahami kondisi keuangan perusahaan Anda. Tampilan menarik dan dukungan tutorial dalam bentuk pdf dan video yang diberikan, membuat perangkat lunak ini mudah dipelajari dan digunakan. Sayangnya tutorial tidak dibuat dalam bahasa Indonesia, jadi agak sulit untuk mempelajari perangkat lunak ini jika tidak lancar berbahasa Inggris.

8. iTBrain Indonesia

iTBrain Indonesia adalah program akuntansi yang dibuat oleh programmer Indonesia, yang berarti ini adalah produk domestik. Meskipun bukan hasil produksi dari vendor internasional seperti MYOB atau perangkat lunak akuntansi lainnya, dalam hal fitur / fasilitas persiapan laporan keuangan dan kemudahan penggunaan, iTBrain Indonesia mampu bersaing dengan perangkat lunak akuntansi lainnya.

Seperti kebanyakan perangkat lunak akuntansi, iTBrain Indonesia akan membantu Anda mengelola data keuangan Anda secara akurat. Data laporan yang dihasilkan ITBrain juga lengkap dan siap untuk dicetak. Versi demo yang tersedia, jika Anda ingin mencoba perangkat lunak ini sebelum membelinya. Yang pasti, dukung dan bangga dengan produk di dalam negeri.

9. Easy Accounting System (EAS) 

Satu lagi produk domestik: EAS yang diproduksi oleh PT Globel Information Fortuna Teknotama, perangkat lunak akuntansi keuangan dan titik penjualan (POS) serta perangkat lunak sistem semi-ERP. Fitur utama EAS adalah Transaksi Impor (voucher Jurnal, Faktur, COA, dan daftar barang) serta e-faktur. EAS cocok untuk Anda yang menjalankan bisnis seperti Layanan, Ritel, Distribusi, Ekspor Impor, Konstruksi, Pengembang, Rumah Sakit, manufaktur, atau pendidikan. Kekurangan EAS tidak didukung basis web, selain itu EAS juga hanya bisa berjalan di OS Windows saja.

Sekian banyak artikel tentang software akuntansi semacam ini, semoga menambah wawasan Anda .. dan jangan lupa bagikan ya rasakan ini bermanfaat. Selain informasi, Anda juga dapat membaca berbagai macam perangkat lunak spreadsheet.