9 Macam-macam Software Program Utility Pada Komputer

9 Macam-macam Software Program Utility Pada Komputer
9 Macam-macam Software Program Utility Pada Komputer
Utilitas perangkat lunak adalah Software yang dibuat untuk membantu proses analisis, konfigurasi (konfigurasi), optimasi atau pemeliharaan komputer, kehadannya akan diperlukan sebagai tindakan pencegahan jika terjadi kesalahan mendadak (error) pada komputer, berikut ulasan tentang berbagai perangkat lunak utilitas Yang Kami kumpulkan.

1. Antivirus

Antivirus adalah sebuah aplikasi yang dapat dipastikan terinstal pada setiap sistem operasi (khususnya Windows), sistem operasi tanpa Antivirus akan sangat berisiko tinggi kehilangan dan kerusakan data atau bahkan pencurian data sensitif dengan berbagai teknik peretasan.
9 Macam-macam Software Program Utility Pada Komputer

Contoh perangkat lunak antivirus termasuk AVG Antivirus, Microsoft Security Essentials, Avira, McAfee, Kaspersky, BitDefender, dan banyak lagi termasuk antivirus lokal (buatan Indonesia) seperti Smadav dan PCMAV.

Antivirus di atas adalah perangkat lunak berbayar, yang berarti Anda harus membeli lisensi untuk dapat menggunakan perangkat lunak antivirus secara penuh (penuh), tetapi beberapa antivirus menyediakan versi gratis (gratis) dan versi percobaan (percobaan), seperti antivirus favorit saya AVG Free Antivirus adalah perangkat lunak gratis tetapi dengan beberapa keterbatasan fitur bila dibandingkan dengan versi berbayar.

Keberadaan software antivirus sangat penting, jadi usahakan untuk menghindari penggunaan antivirus bajakan karena penggunaan antivirus bajakan (berlaku juga untuk perangkat lunak bajakan) akan sangat berbahaya bagi sistem bahkan data yang ada di dalam komputer, seperti antivirus narkoba , bayangkan saja apa yang terjadi jika obat bajakan (palsu).

Selain itu, juga gunakan antivirus lokal, seperti saya yang menggunakan AVG Free Antivirus dan SmadAV Antivirus, keberadaan software Smadav akan sangat membantu kinerja antivirus utama (AVG) dalam menangani virus lokal, selain banyak fitur (satu dari mereka Smad-Lock) sangat berguna.

Dan yang tidak kalah penting, perbarui perangkat lunak antivirus yang Anda gunakan secara teratur dan teratur setidaknya sekali seminggu, memang proses pembaruan membutuhkan koneksi internet pada komputer yang bersangkutan (pembaruan online) tetapi beberapa antivirus menawarkan pembaruan offline, yang berarti kita dapat mengunduh file pembaruan dari komputer orang lain yang terhubung ke internet dan kemudian instal pembaruan di komputer kita.

2. Archivers dan Data Compression

Perangkat lunak untuk membuat file ke arsip sekaligus kompres (ukuran) itu juga akan sangat berguna untuk komputer Anda, misalnya Anda memiliki (sebut saja) 80 file dokumen yang ingin Anda kirim via email ke rekan kerja Anda, jika Anda mengirim satu -by-one (sebanyak 80 file) melalui lampiran email akan sangat merepotkan. Perangkat Lunak Gratis Untuk Mengedit Video

Tidak seperti jika Anda mengarsipkan 80 file ke dalam satu file arsip (misalnya dengan ekstensi *. Zip), maka Anda hanya perlu mengirim satu file arsip di mana terdapat 80 file dokumen seperti yang disebutkan di atas.

Beberapa perangkat lunak untuk membuat arsip dan memampatkan ukuran data termasuk WinRAR, WinZip, FilZip, 7-Zip, PowerISO (juga dengan virtual disk drive) dan banyak lagi, tetapi favorit saya adalah WinRAR dan 7-Zip, WinRAR adalah perangkat perangkat lunak berbayar sehingga akan ada batas waktu (masa percobaan, masa percobaan) biasanya 30 hari sejak menginstal perangkat lunak tidak dapat digunakan kecuali dengan membeli lisensi sementara 7-Zip adalah perangkat lunak bebas

3. Backup software

Jika WinRAR dan 7-Zip digunakan untuk membuat arsip file, backup perangkat lunak digunakan untuk membuat arsip dari partisi hard disk drive, dengan kata lain data yang diarsipkan adalah seluruh partisi (termasuk), beberapa perangkat lunak untuk kebutuhan cadangan termasuk Norton Ghost, Nova Cadangkan dan Acronis True Image.

Apakah itu Norton Ghost, Nova Backup atau Acronis True Image, perangkat lunak pencadangan umumnya mendukung pencadangan partisi tidak terkecuali pada partisi sistem, tetapi untuk dapat mencadangkan partisi sistem, perangkat lunak cadangan harus menjadi versi yang dapat dibooting, bukan perangkat lunak asli.

4. Disk Checkers

Beberapa perangkat lunak yang saya gunakan untuk memeriksa status hard disk drive seperti CrystalDiskInfo dan HDSentinel, pemeriksaan hard disk drive dimaksudkan untuk mengetahui status (kesehatan, suhu, dll) dari hard disk drive yang bersangkutan, sehingga kerusakan fatal pada hard disk drive (misalnya bad sector) yang berbahaya bagi data di dalamnya dapat diantisipasi.

Sistem operasi (baik Windows, Linux atau MacOS) umumnya memiliki aplikasi bawaan yang dapat digunakan untuk memeriksa status hard disk drive, tetapi perangkat lunak seperti CrystalDiskInfo dan HDSentinel menjadi "lebih berharga" karena informasi disajikan secara lebih terperinci bahkan hingga perkiraan masa pakai disk drive (sebelum rusak).

5. Disk Cleaners

Perangkat lunak CCleaner dilengkapi dengan kemampuan untuk membersihkan file dari hard drive sampah, sehingga ruang hard disk drive dapat dioptimalkan, bahkan fitur disk cleaner adalah fitur kunci dari CCleaner.

6. Disk Defragmenter

Pada sistem operasi Windows ada aplikasi built-in yang disebut "Disk Defragmenter", perangkat lunak ini digunakan untuk men-defragmen partisi hard disk drive, sehingga ruang kosong pada hard disk drive dapat dioptimalkan dan proses membaca data dalam itu menjadi relatif lebih cepat.

7. Disk Partition Editor

Ukuran partisi pada hard disk drive harus dibuat sesuai kebutuhan, seperti partisi untuk menyimpan data besar dan besar (seperti file video ratusan Mega Bytes per file) ukuran partisi harus relatif besar sementara untuk menyimpan kecil data seperti dokumen ukuran beberapa puluhan atau ratusan Kilo Bytes (dokumen langka yang hingga Mega Bytes dalam ukuran kecuali untuk banyak file gambar di dalam) ukuran partisi cukup kecil.

Oleh karena itu keberadaan perangkat lunak untuk mengatur ukuran partisi diperlukan, beberapa perangkat lunak seperti Partition Wizard dan Partition Magic menjadi favorit saya karena fiturnya yang cukup lengkap dan lisensi gratisnya.

8. Registry Cleaner

Sebagai fitur tambahan dari perangkat lunak CCleaner ada fitur untuk membersihkan registri (dalam Windows), registri adalah database sistem operasi Windows, semakin sering Anda bekerja pada sistem operasi Windows keadaan registri semakin tidak efisien, oleh karena itu registri perlu dibersihkan secara berkala.

9. Startup Manager

Ketika komputer pertama kali dihidupkan (setelah itu mati), ada perangkat lunak atau layanan yang memulai pengaktifan dengan sistem operasi dan itu memperpanjang waktu boot dari komputer, oleh karena itu perangkat lunak dan layanan yang secara otomatis menyala ketika komputer sedang dikontrol yaitu dengan menonaktifkan perangkat lunak dan layanan yang tidak diperlukan saat startup.

Tetapi berhati-hatilah dalam menonaktifkan perangkat lunak dan layanan pada saat startup, perangkat lunak dan layanan seperti antivirus memang diperlukan saat startup sehingga tidak semua perangkat lunak dan layanan mungkin dinonaktifkan.

CCleaner (perangkat lunak gratis favorit saya) telah dilengkapi dengan fitur startup manager sehingga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan perangkat lunak atau layanan saat startup hanya dengan satu klik.

Oke, begitu banyak diskusi tentang perangkat lunak utilitas, beberapa perangkat lunak utilitas seperti AVG PC TuneUp (sebelumnya TuneUp Utilities) dan CCleaner dilengkapi dengan fitur pemantauan, sehingga akan sangat membantu jika intensitas penggunaan komputer cukup tinggi.