Cara Bikin HP Android RAM Dibawah 1 GB Tetap Ringan dan Ngebut

Cara Bikin HP Android RAM Dibawah 1 GB Tetap Ringan dan Ngebut
Cara Bikin HP Android RAM Dibawah 1 GB Tetap Ringan dan Ngebut
Cara Mengatasi Android Lemot karena Ram Kecil Wajib Dipahami. Android adalah sistem operasi seluler yang sangat populer untuk digunakan oleh semua kalangan baik lingkaran ekonomi atas dan bawah. Perangkat dengan operasi Android tersedia di pasar dengan harga sangat mahal hingga harga di bawah 500 ribu. Android dengan harga murah tentu memiliki keterbatasan dalam hal spesifikasi perangkat keras. Salah satu batasan tersebut adalah kapasitas RAM yang kecil. Kapasitas RAM kecil yang tidak diatur dengan baik akan menyebabkan ponsel android yang dimiliki terasa lambat. Berikut ini cara mengatasi lemot android karena RAM kecil.
Cara Bikin HP Android RAM 1 GB Tetap Ringan dan Ngebut

1. Install software cleaner
Salah satu cara untuk memecahkan RAM kecil yang paling sering digunakan adalah menginstal perangkat lunak pembersih RAM. beberapa contoh perangkat lunak pembersih RAM adalah sebagai berikut:

a. CCleaner
CCleaner sudah dikenal sebagai aplikasi pembersih RAM pada platform desktop windows. Versi ccleaner dari aplikasi ini juga tersedia untuk android. kelebihan yang dimiliki aplikasi Ccleaner ini adalah tidak ada iklan yang sangat menjengkelkan ketika digunakan. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk membersihkan RAM dengan cepat dan juga dapat digunakan untuk menghapus file-file sampah baik dalam bentuk cache, junk, atau sisa instalasi aplikasi yang ada di ponsel android kita.

b. Clean Master
Clean Master adalah aplikasi yang berfungsi untuk membersihkan ponsel android dari penggunaan RAM yang tidak perlu dan juga membersihkan riwayat, sampah, dan cache dari ponsel kami. Tuan bersih juga memiliki kelebihan seperti aplikasi ini ringan dan tidak selalu aktif pada layanan backgrounnd pada ponsel sehingga pemasangan aplikasi ini tidak akan menggunakan daya baterai ponsel jika tidak digunakan. Clean Master juga menyediakan antivirus dan juga manajer aplikasi yang tersedia setelah menginstal.

c. AVG Cleaner & Battery Booster
AVG adalah nama yang akrab di mata kita. Pada platform windows desktop AVG mengeluarkan produk antivirus yang dikenal cukup andal dan andal untuk menjaga komputer kita dari masalah virus. Dengan menggunakan AVG Cleaner & Battery booster ini, kami percaya bahwa aplikasi ini dapat membersihkan penggunaan RAM yang tidak perlu dan juga dapat menghapus semua riwayat, sampah, dan cache yang ada di penyimpanan sehingga penyimpanan menjadi lebih lapang. Dengan ruang RAM dan juga penyimpanan baterai secara otomatis akan dikenakan biaya.

d. DU Speed ​​Booster & Cleaner
Penguat kecepatan aplikasi, penguat game, dan juga penyimpanan bersih. Aplikasi ini dapat membersihkan RAM ponsel Anda dari penggunaan yang tidak penting. Bersihkan penyimpanan sampah, cache, dan juga sejarah yang tidak berguna lagi untuk disimpan di ponsel. Selain itu, aplikasi ini juga berfungsi sebagai antivirus yang menjaga keamanan ponsel android dari aplikasi lain yang berbahaya dan merusak jika dipasang di ponsel kita. Dengan penggunaan aplikasi ini, penggunaan baterai dan kecepatan pengisian baterai akan lebih efisien.

2. Melakukan manage aplikasi yang diinstall
Selain dengna melakukan pembersihan RAM ponsel dengan menginstal aplikasi, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan membatasi aplikasi yang terpasang di perangkat android yang kita miliki. Pembatasan pada instalasi ini akan membuat ponsel lebih nyaman digunakan. Dengan aplikasi yang terkontrol, RAM tidak akan dapat dipenuhi oleh aplikasi aplikasi berat yang membutuhkan banyak memori dalam RAM untuk bekerja. Jika memungkinkan, pengguna ponsel dengan kapasitas RAM terbatas perlu menginstal versi Lite dari aplikasi. seperti FacebookLite, WhatsappLite, dan InstagramLite. Aplikasi ringan ini dirancang dan dibuat khusus untuk menghemat penggunaan RAM sebanyak mungkin selama bekerja sehingga aplikasi ringan ini sangat cocok untuk dipasang di ponsel yang memiliki kapasitas RAM terbatas.

3. Install UI yang ringan

Pemilihan UI juga sangat mempengaruhi kenyamanan penggunaan ponsel yang kami miliki terutama dengan keterbatasan spesifikasi ponsel yang tentunya sangat sensitif dalam penggunaan memori RAM. Antarmuka stok yang ada di telepon kadang-kadang sudah terinstal dengan aplikasi default yang tidak benar-benar kita butuhkan dan mungkin memakan banyak memori RAM dalam penggunaannya. Hal ini tentu sangat mengganggu kita terutama dengan keterbatasan spesifikasi RAM yang ada pada ponsel kita. Tentunya kita perlu mengakali ini dengan UI yang ringan dan tidak terlalu berat. Salah satu contoh UI yang ringan yang dapat kita gunakan pada ponsel dengan RAM kecil adalah sebagai berikut:

a. Google Now
Google Now adalah UI yang ringan dan bergaya. Penggunaan UI dapat mengurangi penggunaan RAM yang digunakan pada ponsel. Fitur yang tersedia di google sekarang hanyalah fitur fitur standar dan tidak dilengkapi dengan fitur yang sia-sia. Namun tidak perlu khawatir, meski dengan penggunaan UI yang ringan ini, pengguna akan tetap dilayani dengan tampilan yang apik namun eye-catching yang menarik.

b. Mini Launcher
Mini launcher seperti namanya adalah Android UI yang dirancang khusus untuk menghemat penggunaan RAM pada ponsel Android yang kami miliki. Mini launcher ini memiliki fitur yang sangat minimalis yang sangat cocok untuk digunakan dengan ponsel yang memiliki RAM kecil. Meski sangat terbatas dalam hal penggunaan memori RAM, tampilan mini launcher ini masih cukup bagus dan bagus untuk digunakan oleh pengguna.

c. Holo Launcher
Peluncur Holo adalah salah satu peluncur tercepat yang tersedia saat ini. Peluncur ini membutuhkan memori yang relatif lebih sedikit daripada peluncur atau UI lainnya. Bahkan sangking kecilnya, Launcher ini hanya akan menggunakan memori kurang dari 1MB. Benar menarik? cocok untuk digunakan pada ponsel android yang menderita kekurangan memori karena spesifikasi rendah. Mengenai masalah fungsionalitas, peluncur ini masih relatif lengkap dan memiliki semua fitur umum yang diperlukan pada ponsel android mulai fitur perpesanan, contac, layar awal, dan pengaturan kecerahan.

Jadi beberapa solusi yang dapat dicoba diterapkan ke ponsel android kami yang menderita karena kurangnya RAM karena spesifikasi ponsel yang rendah.