Cara Cepat Mengganti Background Belakang Di photoshop Dengan mudah

Cara Cepat Mengganti Background Belakang Di photoshop Dengan mudah
Cara Cepat Mengganti Background Belakang Di photoshop Dengan mudah
Adobe Photoshop adalah salah satu jenis aplikasi pengolah gambar yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang kita miliki. Aplikasi buatan Adobe menjadi salah satu aplikasi terlaris dan paling terkenal atau mainstream digunakan untuk melakukan berbagai penyuntingan foto dengan berbagai kelebihan dan kekurangan Photoshop. Karena itu, Anda bisa menggunakan aplikasi yang satu ini untuk mengedit foto atau foto yang Anda miliki dengan mudah.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan dengan Adobe Photoshop adalah mengubah latar belakang gambar dengan warna lain atau dengan gambar lain. Mengubah latar belakang gambar biasanya sangat diperlukan untuk mengedit ID foto, pendaftaran kendaraan, dan berbagai foto lain yang Anda butuhkan. Alih-alih memotret ulang, tentu lebih praktis jika Anda mengedit foto yang ada dengan foto yang dibutuhkan yang Anda butuhkan. Menggunakan Photoshop, Anda dapat mengeditnya dengan mudah, tetapi jika Anda ingin lebih maju, Anda dapat menggunakan Adobe Illustrator yang memiliki berbagai keunggulan Adobe Illustrator.
Cara Cepat Mengganti Background Belakang Di photoshop Dengan mudah

Tapi, Anda tidak tahu bagaimana cara mengganti latar belakang dengan Photoshop? Tenang saja, jika Anda tidak mengetahuinya, dalam kesempatan ini kita akan membahas beberapa teknik sederhana yang dapat Anda gunakan untuk mengubah latar belakang foto atau gambar yang Anda miliki dengan Photoshop. Dengan demikian Anda dapat mengubah latar belakang foto Anda lebih cepat.

Bagaimana cara mengubah latar belakang dengan Photoshop? Berikut beberapa cara di antaranya.

1. Membuat proyek baru atau mengimport gambar yang mau diedit

Cara mengubah latar belakang dengan Photoshop pertama kali yang harus Anda lakukan adalah mengimpor gambar yang ingin Anda edit pada lembar kerja Photoshop Anda. Dengan demikian, Anda perlu membuat lembar kerja proyek yang berbau di Photoshop. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu membuka jendela Photoshop kemudian klik File, lalu pilih New.

Di jendela baru yang muncul, Anda akan diberikan opsi untuk memilih jenis kertas, jenis warna, ukuran area kerja dan sebagainya. Konfigurasi default di menu yang muncul sudah cukup bagi Anda untuk menggunakan gambar yang Anda miliki. Setelah Anda memilih ukuran kertas dan seterusnya, Anda akan dibawa ke area kerja baru. Anda dapat mengimpor gambar yang ingin Anda edit ke tempat kerja untuk kemudian Anda melakukan proses pengeditan.

2. Menggandakan layer

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan pada langkah untuk mengubah latar belakang dengan Photoshop yang Anda miliki adalah menggandakan layer. Lapisan dapat dianggap sebagai lapisan kerja tempat Anda melakukan berbagai pengeditan. Dengan menggandakan layer, Anda dapat membuat area kerja baru yang tidak bersentuhan dengan ruang kerja lain dan dapat melakukan pengeditan dengan mudah.

Dengan menggandakan layer, Anda dapat mempersiapkan dan mengedit lebih leluasa karena jika terjadi kesalahan, Anda dapat menggunakan layer lain untuk melakukan proses editing, dan layar yang salah hanya perlu dihapus agar nantinya tidak bergabung dengan penggabungan saat Anda selesai mengedit latar belakang belakang gambar yang Anda pilih. Jangan lupa untuk memilih jenis lapisan yang tepat karena ada perbedaan bitmap dan vektor yang dapat mempengaruhi proses pengeditan yang Anda miliki.

3. Memilih tools

Untuk dapat mengedit gambar latar belakang dengan Photoshop, tentu saja Anda perlu tahu alat apa yang dapat Anda gunakan untuk mengedit gambar di belakang Photoshop. Pada dasarnya ada begitu banyak variasi teknik yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengeditan gambar kembali. Namun, dalam artikel ini kita akan memilih salah satu alat yang cukup mendasar dan Anda dapat menemukannya dengan mudah.

Alat yang Anda butuhkan untuk mengedit gambar Anda adalah alat yang disebut alat pena. Alat ini dapat digunakan untuk memilih area gambar tertentu dan menjadikannya area kerja baru dan terpisah dari lapisan lain. Singkatnya, dengan alat pena Anda dapat memotong latar belakang gambar yang ingin Anda ubah, kemudian mengubahnya secara mandiri tanpa harus repot mengubah gambar lainnya.

Menggunakan alat pena, Anda harus memilih area mana yang ingin Anda edit. Cara menggunakannya cukup sederhana, cukup klik dan gunakan kombinasi tombol shift untuk menambah luas atau pilihan alat pena yang Anda miliki. Perhatikan bahwa berbagai versi Photoshop dapat menanamkan berbagai perintah dan kombinasi tombol untuk menggunakan alat pena, sehingga untuk menemukan operasi terbaik, Anda dapat mencobanya sendiri.

4. Mengganti background

Setelah Anda memilih alat yang sesuai, dan memisahkan pengeditan yang perlu diedit dengan menduplikasi layer, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya hanyalah mengganti latar belakang yang telah Anda filter sebelumnya. Untuk mengubah warna Anda dapat menggunakan alat mengisi atau menggunakan berbagai alat lainnya dan tersedia di Photoshop. Namun, menggunakan alat pengisi sendiri pasti akan cukup untuk membuat warna latar belakang dari gambar yang ingin Anda ubah.

Jika Anda mencoba aplikasi lain, Anda dapat melihat kelebihan dan kekurangan Corel Draw sebagai alternatif untuk aplikasi pengeditan foto selain Adobe Photoshop.

5. Merge layer

Setelah Anda selesai mengedit latar belakang, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengembalikan layer sebelum menjadi kesatuan gambar. Caranya adalah dengan melakukan penggabungan pada layer yang telah Anda duplikasi. Tentu saja ini juga tergantung pada teknik apa yang Anda gunakan untuk memproses gambar. Jika Anda tidak menggandakan layer, maka Anda tidak perlu melakukan penggabungan layer karena gambar yang Anda edit hanya satu.

6. Finishing touch

Setelah Anda selesai menggabungkan atau mengedit gambar latar belakang, maka selanjutnya Anda perlu melakukan sentuhan akhir untuk membuat gambar Anda lebih halus. Perhatikan bagian-bagian kecil yang masih hilang dan memungkinkan pencampuran warna yang tidak sempurna. Dengan menggunakan alat-alat seperti sikat atau alat lainnya, Anda dapat menyempurnakan warna yang belum tergabung dengan benar dalam gambar akhir yang Anda hasilkan.

Setelah puas melakukan sentuhan terakhir, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan tentu saja adalah menyimpan gambar yang baru Anda edit saja.

7. Menyimpan gambar baru

Setelah Anda selesai mengedit gambar, maka yang harus Anda lakukan hanyalah menyimpan gambar atau mengekspor proyek yang sedang Anda kerjakan di file gambar. Anda dapat memilih apakah Anda ingin mengekspor gambar dalam bentuk JPG, atau PNG, atau GIF dan berbagai format gambar lainnya. Dengan begitu banyak pilihan Anda dapat memilih jenis gambar sesuai dengan jenis gambar yang Anda inginkan.

Itu semacam cara untuk mengubah latar belakang dengan Photoshop. Anda dapat mengembangkan teknik di atas sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan menggunakan berbagai teknik, tentunya Anda bisa mengedit gambar di belakang Photoshop lebih baik lagi. Jika Anda ingin mengubah video, maka Anda dapat melirik keuntungan dan kerugian dari Adobe After Effect serta kelebihan dan kekurangan Adobe Premiere sebagai salah satu aplikasi penyuntingan video dari Adobe.

Selamat menggunakan Photosop!