Cara Instal Database MySQL di Server Ubuntu 16.04 secara Sederhana

Cara Instal Database MySQL di Server Ubuntu 16.04 secara Sederhana
Cara Instal Database MySQL di Server Ubuntu 16.04 secara Sederhana
MySQL adalah perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen basis data relasional berdasarkan data SQL (Structured Query Language). Perangkat lunak ini tersedia dalam dua versi yaitu versi gratis dan juga versi komersial.

Kali ini penulis mencoba berbagi tutorial tentang cara menginstal MySQL di Ubuntu untuk versi 14.04.
Cara Instal Database MySQL di Server Ubuntu 16.04 secara Sederhana

Singkatnya, instalasi MySQL di Ubuntu sebenarnya cukup sederhana: Perbarui indeks paket data yang ada, instal paket mysql-server dan kemudian jalankan skrip keamanan dan instal database. Berikut beberapa perintah yang perlu dimasukkan.


  • sudo apt-get update
  • sudo apt-get install mysql-server
  • sudo mysql_secure_installation
  • sudo mysql_install_db
Fungsi perangkat lunak database seperti MySQL dapat dirasakan oleh pengguna yang sering mengelola banyak konten data setiap hari. Cara menginstal MySQL di Ubuntu cukup akan dibahas di sini akan menjelaskan kepada Anda tentang cara menginstal MySQL untuk versi 5.5, 5.6 dan 5.7 pada server Ubuntu 14.04.

Langkah Pertama – Instalasi MySQL


Ada dua cara untuk menginstal MySQL. Anda dapat memilih untuk menggunakan repositori paket APT secara default (yang dapat menginstal MySQL versi 5.5 dan 5.6) atau Anda dapat menginstal versi terbaru dari versi 5.7 secara manual dengan menambahkan repositori MySQL terlebih dahulu.

Jika Anda tidak yakin versi apa yang perlu Anda instal, Anda dapat menggunakan paket APT mysql-server, yang akan menginstal versi terbaru untuk distribusi Linux Anda. (Saat ini versi terbaru adalah versi 5.5, tetapi Anda selalu dapat memperbarui ke versi lain di lain waktu). Dalam instalasi Anda tidak perlu menghafal perintah dasar sql paling lengkap untuk melalui proses penginstallnya. Anda cukup mengikuti langkah-langkah dalam diskusi berikut. Untuk menginstal MySQL cara pertama silakan perbarui paket indeks yang ada di server Anda, dan kemudian instal menggunakan perintah apt-get. Berikut adalah perintah yang perlu dimasukkan.

  • sudo apt-get update
  • sudo apt-get install mysql-server

Selama proses instalasi, anda akan diminta untuk membuat password root . Buatlah password yang aman, dan pastikan anda mengingatnya, karena anda akan membutuhkannya nanti.

Menginstall MySQL 5.5 atau 5.6

Jika anda ingin menginstall MySQL versi 5.5 atau 5.6 langkah yang harus ditempuh tidaklah cukup rumit. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengupdate paket indeks yang ada pada server anda. Kemudian gunakan perintah berikut ini.

  • sudo apt-get update
Untuk menginstall MySQL versi 5.5, install paket mysql-server-5.5. Berikut merupakan perintah yang perlu dimasukkan.

  • sudo apt-get install mysql-server-5.5
Sedangkan untuk menginstall MySQL 5.6 install paket mysql-server-5.6. Berikut merupakan perintah yang perlu dimasukkan.

  • sudo apt-get install mysql-server-5.6
Melalui kedua pilihan diatas nanti pada proses instalasinya anda akan diminta untuk membuat password root . Buatlah password yang aman, dan pastikan anda mengingatnya.

Menginstall MySQL 5.7
Jika Anda ingin menginstal MySQL 5.7, Anda perlu menambahkan paket repositori APT terbaru dari halaman repositori MySQL. Anda perlu mengunjunginya di situs web resmi yang menyediakan unduhan MySQL 5.7. Setelah di halaman unduhan berikutnya klik "download" di kanan bawah, lalu salin tautan di halaman selanjutnya dari opsi "No thanks, just start my download".
Unduh paket .deb ke server Anda, kemudian gunakan perintah berikut.
wget http://dev.mysql.com/get/mysql-apt-config_0.6.0-1_all.deb
Setelah hal tersebut install dengan menggunakan perintah dpkg. Gunakan perintah berikut.

  • sudo dpkg -i mysql-apt-config_0.6.0-1_all.deb
Nanti anda akan dihadapkan dengan perintah yang menanyakan produk MySQL yang akan dikonfigurasi. Pengaturan Server MySQL, yang mana akan dihighlight, seharusnya menunjukkan mysql-5.7. Jika yang muncul tidak menunjukkan hal tersebut, tekan ENTER , kemudian scroll ke bawah hingga anda menemukan bagian mysql-5.7 dengan menggunakan keyboad, dan tekan kembali ENTER.

Setelah pilihan yang ada menunjukkan mysql-5.7, scroll ke bawah untuk menyimpan konfigurasinya dan tekan kembali ENTER. Jika hal tersebut telah selesai, sekarang update paket indeks anda. Gunakan perintah berikut.

  • sudo apt-get install mysql-server
Akhirnya, setelah hal tersebut selesai install paket mysql-server yang mana sekarang telah memiliki data MySQL 5.7 akan tersedia. Gunakan perintah berikut.

sudo apt-get install mysql-server
Sama seperti versi lainnya, pada tahap instalasi anda akan diminta untuk membuat password root . Jangan lupa untuk membuat password yang aman dan pastikan anda mengingatnya.

Langkah ke 2- Mengkonfigurasi MySQL
Hal pertama yang perlu anda lakukan setelah menginstallnya, tentunya menjalankan script keamanan yang ada didalam instalasinya. Ini akan mengubah beberapa pengaturan yang kurang aman seperti remote root logins dan sample users. Setelah itu jalankan perintah berikut :

  • sudo mysql_secure_installation
Dengan melakukan hal ini anda akan diminta untuk memasukkan root password yang telah anda buat di tahap pertama. Anda dapat menekan ENTER untuk menyetujui semua pertanyaan default yang mengikutinya, dengan pengecualian dimana anda diminta untuk mengubah root password anda  Karena anda sudah memilih password tersebut di tahap pertama  anda tidak perlu untuk mengubahnya saat ini.

Selanjutnya, kita akan menjalankan data direktori MySQL, yang mana merupakan tempat dimana MySQL menyimpan data-datanya. Untuk menjalankannya tergantung dari versi yang anda gunakan. Anda dapat mengecek versi MySQL yang anda gunakan dengan perintah berikut

  • mysql --version
nantinya anda akan dihadapkan dengan output seperti ini:

mysql  Ver 14.14 Distrib 5.7.11, for Linux (x86_64) using  EditLine wrpper
Jika anda menggunakan versi MySQL yang ada dbawah 5.76  anda perlu menjalankan perintah mysql_install_db

  • sudo mysql_install_db

perintah mysql_install_db saat ini tidak lagi digunakan pada versi 5.7.6 ke atas. Jadi jika anda menggunakan vesi 5.7.6 atau diatasnya anda perlu menggunakan perintah mysqld --initialize
Akan tetapi jika anda menginstall menggunakan versi 5.7 dari distribusi Debian, seperti yang sudah ada pada langkah pertama, direktori data akan berjalan secara otomatis, jadi anda tidak perlu melakukan hal lainnya.


Langkah ke-3 Mencoba MySQL

Saatnya kita mencoba manfaat basis data dari MySQL. Setelah melalui tahapan – tahapan sebelumnya. Dengan menggunakan metode yang sudah dibahas, jika proses instalasi MySQL anda berjalan dengan lancar. MySQL seharusnya akan mulai berjalan dengan otomatis. Untuk mengetes hal ini, anda dapat melihat statusnya dengan perintah berikut.

  • service mysql status
Nantinya anda akan mendapatkan output berikut (dengan PID yang berbeda)

  • mysql start/running, process 2689
Jika MySQL tidak berjalan sebagaimana mestinya, anda dapat mulai menjalankannya dengan perintah sudo service mysql start

Kelebihan dan kekurangan MySQL server berada dalam hal teknis dan perangkat lunaknya. Dibalik kelebihan dan kekurangannya tersebut tidak menjadi hambatan yang membuat perangkat ini digunakan oleh banyak orang.

Itu tadi tutorial 3 Langkah Cara Menginstall MySQL di Ubuntu secara Sederhana. Jangan lupa untuk meninggalkan komentarnya. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya