Cara Memberi Halaman Pada Microsoft Word Secara Berurutan

Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang telah banyak digunakan oleh pengguna komputer pada umumnya saat ini. Microsoft Word adalah salah satu perangkat lunak yang termasuk dalam paket Microsoft Office. Aplikasi Microsoft Word biasanya digunakan untuk proses pembuatan dokumen-dokumen tertentu atau hal-hal yang berkaitan dengan korespondensi termasuk semua kegiatan yang membutuhkan pemrosesan dokumen.

Perkembangan Microsoft Word tidak dapat dirilis dengan perkembangan sejarah Microsoft Word. Pada kuartal 1996, perangkat lunak Microsoft Word mendominasi pasar perangkat lunak pengolah dokumen dunia hingga 80%. Ini menjadikan Microsoft Word menjadi salah satu dari banyak perangkat lunak yang digunakan pengguna komputer hingga saat ini. Sebagai salah satu produk andalan yang dimiliki oleh Windows. Microsoft Word yang merupakan bagian dari paket perangkat lunak Microsoft Office selalu hadir dengan fitur-fitur menarik bersama dengan rilis versi terbaru. Di dunia administrasi, dunia akademis, serta dunia bisnis Microsoft Word adalah salah satu perangkat lunak yang harus dikuasai dan salah satu perangkat lunak paling dasar yang harus diketahui orang - orang yang pertama kali menggunakan komputer.
Cara Memberi Halaman Pada Microsoft Word Secara Berurutan

Hingga saat ini ada banyak versi Microsoft Word dan versi terbaru adalah Microsoft Word 2016. Ada banyak fitur yang tersedia di Microsoft Word sebagai salah satu aplikasi pengolah dokumen. Salah satu fitur tersebut adalah fitur untuk memberikan halaman ke dokumen yang diproses. Halaman memberikan fitur di Microsoft Word akan membantu Anda lebih mudah menetapkan nomor halaman ke halaman tertentu pada dokumen Anda

Versi terbaru dari Microsoft Word memiliki Antarmuka Pengguna yang lebih baik dan juga lebih mudah digunakan. Setiap versi yang telah dirilis oleh Microsoft Word sebenarnya tidak jauh berbeda dengan syarat fungsionalitas dan fitur yang disediakannya. Seiring dengan munculnya versi terbaru dari Microsoft Word. Fitur-fitur di dalamnya semakin baik.

Memberikan halaman ke dokumen yang Anda gunakan akan membantu Anda untuk lebih mudah mengelola nomor halaman pada dokumen Anda, itu juga dapat membantu Anda membuat dokumen Anda terlihat lebih profesional. Apalagi jika Anda bekerja dengan dokumen yang memiliki sejumlah halaman yang tidak sedikit.

Halaman pada Microsoft Word

Jika Anda merasa kesulitan untuk memberikan nomor halaman tertentu maka Anda akan beruntung karena kabar baik untuk dapat mengontrol pengiriman halaman di Microsoft Word tidak sesulit yang Anda bayangkan. Dan jika Anda sudah tahu cara melakukannya, akan sangat mudah. Cara membuat halaman di Microsoft Word tidak sesulit cara membuat garis di Microsoft Word. Oleh karena itu langkah - langkah yang harus dilakukan nantinya tidak sulit dilakukan.

Jika Anda membuat dokumen di mana nomor halaman yang Anda gunakan tidak semuanya sama, ada cara khusus untuk menambahkan halaman tertentu sehingga nomor halaman muncul pada halaman yang Anda inginkan. Proses penambahan halaman hanya dapat ditambahkan jika Anda menggunakan fitur pemisahan bagian dari dokumen yang Anda gunakan.

Anda dapat menggunakan Microsoft Word untuk membuat halaman buku dokumen atau dokumen besar lainnya yang membutuhkan format halaman berbeda. Misalnya Anda dapat menambahkan halaman dengan angka Romawi (misalnya "i", "ii.", "Iii.") Atau dengan menggunakan angka biasa (Contoh "1", "2", "3").

Bagi orang yang bekerja dengan dokumen tertentu atau yang sering mengirim dokumen melalui media online / internet, biasanya juga dihadapkan pada proses pengelolaan file pdf. Jika Anda ingin memindahkan file PDF ke kata Anda dapat mencoba cara memindahkan file PDF ke kata.

Cara Memberi Halaman pada Microsoft Word

Dalam pembahasan berikutnya kita akan membahas cara memberi halaman pada Microsoft Word. Untuk memberi halaman pada dokumen yang ada di Microsoft Word, berikut merupakan langkah – langkah yang perlu anda lakukan.


  1. Jalankan program Microsoft Word yang ada pada sistem operasi yang anda gunakan.
  2. Kemudian buka dokumen yang akan anda kelola yang mana ingin anda tambahkan halamannya.
  3. Arahkan kursor anda ke bagian tab Insert
  4. Dari sana pilih menu Page Number. Nantinya anda akan melihat posisi pemberian halaman yang tersedia.
  5. Pilih salah satu pilihan penempatan halaman yang anda inginkan. Pilihan penempatan halaman tersebut akan menjadi pilihan terhadap model halaman yang akan anda gunakan pada dokumen anda.
  6. Untuk memberikan nomor halaman pada bagian footer, pilih menu Page Number kemudian Bottom of the Page.


Proses pemberian nomor halaman biasanya dibutuhkan juga dalam proses cara membuat brosur dengan Microsoft Word. Oleh karena itu jika anda sudah mengetahui cara memberi halaman pada Microsoft Word anda pastinya akan lebih mudah dalam mengetahui fitur – fitur penting lainnya yang ada dalam Microsoft Word. 

Menyesuaikan Format Nomor Halaman

ika anda ingin format nomor halaman yang berbeda – beda tiap halaman anda dapat mengikuti langkah – langkah berikut


  • Untuk menyesuaikan format dari nomor halaman yang digunakan pergi ke tab Page Number options,
  • Kemudian pilih Format Page Numbers
  • Nantinya kotak dialog Page Number akan muncul, dari kotak dialog tersebut anda dapat menentukan format nomor halaman yang anda inginkan.
  • Tentukan jenis format nomor halaman yang sesuai dengan yang anda inginkan. Klik OK untuk melihat perubahan yang telah dibuat.
  • Setelah melakukan hal tersebut anda akan melihat format nomor halaman yang sesuai dengan format yang anda pilih.

Jika anda memilih untuk memasukkan nomor halaman pertama pada halaman tertentu dalam dokumen word anda dengan alasan tertentu. Alasan tersebut dapat berupa bagian tersebut akan memiliki judul Dokumen, cover halaman, ataupun daftar isi, anda dapat memasukkan nomor halaman pertama pada bagian halaman tertentu yang ada pada dokumen anda.

Untuk melakukan hal tersebut anda dapat  mengikuti langkah – langkah berikut.

  • Pilih bagian section nomor halaman yang anda ingin jadikan halaman pertama (bagian header atau bagian footer)
  •  kemudian pergi ke bagian tab Design dan pilih menu Options
  • dari sana pilih pilihan Different FIrst Page.
  • Dengan melakukan hal tersebut anda akan melepaskan bagian nomor halaman pertama dari bagian dokumen awal ,sehingga memungkinkan anda untuk menambahkan  header yang and aigninkan pada bagian yang anda gunakan.

Jika anda sudah memberi halaman pada Microsoft Word untuk dapat memberi daftar isi pada dokumen anda, anda dapat mencoba cara membuat daftar isi pada Microsoft Word. Itu tadi pembahasan mengenai  cara memberi halaman pada Microsoft Word. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel