Cara Membuat Garis Kop Surat di Word 2010

Cara membuat garis dibawah kop surat microsoft word 2010. Microsoft Word adalah salah satu perangkat lunak yang telah banyak digunakan oleh pengguna komputer di dunia dalam kehidupan sehari-hari. Perangkat lunak ini memiliki fungsi utama sebagai perangkat lunak pengolah dokumen dalam kegiatan sehari-hari dan dalam kegiatan lainnya. Microsoft Word adalah bagian dari paket perangkat lunak Microsoft Office yang dikembangkan berdampingan dengan perkembangan sejarah Microsoft Windows.

Di dunia komputer, Microsoft Word dikenal sebagai perangkat lunak / pengolah kata (Word Processor) yang merupakan salah satu produk unggulan Microsoft Windows. Perangkat lunak ini pertama kali dirilis pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool untuk Xenix. Keberadaan Microsoft Word adalah bagian dari Microsoft Office termasuk bagian dari kelebihan dan kekurangan Microsoft Windows.
Cara Membuat Garis Kop Surat di Word 2010

Versi lain dari Microsoft Word kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi seperti DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS / 2, dan Microsoft Windows. Setelah dirilis di Microsoft Windows, Microsoft Word menjadi bagian penting dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 dan diberi nama Microsoft Office Word.

Sebelum kita melanjutkan proses membahas cara membuat kop surat di Word. Kami menyarankan Anda menginstal Microsoft Office di komputer atau laptop Anda. Jika perangkat lunak belum diinstal, Anda dapat mencoba cara menginstal Microsoft Office untuk menginstal perangkat lunak pada komputer atau laptop Anda.

Garis Kop Surat di Word

Proses pembuatan surat adalah salah satu fungsi yang dapat dilakukan oleh Microsoft Word. Dalam membuat kop surat, kop surat adalah elemen penting yang merupakan simbol atau identitas identitas organisasi (lembaga atau lembaga). Jika Anda menjalankan bisnis, maka kop surat yang baik adalah sesuatu yang harus Anda miliki. Tentu saja dengan memiliki kop surat yang baik Anda dapat membuat perusahaan atau organisasi Anda terlihat lebih profesional ketika berhadapan dengan klien Anda atau organisasi tertentu. Anda dapat menggunakan Microsoft Word untuk dengan mudah membuat kop surat perusahaan Anda.

Dalam kehidupan sehari-hari, kop surat yang beredar umumnya memiliki garis pemisah sebagai bagian utama kop surat. Meskipun tidak semua sertifikat resmi memiliki garis kop surat, tetapi umumnya surat yang diterbitkan, terutama di Indonesia, memiliki garis pemisah sebagai bagian dari kop surat. Garis batas yang dimaksud memiliki bentuk bervariasi mulai dari garis lurus tipis, garis lurus yang berbeda, hingga garis tebal dengan variasi yang berbeda.

Proses pembuatan surat kop surat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Namun demikian, ada dua cara umum dalam proses membuat kop surat di Microsoft Word. Dalam pembahasan nanti kita akan membahas cara membuat garis di Microsoft Word yang dapat digunakan sebagai kop surat di Word.

Kop surat berada di bagian atas lembar dokumen dan dibatasi oleh garis yang merupakan bagian dari isi surat itu. Untuk membuat garis di Kop, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Beberapa di antaranya akan kita bahas dalam pembahasan di bawah ini.

Karena terkadang penggunaan file PDF juga tidak bisa dilepaskan dari Microsoft Word Anda juga bisa menggunakan cara memindahkan file PDF ke word jika kop surat Anda ada, terletak di file PDF.

Cara Membuat Garis Kop Surat di Word

Surat menyurat resmi tentunya akan memiliki bagian kop surat atau kepala surat sebagai elemen esensial dalam surat tersebut. Kop surat memiliki bagian logo, nama organisasi (perusahaan, instansi atau lembaga), alamat sekretariat atau kantor, nomor telepon, alamat email, serta elemen lainnya yang dianggap penting sebagai identitas organisasi tersebut. Dalam pembahasan berikutnya kita akan membahas dua cara dalam membuat garis kop surat di Microsoft Word. Berikut merupakan cara membuat garis kop surat di Word.

Menggunakan Fitur Shape Line

Cara pertama yang akan dibahas adalah membuat garis kop surat di Word menggunakan fitur shape Line. Langkah pertama akan menggunakan fitur shape line yang merupakan salah satu fitur yang tersedia di Microsoft Word. Untuk melakukan hal tersebut anda bisa mengikuti langkah – langkah berikut.


  1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuka dokumen surat yang hendak anda kelola.
  2. Jika sudah terbuka, klik menu Insert yang ada pada bagian atas Jendela Microsoft Word.
  3. Dari sana pilih pilihan Grup Illustration, klik tombol shapes
  4. Nantinya akan muncul kotak dialog baru, pada kotak dialog yang tersebut silahkan klik tombol garis (Line)
  5. Setelah itu buat garis kop surat dibagian atas dokumen yang anda kelola, untuk melakukannya tekan tombol shift lalu buat garis pada kop surat. Tombol shift yang ditekan akan memastikan bahwa garis yang anda buat memiliki posisi yang tegak lurus dengan dokumen surat anda.
  6. Buat garis panjang dokumen sesuai yang anda inginkan.
  7. Jika sudah selesai nantinya anda bisa juga mengatur warna, ketebalan garis, ataupun menambahkan model garis yang anda gunakan pada dokumen anda.
  8. Menggunakan Fitur Border Paragraph


Cara lainnya yang dapat digunakan untuk membuat gari Kop surat adalah dengan menggunakan fitur Border Paragraph. Untuk membuat garis kop surat dengan menggunakan fitur ini ikuti langkah-langkah berikut.


  1. Sama seperti langkah sebelumya pastikan untuk membuka dokumen surat yang ingin anda kelola.
  2. JIka jika sudah pergi ke bagian atas dari Microsoft Word dan cari menu Paragraph.
  3. Dari sana klik tombol Bottom Border untuk membuat sebuah garis lurus.
  4. Sebuah garis akan ditambahkan dibawah garis letak kursor teks yang anda taruh sebelumnya.
  5. Jika sudah terpasang, anda bisa memilih ukuran dan juga tebal dari garis yang anda miliki, klik more pada tombol border jika anda ingin menyesuaikan garris tersebut.
  6. Kemudian dari sana nanti akan muncul pop up menu yang baru ditambpilkan , kemudian klik Border dan Shading.
  7. Pada menu yang baru ini silahkan pilih ukuran garis dan juga jenis garis yang anda inginkan.


Kedua cara di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing. Jika Anda menggunakan metode dengan fitur Shape Line, maka Anda dapat menyesuaikan panjang dan lebar garis yang Anda inginkan dengan mudah. Sementara itu, jika Anda menggunakan fitur Paragraf Perbatasan, maka garis surat yang Anda buat akan secara otomatis berukuran sesuai dengan margin yang Anda miliki pada paragraf dokumen yang Anda miliki.

Itu adalah diskusi tentang cara membuat kop surat di Word. Semoga diskusi ini akan membantu Anda. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel