Cara Membuka File Excel Yang Terkunci Password Tanpa Software

Microsoft Excel adalah program perangkat lunak pengolah spreadsheet yang didistribusikan dan dikembangkan oleh perusahaan Microsoft. Perangkat lunak Microsoft Excel dapat dijalankan pada sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Microsoft Excel juga tersedia untuk versi iOS dan Android. Perkembangan Microsoft Excel tidak dapat dipisahkan dari sejarah Microsoft Windows.

Perangkat lunak Microsoft Excel saat ini adalah program spreadsheet atau spreadsheet yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia pada platform PC berbasis Windows dan Mac OS berdasarkan platform Macintosh sejak versi 5.0 dari perangkat lunak ini dirilis pertama kali pada tahun 1993. Microsoft Software Excel adalah bagian dari paket perangkat lunak Microsoft Office System dan versi terbaru dari aplikasi Microsoft Excel adalah Microsoft Office Excel 2016 yang terintegrasi dalam paket Microsoft Office 2016.

Penggunaan Microsoft Excel cukup beragam tetapi yang paling umum digunakan Microsoft Excel adalah fitur perhitungan yang digunakan untuk memproses data yang dimasukkan dalam aplikasi ini. Untuk pemrosesan data umum biasanya dapat digunakan dengan menggunakan rumus excel lengkap yang sudah tersedia dalam aplikasi ini.
Cara Membuka File Excel Yang Terkunci Password Tanpa Software

Program Microsoft Excel banyak digunakan dalam pekerjaan sehari-hari di berbagai bidang. Penggunaan Microsoft juga terkadang untuk sejumlah kecil pengguna di samping PDF. Jika Anda ingin mengonversi PDF ke Excel, maka Anda dapat mencoba cara mengonversi PDF ke excel untuk membantu Anda mengelola dokumen.

Password di Microsoft Excel

Untuk mengamankan file Microsoft Excel agar tidak dibuka oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Biasanya file yang dikelola dari Microsoft Excel akan ditambahkan proteksi kata sandi dalam file. Jika file Microsoft Excel yang dikelola memiliki pelindung kata sandi, orang yang tidak memiliki kata sandi atau tidak tahu kata sandi tidak akan dapat membuka dan membuat perubahan pada konten file Excel.

File Excel dapat dilindungi kata sandi dalam berbagai cara. Jika file memiliki kata sandi, untuk dapat membukanya maka Anda memerlukan program pemulihan yang dapat memecahkan kata sandi pada file. Jika file Excel hanya memiliki sheet atau struktur tertentu yang memiliki kata sandi dan tidak semua dokumen sehingga Anda tidak dapat melakukan perubahan proses maka Anda hanya perlu melakukan sedikit perubahan pada file dan menghapus perlindungan kata sandi pada file tersebut.

Tentu saja jika Anda lupa atau tidak tahu kata sandi file Excel yang terkunci, Anda juga tidak akan bisa membuka dan melakukan perubahan dari isi file tersebut. Pada pembahasan berikutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara membuka kata sandi Excel jika Anda tidak tahu isi kata sandi.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara membuka kata sandi di Microsoft Excel. Juga pastikan bahwa Anda telah menginstal Microsoft Excel di komputer atau laptop Anda jika Anda ingin membuka file. Untuk dapat menginstal perangkat lunak Excel pada sistem operasi yang Anda gunakan, Anda dapat mencoba untuk mengikuti cara menginstal Microsoft Office.

Cara Membuka Password Excel

Jika Anda telah menginstal perangkat lunak Microsoft Excel pada sistem operasi yang Anda gunakan. Selanjutnya kita akan membahas cara membuka kata sandi di Excel. Dalam proses yang akan kita bahas nanti kita akan menggunakan program pemulihan yang dapat digunakan untuk membuka kata sandi di Excel dengan cara Brute Force.

Cara membuka kata sandi yang akan dibahas nanti akan menggunakan metode brute force yang metode ini akan mencoba kombinasi kata sandi yang dapat digunakan hingga kata sandi yang tepat dapat ditemukan. Jika kata sandi adalah kata sandi yang memiliki karakter kompleks dan file yang digunakan adalah file Excel 2007 atau versi terbaru, maka proses penyelesaian kata sandi ini akan memakan waktu lebih lama mulai dari mingguan hingga bulanan tergantung pada tingkat kesulitan kata sandi.

Selain itu, kinerja komputer yang digunakan untuk memecahkan kata sandi akan mempengaruhi kecepatan dalam proses pemecahan kata sandi. Jika Anda memiliki kartu grafis yang terpasang di komputer Anda, maka ini akan membantu proses perangkat lunak komputer Anda. Beginilah cara membuka kata sandi di Excel.


  1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mendownload sebuah software pemecah password/ password recovery untuk program Microsoft Excel. Beberapa software tersebut adalah Free Word & Excel Password Recovery, Accent Excel Password Recovery, Rixler Excel Password Recovery Master, Excel Key. Untuk dapat mendownloadnya anda dapat mengunjungi situs resminya.
  2. Jika anda sudah mendownload salah satu software pemecah kata sandi jangan lupa untuk menginstallnya pada komputer atau laptop anda.
  3. Buka aplikasi pemecah kata sandi anda dan muat file Excel yang memiliki kata sandi ke dalam software pemecah kata sandi tersebut. Biasanya jika sudah dimuat, program tersebut akan secara otomatis mendeteksi apakah file yang digunakan memiliki kata sandi dan menampilkan jenis enkripsi yang digunakan.
  4. Jalankan proses pemecahan kata sandi pada aplikasi anda. Jika file tersebut telah dimuat anda dapat menjalankan proses pemecahan kata sandi pada aplikasi tersebut. Beberapa program biasanya akan  memberikan pilihan terhadap jenis pemecahan kata sandi yang ingin anda gunakan. 
  5. Jika anda tidak tahu harus memilih jenis pemecahan yang paling sesuai dengan situasi yang anda hadapi, silahkan gunakan pilihan default yang telah disediakan.
  6. Tunggu hingga software tadi menyelesaikan proses pemecahan kata sandi pada komputer anda. Tergantung dari kekuatan kata sandi dan performa komputer anda, proses kecepatan pemecahan kata sandi akan bervariasi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, biasanya proses ini akan memakan waktu paling cepat dari beberapa menit hingga beberapa bulan. Waktu pemecahan kata sandi tersebut akan ditampilkan di layar software tersebut.


Harap dicatat sebenarnya file excel tidak hanya dapat dibuka di perangkat lunak Microsoft Excel. Salah satu perangkat lunak freeware yang dapat membuka file Excel adalah Open Office atau Libre Office. Perangkat lunak ini adalah paket perangkat lunak yang mirip dengan Microsoft Office yang baru saja membuat open source dan freeware. Oleh karena itu untuk menggunakan Open Office Anda tidak perlu lagi membeli lisensi khusus untuk dapat menggunakannya berbeda dari Microsoft Office. Namun, kelebihan dan kekurangan Open Office masih belum dapat membuat banyak orang beralih dari Microsoft Office sebagai perangkat lunak utama yang digunakan.

Itu adalah diskusi tentang cara membuka kata sandi excel. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.

0 Response to "Cara Membuka File Excel Yang Terkunci Password Tanpa Software"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel