Cara Membuka Password Excel yang Lupa / File excel yang diproteksi

Cara Membuka Password Excel yang Lupa / File excel yang diproteksi
Cara Membuka Password Excel yang Lupa / File excel yang diproteksi
Cara membuka file excel yang dipassword. Microsoft Excel adalah perangkat lunak pengolah spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Windows dan macOS. Program ini juga tersedia untuk versi Android dan iOS. Microsoft Excel memiliki kemampuan untuk melakukan proses perhitungan, pemrosesan data dan juga manajemen data. Perangkat lunak ini adalah perangkat lunak pekerja spreadsheet yang telah digunakan secara luas oleh banyak orang dan saat ini merupakan standar industri untuk perangkat lunak spreadsheet sejak versi ke-5 dari Excel pertama kali dirilis pada tahun 1993 menggantikan perangkat lunak meja kerja standar industri pra-pemrosesan Lotus 1- 2- 3

Microsoft Excel adalah bagian dari paket perangkat lunak Microsoft Office karena itu banyak menggunakan Microsoft Excel bersama perangkat lunak seperti Microsoft Word atau Microsoft PowerPoint. Perkembangan Microsoft Excel mengikuti perkembangan sejarah Microsoft Windows.

Pekerjaan yang paling umum dilakukan dalam penggunaan Microsoft Excel adalah proses menghitung lembar kerja dokumen yang akan memerlukan berbagai rumus. Microsoft Excel dikenal karena kemudahannya dalam membantu proses perhitungan dalam memproses berbagai data - data. Berkat formula Excel lengkap yang dimiliki oleh perangkat lunak ini, maka pemrosesan data yang dilakukan oleh seseorang menggunakan Microsoft Excel akan lebih mudah dilakukan.
Cara Membuka Password Excel yang Lupa / File excel yang diproteksi

Salah satu keunggulan utama yang dimiliki oleh Microsoft Excel adalah fungsi utamanya yang memungkinkan pengguna untuk mengelola sejumlah besar data secara berurutan, dalam bentuk tabel atau berbagai bentuk lainnya. Tentu saja dengan data yang lebih terorganisir, pengguna akan lebih mudah untuk menganalisis dan mengelola data - data yang telah dimasukkan, terutama jika Anda ingin membuat tabel atau kurva dalam bentuk grafik atau dalam bentuk data visual lainnya.

Pekerjaan pengolahan data di lembar kerja Excel juga kadang-kadang dihadapkan dengan penggunaan file PDF. File PDF atau Portable Document Format adalah jenis file yang sering ditemui ketika seseorang bertukar file dokumen melalui media internet. Jika Anda ingin mengelola data yang diambil dari file ini, Anda harus terlebih dahulu mengonversinya ke format Excel sehingga Anda dapat mengelola data di dalamnya. Untuk melakukan ini, Anda dapat mencoba cara mengonversi PDF ke Excel.

Kata sandi dalam Microsoft Excel

Jika Anda ingin melindungi data dalam file Excel yang Anda kelola dalam buku kerja atau lembar kerja Anda dapat melindunginya dengan memasangkan kata sandi pada file. Dengan melakukan itu, Excel akan secara otomatis meminta kata sandi atau kata sandi kepada siapa saja yang ingin membuka buku kerja yang telah Anda pasangkan kata sandinya. Dengan begitu Anda akan mengurangi risiko file penting Anda diakses oleh orang - orang yang tidak bertanggung jawab.

Banyak orang menginstal kode keamanan atau kata sandi dalam dokumen Excel mereka yang dianggap dokumen penting. Tetapi bagi sebagian orang itu mungkin menjadi faktor penghambat pekerjaan mereka. Oleh karena itu beberapa orang memilih untuk menghapus kata sandi sehingga mereka dapat bekerja tanpa perlu menghadapi kata sandi yang telah dipasang sebelumnya. Dalam diskusi selanjutnya kita akan membahas cara menghapus kata sandi Excel.

Cara Menghilangkan Password Excel


Sebelum kita membahas mengenai cara menghilangkan password di Excel sebaiknya pastikan bahwa anda telah menginstall Microsoft Excel pada sistem operasi yang anda gunakan. Jika anda tidak tahu cara cara memasang Microsoft Excel pada sistem Operasi yang anda gunakan, anda bisa mencoba cara install Microsoft Office. Berikut merupakan langkah – langkah yang dapat anda ikuti untuk menghilangkan password Excel.

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah menjalankan aplikasi Excel dari komputer atau laptop yang sudah memiliki program Microsoft Excel. Jika anda menggunakan sistem operasi Windows, anda bisa menjalankannya melalui Desktop atau menu Start di Komputer anda.


  1. Ketika Aplikasi Excel telah dijalankan, pilih menu File dan dilanjutkan dengan pilihan Open untuk membuka file yang ingin anda hilangkan passwordnya. Cari folder yang memiliki file Excel yang ingin anda hilangkan kata sandinya
  2. Jika anda sudah menemukannya buka file tersebut untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya
  3. Nantinya anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi atau password dari file Excel tersebut. Pastikan anda memasukkan kata sandi yang benar.
  4. Jika sudah terbuka pergi ke bagian File di menu Excel, dan pilih menu Save As.
  5. Pada kotak dialog Save As yang terbuka tadi buka menu Tools dan pilih General Options.
  6. Pada kotak dialog General Options pilih menu Password to Open, dan tekan Delete.
  7. Untuk mengkonfirmasi proses sebelumnya tekan OK untuk menutup kotak dialog tadi.
  8. Tekan tombol menu Save untuk menyimpan perubahan yang anda buat.
  9. Jika anda ingin menghilangkan file lama yang memiliki kata sandi pastikan bahwa anda anda memilih pilihan mengganti file Excel yang sebelumnya.
  10. Setelah tersimpan file Excel tersebut tidak akan lagi memiliki kata sandi atau password.


Jika anda menggunakan Microsoft Office Excel 2007. Cara untuk menghilangkan password pada file anda akan sedikit berbeda. Berikut merupakan cara untuk menghilangkan password Excel yang ada pada Microsoft Excel 2007.


  1. Jalankan program Microsoft Excel pada sistem operasi yang anda gunakan.
  2. Klik Open seperti pada penjelasan sebelumnya kemudian cari file yang ingin anda hilangkan kata sandinya.
  3. Buka file tersebut, ketika anda diminta untuk memasukkan kata sandi, masukkan kata sandi yang benar agar anda bisa mengakses file tersebut.
  4. Ketika sudah terbuka pilih menu Microsoft Office pada bagian pojok kiri atas.
  5. Dari sana pergi ke bagian prepare.
  6. Kemudian pilih Encrypt Document.
  7. Selanjutnya pilih menu kotak dialog Encrypt Document yang terbuka.
  8. Lalu pada bagian tersebut pilih menu Delete
  9. Untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya jangan lupa tekan OK.
  10. Tekan Save untuk menyimpan file Microsoft Excel yang telah dihilangkan kata sandinya.
  11. Jika anda ingin menghilangkan file Excel lama yang memiliki kata sandi silahkan konfirmasi pada pilihan kotak dialog yang muncul ketika anda menekan tombol Save.

Salah satu perangkat lunak yang merupakan alternatif untuk Microsoft Office Excel adalah Open Office. Open Office tersedia secara gratis dan memiliki hampir semua fitur yang dimiliki oleh Microsoft Excel. Namun, kelebihan dan kekurangan Open Office masih belum bisa membuat banyak orang beralih dari penggunaan Microsoft Office. Itu sebabnya hingga saat ini masih banyak yang menggunakan perangkat lunak Microsoft Office dalam pekerjaan sehari-hari sebagian besar pengguna komputer.

Itu adalah diskusi tentang cara menghapus kata sandi Excel. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.