Cara Memotong Video Dan Lagu Di Movie Maker Secara Cepat

Cara Memotong Video Dan Lagu Di Movie Maker Secara Cepat
Cara Memotong Video Dan Lagu Di Movie Maker Secara Cepat
Memotong lagu atau track audio di komputer Anda sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah menggunakan perangkat lunak bawaan yang disediakan oleh Windows yaitu Windows Movie Maker. Selain membantu dengan pengeditan Video, Windows Movie Maker juga dapat digunakan untuk menggabungkan dan merakit file trek audio. Cara ini dapat Anda lakukan jika Anda tidak memiliki akses ke cara memotong lagu secara online. Potong lagu MP3 yang biasa digunakan untuk membuat Nada Dering di ponsel. Ini dapat dilakukan jika file musik yang ingin Anda gunakan terlalu panjang atau Anda hanya ingin mengambil bagian tertentu dari trek audio favorit Anda.

Langkah-langkah dalam memotong lagu di Pembuat Film secara keseluruhan sangat sederhana, dan mudah dilakukan. Anda dapat mencobanya di komputer atau menggunakan laptop yang Anda miliki. Windows Movie Maker adalah program asli penyuntingan asli Microsoft Windows, jadi penggunaannya cukup ringan dan dapat digunakan pada PC / Laptop yang memiliki spesifikasi rendah.
Cara Memotong Video Dan Lagu Di Movie Maker Secara Cepat

Jika laptop atau komputer Anda telah menyediakan Windows Movie Maker secara default, ini akan menjadi perangkat lunak gratis untuk mengedit video di komputer Anda.

Memotong Lagu Menggunakan Windows Movie Maker

Windows Movie Maker adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengedit, memotong, video atau file audio. Sebagai salah satu aplikasi yang telah digunakan oleh banyak orang, Windows Movie Maker adalah salah satu jenis perangkat lunak pengedit video yang tersedia saat ini.

Sebelumnya Windows Movie Maker adalah perangkat lunak yang disediakan secara langsung dan merupakan bagian dari Windows XP, Windows Vista dan Windows 7. Windows Movie Maker dirancang agar mudah digunakan untuk Anda tanpa perlu memiliki pengalaman yang tinggi dalam proses penyuntingan video. Program ini mencakup fitur seperti panel kerja yang dapat membantu Anda menyelesaikan proses pengeditan video selangkah demi selangkah dalam proses penyuntingan video.

Windows Movie Maker awalnya disebut sebagai Windows Live Movie Maker di Windows 7 adalah perangkat lunak bawaan dari Windows yang menawarkan kemampuan untuk membuat dan mengedit video saat mempublikasikannya di OneDrive, Facebook atau media sosial lainnya. Video yang diproses melalui Windows Movie Maker dapat lebih disesuaikan dengan menambahkan judul, transisi, dan efek video. Setelah diberhentikan pada 10 Januari 2017, dan digantikan oleh Windows Story Remix pada akhir tahun 2017.

Saat ini Microsoft telah menolak dukungan untuk penggunaan Windows Movie Maker. Aplikasi Windows Movie Maker akan tetap berfungsi dan masih dapat digunakan oleh orang-orang yang ingin menggunakannya tetapi tidak akan ada pembaruan lagi atau versi terbaru Windows Movie Maker yang dikeluarkan oleh Microsoft.

Karena tidak ada lagi dukungan dari Microsoft. Anda harus memperhatikan di mana Anda mengunduh aplikasi ini. Perlu dicatat bahwa saat ini ada banyak perangkat lunak "tidak resmi" dari Windows Movie Maker yang disediakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Mereka biasanya menawarkan unduhan Windows Movie Maker yang tampak cukup normal tetapi tanpa disadari oleh orang-orang di dalamnya telah diselipkan dalam kode malware tersembunyi yang dapat membahayakan pengguna. Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan di mana ada untuk mengunduh aplikasi Windows Movie Maker sehingga Anda tidak mengalami kerugian di masa depan.

Cara memotong Lagu Menggunakan Windows Movie Maker.

Untuk mengedit lagu menggunakan Windows Movie Maker tidaklah sesulit cara edit video dengan Movie Maker. Oleh karena itu meskipun anda masih awam, anda seharusnya tidak akan mengalami kesulitan dalam melaksanakan langkah – langkahnya. Berikut merupakan tutorial sederhana tentang bagaimana cara memotong lagu di Movie Maker.


  1. Siapkan lagu atau track audio yang akan dipotong.
  2. Buka program Windows Movie Maker.
  3. Pada bagian awal setelah jendela Windows Movie Maker terbuka klik bagian menu Audio or Music pada menu Import.
  4. Selanjutnya silahkan pilih file musik MP3 yang ingin dipotong, kemudian klik Open.
  5. Setelah file MP3 yang anda pilih telah muncul pada aplikasi tersebut, silahkan geser dan masukkan track audio MP3 tersebut ke dalam kotak Timeline.
  6. Setelah anda menggeser track audio tersebut ke kotak timeline, maka tampilannya akan menunjukkan menu yang baru.
  7. Pada menu tersebut klik tombol play untuk mendengarkan dan mencari tahu bagian mana yang ingin anda potong.
  8. Pada langkah selanjutnya, coba perhatikan file audio yang telah anda masukkan. Untuk memotong lagu letakkan kursor di tempat dimana bagian yang hendak anda ingin potong, kemudian dari sana geser ke kanan pada menit ke berapa yang ingin anda jadikan awal dari track audio MP3 yang anda inginkan. 
  9. Dari sana kemudian scroll pada bagian akhir lagu, nanti disana akan ada panah yang dapat digeser. Panah ini merupakan bagian akhir dari lagu anda. Geser ke kiri hingga mencapai bagian akhir dari track yang anda inginkan.
  10. Langkah selanjutnya adalah menggeser semua file lagu hasil pemotongan yang telah anda potong tadi. Ke menit awal pada box timeline.
  11. Jika anda merasa ingin berhenti atau ingin meneruskan proses pengeditan di lain waktu, anda tinggal pilih “File” lalu pilih “Save Project”. Dengan begitu anda bisa meneruskan proses pengeditan di lain waktu sesuai keinginan anda.
  12. Setelah selesai, nanti klik Publish to This Computer untuk menyimpan file di komputer.
  13. Langkah terakhir selanjutnya adalah memilih kualitas lagu atau track MP3 sesuai dengan spesfikasi yang dimiliki oleh komputer anda. Untuk melakukan hal tersebut anda bisa menggunakan fitur klik “Best Quality for Playback on My Computer (Recommended)”.
  14. Lalu publish dan simpan pada komputer anda. Anda dapat memberi nama file MP3 yaang telah anda proses sebelumnya, kemudian klik Next lalu klik Publish.
  15. Setelah itu tunggu hingga prosesnya sampai selesai, klik finnish untuk mengakhirinya. Dan lihat hasilnya pada Windows Explorer.

Memotong lagu MP3 menggunakan Windows Movie Maker sudah selesai, file default dari hasil pemotongan tadi akan memiliki format WMA yang merupakan format dari file Windows Media Audio. Apabila ingin memperkaya lagu anda, anda juga dapat menggunakan aplikasi piano untuk laptop untuk memperkaya track audio anda

jika Anda ingin mengubahnya menjadi format MP3 Anda dapat menggunakan file audio converter yang dapat Anda temukan melalui internet. Begitulah diskusi cara memotong lagu di Movie Maker. Semoga informasi dan diskusi ini dapat membantu Anda. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.