Cara Memotong Video Menggunakan Aplikasi Vivavideo Dan Keunggulannya

Dulu kegiatan penyuntingan video hanya bisa dilakukan pada perangkat komputer, mengingat pada waktu itu kegiatan editing video termasuk salah satu tugas yang cukup berat. Namun seiring dengan perkembangan teknologi itu tidak relevan dengan perkembangan teknologi saat ini.

Jika digunakan untuk membuat proses editing video mudah digunakan hanya dapat dilakukan dengan cara mengedit video dengan pembuat film. Saat ini tersedia alternatif lain yang dapat mempermudah Anda untuk mengedit video. Dengan spesifikasi yang lebih baik yang dimiliki oleh perangkat smartphone secara keseluruhan, pengeditan video dapat dilakukan dengan lancar melalui HP smartphone Anda.

Dalam memotong video menggunakan android, kita dapat mempersingkat durasi video asli menjadi seperti yang kita inginkan. Salah satu dari banyak aplikasi pengeditan video yang tersedia di platform smartphone adalah Viva Video. Aplikasi ini cukup populer dalam melakukan proses editing video di smartphone.
Cara Memotong Video Menggunakan Aplikasi Vivavideo Dan Keunggulannya

Aplikasi Viva Video lainnya dapat dibuat untuk memotong video juga dapat digunakan untuk membuat dan menerapkan efek menarik pada video Anda. Video Viva dapat digunakan untuk memotong video dengan berbagai jenis format. Sebagai salah satu aplikasi edit video yang telah banyak digunakan untuk dicatat juga bahwa aplikasi ini juga merupakan salah satu perangkat lunak gratis untuk mengedit video.

Dalam diskusi ini saya akan membagikan cara memotong video di Vivavideo. Sebelum kita melanjutkan ke diskusi, beri tahu kami lebih lanjut tentang apa itu Viva Video.

Apa itu Viva Video Editor?

Aplikasi ini adalah aplikasi editor video yang memiliki kemampuan untuk membuat video dengan fitur seperti pembuatan storyboard, gerakan lambat dan video yang berisi slide foto. Dibuat dan dikembangkan oleh QuVideo Inc. VivaVideo sangat mudah digunakan terutama jika Anda masih dalam proses pembuatan video atau proses editing video secara keseluruhan.

Selain fitur yang memungkinkan Anda menambahkan beberapa efek pada video yang sedang diedit. Anda juga dapat menambahkan teks atau stiker ke video. Hingga kini aplikasi Vivavideo telah dipasang lebih dari 100 juta kali oleh pengguna android dan smartphone secara keseluruhan.

Dengan peringkat yang sudah mencapai 4,5 poin di platform PlayStore. Aplikasi ini adalah aplikasi yang banyak digunakan dan disukai oleh banyak orang. Jika Anda belum memiliki aplikasi ini, Anda dapat mengunduh dan menginstalnya melalui platform PlayStore. Berikut langkah-langkahnya - langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengunduh aplikasi Viva Video ke smartphone Anda.


  1. Masuk ke dalam aplikasi Google Playstore yang ada pada HP anda,
  2. Dari sana cari aplikasi Viva Video (VivaVideo: Free Video Editor yang dikembangkan oleh QuVideo Inc.)
  3. Tekan tombol “Install”,
  4. Lalu tunggu hingga proses instalasi selesai dilakukan pada smartphone anda.
Cara Memotong Video di Android Dengan Viva Video Editor.


Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang aplikasi ini. Viva Video tersedia dalam versi gratis dan pro. Versi pro sendiri adalah versi aplikasi yang mengharuskan Anda membayarnya. Versi pro dilengkapi dengan fitur-fitur menarik yang tidak tersedia dalam versi gratis.

Untuk versi gratis Anda benar-benar dapat menggunakan fitur penting dari Viva Video dengan maksimal. Namun tentu saja dalam fitur pro akan tersedia lebih banyak efek dan fitur lain yang membuat video Anda lebih baik. Jika Anda menggunakan versi VivaVideo gratis, Anda harus menyadari tanda air "VivaVideo" yang akan muncul di setiap video yang Anda hasilkan melalui aplikasi ini. Anda tidak akan dapat menghapus tanda air "VivaVideo" kecuali Anda menggunakan VivaVideo Pro.

Berikut langkah-langkahnya yang bisa Anda lakukan utk memotong video di android menggunakan Viva Video.

  1. Buka aplikasi Viva Video lalu pilih menu edit.
  2. Dari sana pilih video yang ingin dipotong dari galeri anda.
  3. Nantinya video akan muncul dalam timeline pada jendela aplikasi anda.
  4. Selanjutnya anda bisa menggeser durasi yang anda inginkan untuk menentukan bagian yang dipotong.
  5. Setelah anda yakin hasil potongan anda, kemudian tekan Cut (Icon Gunting) untuk menyelesaikan pemotongan yang anda inginkan. 
  6. Lalu tekan add untuk menambahkannya dan klik done.
  7. Tunggu hingga video anda dibuka dalam mode jendela selanjutnya.
  8. Pada bagian jendela ini anda dapat melakukan penambahan efek video pada video yang telah anda buat. Selain hal tersebut anda juga dapat menambahkan musik tertentu apabila anda menginginkannya.
  9. Jika anda tidak ingin melakukan hal tersebut anda dapat juga langsung menyimpan file video yang telah anda buat dengan menekan share lalu export to gallery.
  10. Nantinya akan ada dua pilihan resolusi hasil video yang dapat anda pilih yakni normal (480p) dan juga High (720p).
  11. Pilih mana kualitas video yang ingin anda gunakan, lalu tunggu proses exportnya berjalan hingga selesai.
  12. Untuk mendapatkan kualitas High (720p) harus melakukan login ke dalam akun yang telah anda miliki.
Viva Video Editor adalah aplikasi yang juga dapat digunakan berdampingan dengan aplikasi penulisan lagu di android jika Anda ingin menghasilkan video klik dengan konsep yang menarik. Jika Anda menggunakan android sebagai perangkat untuk mengedit video Anda tentu saja perlu memperhatikan kinerja android Anda. Karena tidak semua spesifikasi android atau smartphone termasuk dalam kategori tinggi.

Jika spesifikasi HP android atau smartphone yang Anda miliki memiliki spesifikasi rendah, Anda bisa mengatasinya dengan mengikuti cara mengatasi lemot android karena RAM kecil. Walaupun cara ini tidak bisa menyelesaikan masalah yang ada di HP android Anda sepenuhnya, namun setidaknya cara ini akan membantu kinerja android Anda.

Keunggulan VivaVideo

Saat ini di Playstore sendiri ada puluhan aplikasi pengeditan video di Playstore. Namun tidak semua bisa berfungsi untuk menyaingi kinerja yang dimiliki oleh VivaVideo. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Viva Video bila dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya.

  1. Pilihan terbaik untuk pembuatan storyboard. Bagi Anda yang belum tahu storyboard storyboard storyboard adalah video yang berisi dialog atau teks, sehingga terlihat seperti buku komik yang bergerak. Viva Video adalah aplikasi terbaik dalam melakukan hal ini karena dalam aplikasi ini disediakan banyak jenis kotak dialog dengan berbagai bentuk yang dapat ditempatkan dengan mudah dalam video yang sedang Anda edit.
  2. Cara mudah untuk beroperasi. Dengan antarmuka yang mudah digunakan, banyak orang telah dapat mengoperasikannya dengan mudah tanpa perlu mempelajari aplikasi ini lebih lanjut atau lebih dalam. Bahkan orang awam di dunia pengeditan foto dan video dapat menggunakan aplikasi ini.
  3. Tersedia secara gratis. Mungkin ini adalah fitur paling menarik dari Viva Video. Berkat ketersediaan gratisnya, banyak orang telah menggunakan aplikasi ini sebagai editor video di ponsel android mereka.

Itu adalah diskusi tentang cara memotong video di Vivavideo. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel