Cara Mempercepat HP Android Yang Lemot Dengan 13 Aplikasi Anti Lemot

Cara Mempercepat HP Android Yang Lemot Dengan 13 Aplikasi Anti Lemot
Cara Mempercepat HP Android Yang Lemot Dengan 13 Aplikasi Anti Lemot
Sebagai perangkat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, tentunya Anda membutuhkan kinerja smartphone Android perdana, bukan? Dengan smartphone Android utama, Anda dapat melakukan hampir semuanya dalam satu perangkat saja. Mulai dari berselancar di internet, berkomunikasi melalui media sosial, mengobrol dengan teman, mengirim pekerjaan e-mail, mendengarkan musik, hingga hanya menghitung perhitungan dengan aplikasi kalkulator.

Namun, jika smartphone Android Anda berjalan sangat lambat alias lambat, bisa dipastikan semua hal ini bisa terganggu. Apalagi jika perangkat Android Anda memiliki spesifikasi yang kurang. Biasanya penyebab perangkat Android yang lambat dapat disebabkan oleh adanya aplikasi yang secara diam-diam mengalirkan banyak memori pada smartphone, banyaknya file sampah yang tidak digunakan, hingga aplikasi yang memang membutuhkan banyak sumber daya memori.
Cara Mempercepat HP Android Yang Lemot Dengan 13 Aplikasi Anti Lemot

Salah satu cara agar HP Android tidak lambat adalah menginstal aplikasi yang dapat mengatasinya. Karena itu, pada kesempatan ini, kami akan mengulas beberapa aplikasi untuk Android yang tidak lambat. Semua aplikasi yang kami diskusikan di bawah ini bisa Anda dapatkan secara gratis di Google Plat Store. Jika Anda ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, beberapa aplikasi menawarkan aplikasi berbayar dengan fitur lengkap. Mari kita lihat aplikasinya:

1. DU Speed Booster

Aplikasi DU Speed ​​Booster sangat kuat untuk meningkatkan kecepatan ponsel Android Anda hingga lebih dari 60%. Tentu saja ini adalah cara mengatasi Android lambat karena RAM kecil. Ini karena aplikasi ini berfungsi untuk menghapus file sampah dan cache dengan satu sentuhan. Jadi buat tampilan smartphone Android Anda bekerja lebih ringan dari sebelumnya.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga berguna untuk mengelola aplikasi lain yang terinstal, antivirus dan penasihat privasi. Aplikasi ini telah banyak digunakan oleh banyak pengguna Android untuk mempercepat kinerja smartphone Android mereka. Berikut ini fitur-fitur dari DU Speed ​​Booster:


  • DU Security
  • Ini adalah fitur pemindaian antivirus yang dapat memindai aplikasi dengan cepat. Fitur ini bisa menjadi salah satu cara menghapus virus malware di Android Anda.
  • Pembersih Sampah
  • Fitur ini berfungsi untuk membersihkan smartphone Android Anda dari file sampah sampai ke cache. Bahkan,  sampai ke kartu SD yang tertanam di perangkat.
  • Booster Game
  • Fitur ini berguna untuk mendukung dan memperbaiki kecepatan pengalaman game, mengoptimalkan sumber daya sistem untuk memperlancar permainan game, dan meningkatkan kepuasan Anda ketika bermain game di smartphone Android Anda.
  • Akselerasi kecepatan
  • Fitur ini membuat semua aplikasi di smartphone Anda menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Cara menggunakanny adalah sebagai berikut: Pilih tombol “Optimalisasi”, atau gunakan widget untuk shortcut pembersih.
  • Dan masih banyak lagi fitur lainnya yang bisa Anda temukan di aplikasi ini.


2. Clean Master

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi Android yang harus dimiliki untuk pengguna ponsel cerdas. Fungsi Clean Master mampu membersihkan berbagai file sampah yang membuat smartphone Anda menjadi lambat. Jadi kinerja perangkat Android Anda akan lebih ringan dan mundur. Ini adalah fitur dari Clean Master:


  • Application Lock
  • Fitur ini sangat membantu Anda untuk mengamankan smartphone Android Anda dari tangan orang yang tidak dikenal atau orang yang mencoba membuka privasi smartphone Anda secara diam-diam. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menjaga data privasi Anda sesuai keinginan.
  • Duplicate Photo Remover
  • Fitur ini membantu Anda untuk mencari gambar atau foto di smartphone Android Anda yang mirip secara otomatis
  • Junk File Cleaning
  • Fungsi fitur ini adalah untuk menghapus cache dan berkas sampah untuk menambah ruang atau kapasitas dari penyimapanan internal ataupun eksternal, Fitur ini juga berguna untuk menambah kecepatan serta meningkatkan perfoma smartphone Anda.
  • CPU Cooler
  • Fungsi dari fitur ini adalah untuk mendinginkan perangkat smartphone Anda. Caranya dengan mencari aplikasi yang menyebabkan smartphone menjadi panas. Setelah ketemu, aplikasi tersebut menghentikan aplikasi penyebab panas. Sehingga fitur ini juga dapat menghemat baterai smartphone Anda.
3. Smart Booster
Aplikasi ini dirilis dengan fitur yang sangat berguna untuk menyegarkan RAM dengan menghentikan aplikasi yang tidak digunakan bahkan setelah mereka dinonaktifkan. Aplikasi ini juga dapat membersihkan cache besar karena proses unduhan atau riwayat browser Anda yang menumpuk. Anda juga dapat membersihkan Kartu SD Anda untuk menghapus file file yang tidak digunakan dengan aplikasi ini. Berikut ini adalah fitur dari aplikasi ini.


  • Menghapus aplikasi yang tidak berguna
  • Membersihkan berkas cache yang menumpuk
  • Membuang folder atau file yang tidak terpakai di penyimpanan internal dan eksternal
  • Aplikasinya ringan dan mudah untuk digunakan
4. CC Cleaner

Aplikasi ini sering kita dengar sebagai perangkat lunak PC atau laptop. Tapi sekarang CC Cleaner hadir dalam bentuk aplikasi Android. Seperti CC Cleaner di PC, aplikasi ini juga berguna untuk membersihkan sampah dari sistem Android Anda. CC Cleaner juga dilengkapi dengan fitur-fitur manajer aplikasi, CPU, RAM dan pengukur memori, serta baterai dan alat pengukur suhu.

5. Link2SD

Beberapa smartphone Android memiliki sedikit memori internal sehingga kinerja perangkat menjadi kurang optimal karena banyak aplikasi dipasang dan memenuhi memori internal. Untuk memperbaikinya, Anda memerlukan aplikasi Link2SD ini, karena berguna untuk memindahkan aplikasi yang sebelumnya dipasang di memori internal ke memori eksternal.

6. Grenify

Grenify adalah aplikasi yang sangat berguna untuk menghentikan beberapa aplikasi yang berjalan tanpa disadari sehingga dapat membebaskan ruang RAM yang ada. Seringkali kita tidak mengetahui berbagai aplikasi di perangkat Android yang telah kita jalani tanpa kita sadari. Ini bisa makan RAM dan membuat kinerja smartphone Android Anda berkurang drastis.

7. Super SU

Banyak aplikasi yang sebenarnya tidak diperlukan tetapi tidak dapat dihapus dari perangkat Android. Aplikasi ini sering disebut sebagai bloatware. Untuk menghapusnya, Anda harus terlebih dahulu melakukan root Android. Tetapi sebelum Anda melakukan root, Anda memerlukan aplikasi Super SU ini. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi paling berguna untuk melakukan root pada ponsel Android Anda. Fitur dalam aplikasi ini yang juga menarik adalah Anda dapat mengembalikan HP Anda yang sudah di-rooting ke kondisi semula.

8.Juice Defender

Aplikasi ini berguna untuk mengatur pengaturan layar koneksi, sehingga dapat lebih menghemat baterai Android Anda. Beberapa pengaturan dalam aplikasi ini dapat Anda pilih, seperti koneksi internet akan berhenti sendiri setelah daya baterai tinggi sedikit, dan pengaturan lainnya.

9. CPU Tuner

Aplikasi Android yang satu ini hampir mirip dengan Juice Defender. Namun, aplikasi ini hanya berfungsi pada pengaturan CPU, sinkronisasi penghemat baterai, koneksi data, dan pengaturan untuk meningkatkan kinerja

10. Booster and Power Saver

Aplikasi ini akan membebaskan ruang memori yang tersedia sehingga membuat Android Anda menjadi lebih hemat baterai dan juga terdapat fitur Power Saving Mode dan One-Tap Boost. Selain itu, terdapat juga fitur lainnya yaitu One-Tap Optimize, Clear Cache, dan Junk Clean.

11. Advanced Task Manager

Saat menjalankan aplikasi ini, Anda akan disuguhkan dengan daftar aplikasi yang sedang berjalan di perangkat Android Anda. Anda bisa melihat aplikasi apa saja yang menggunakan memori sistem dan membuat perangkat Android Anda lemot. Selanjutnya, Anda bisa menghentikan aplikasi tersebut untuk mempercepat kinerja perangkat Android Anda.

12. Booster for Android

Aplikasi ini bisa membebaskan raung memori di perangkat Android Anda sehingga Android Anda bsia lebih hemat baterai dan juga bekerja lebih gesit berkat fitur Battery Status, Power Saving Mode dan One Tap boost.

13. ROM Toolbox

Aplikasi ini memiliki fitur seperti meningkatkan cache dari penyimpanan internal maupun eksternal. Sehingga bisa mempercepat kinerja ponsel Android Anda.

Sekian artikel kami kali ini seputar aplikasi agar Android tidak lemot. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.