Cara Mengaktifkan Mouse pada Laptop Karena Touchpad Tidak Berfungsi

Cara Mengaktifkan Mouse pada Laptop Karena Touchpad Tidak Berfungsi
Cara Mengaktifkan Mouse pada Laptop Karena Touchpad Tidak Berfungsi
Suatu malam, Anda melakukan pekerjaan penting dengan laptop Anda. Itu bisa berupa laporan, esai, makalah, atau mungkin Anda melakukan aktivitas lain di laptop Anda. Tetapi ketika Anda sibuk dan fokus pada pekerjaan Anda, tiba-tiba touchpad laptop Anda tidak dapat berfungsi. Dan itu membuat Anda pasti menggunakan mouse sebagai alternatif alternatif.

Nah, Anda pasti tidak ingin mengalami kejadian seperti cerita di paragraf di atas? Tidak dapat dipungkiri, situasi dalam cerita bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Bisa jadi kejadian touchpad tidak terjadi saat Anda sibuk bekerja, atau bahkan ketika Anda santai menggunakan laptop. Mengingat fungsi vital touchpad pada laptop seperti fungsi vital mouse pada perangkat komputer, touchpad yang tidak berfungsi cukup mengganggu saat menggunakan laptop untuk kegiatan sehari-hari.
Cara Mengaktifkan Mouse pada Laptop Karena Touchpad Tidak Berfungsi

Daripada pusing untuk mencari tahu cara memperbaiki touchpad laptop yang tidak berfungsi saat dibutuhkan, lebih baik Anda menggunakan mouse terlebih dahulu sebagai alternatif touchpad di laptop Anda.

Bicara tentang mouse, Anda mungkin ingin tahu cara kerjanya dulu. Jadi, mouse dapat dipindahkan ke mana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil atau perubahan dalam penerimaan sinar laser yang terdapat di mouse. Nah, di dalam mouse ada controller, dimana controller dapat bergerak bebas dan mengontrol pergerakan pointer, satu horisontal dan satu vertikal.

Jika kita hanya memindahkan pengendali horizontal, maka penunjuk tetikus hanya akan bergerak secara horizontal pada layar monitor komputer. Begitu pula sebaliknya, jika penunjuk vertikal digerakkan, maka penunjuk hanya bergerak secara vertikal. Tetapi jika keduanya dipindahkan, maka gerakan pointer akan diagonal.

Biasanya, mouse hanya memiliki dua tombol, paling kiri dan tombol paling kanan. Efek penekanan tombol mouse atau yang dikenal sebagai "klik" tergantung pada objek yang diarahkan oleh pengguna. Komputer akan mengabaikan penekanan tombol jika penunjuk tidak mengenai area atau objek yang tidak penting.

Dalam penggunaan mouse, kita juga tahu istilah "Drag", yang artinya bergeser atau menarik. Jika Anda menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya saat Anda menggerakkan mouse, objek yang ditunjuk oleh ponter bergerak atau disalin ke objek lain. Selain itu, masih banyak fungsi drag yang disesuaikan dengan jenis perangkat lunak apa yang Anda jalankan.

Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang cara mengaktifkan mouse di laptop. Mouse yang dimaksud di sini juga mencakup berbagai mouse di pasaran, mulai dari mouse optik dan mouse nirkabel. Baiklah, berikut ini beberapa cara untuk mengaktifkan mouse optik atau mouse kabel di laptop Anda:


  1. Buka Start Menu pada Windows di komputer Anda. Poin ini berlaku untuk semua versi Windows, baik Windows XP, Vista, dan Windows 7.
  2. Pilih “Control Panel” pada Start Menu. Atau ketik “control panel” pada kolom pencarian pada Start Menu.
  3. Cara lain untuk semua versi Windows, termasuk Windows 8, 8.1, dan Windows 10, adalah tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk membuka jendela Run. Lalu ketik “control” atau “control panel” (tanpa tanda kutip) pada kolom pencarian. Lalu tekan Enter pada keyboard atau klik OK untuk membuka Control Panel.
  4. Pada jendela Control Panel, Anda akan melihat banyak menu dan ikon yang berkaitan dengan pengaturan Windows Anda. Untuk bisa mengaktifkan mouse dan touchpad laptop, klik pada tulisan “Hardware and Sound” jika tampilan Control Panel pada Windows Anda diurutkan berdasarkan kategori. Lalu pilih “Devices and Printers”
  5. Sedangkan, jika tampilan Control Panel Anda sudah diurutkan berdasarkan ikon (Large Icons atau Small Icons), Anda bisa langsung memilih “Devices and Printers”
  6. Pada jendela “Device and Printers”, Anda akan melihat beberapa perangkat yang terhubung pada laptop Anda. Sekarang, coba Anda hubungkan mouse Anda ke laptop Anda.
  7. Jika ada ikon mouse dan tulisan di bawah ikon tersebut adalah nama mouse Anda, maka hal itu menandakan mouse Anda telah tersambung dengan laptop Anda.
  8. Jika tidak muncul, coba Anda gerakkan koneksi pada port USB Anda sampai mouse Anda terdeteksi oleh laptop Anda.
  9. Setelah Anda menghubungkan mouse, tunggu hingga laptop Anda mengkonfirmasi mouse yang Anda sambungkan. Hal tersebut terlihat dari adanya tulisan “Your device is ready to use” pada sudut kanan bawah layar laptop Anda.
  10. Jika mouse optik Anda bermasalah, maka itu tandanya Anda harus mengetahui beberapa cara memperbaiki mouse yang ada di situs kami ini. Tenang, cara-caranya mudah kok.


Informasi di atas merupakan cara mengaktifkan mouse berkabel pada laptop Anda. Sekarang kami akan memberikan informasi seputar cara mengaktifkan mouse wireless pada laptop Anda. Berikut ini cara-caranya:


  1. Lakukan langkah nomor satu sampai nomor lima pada cara mengaktifkan mouse sebelumnya.
  2. Hubungkan receiver mouse wireless Anda ke port USB laptop.
  3. Jika mouse wireless Anda menggunakan switch, ubah posisi switch dari OFF menjadi ON.
  4. Sedangkan jika mouse wireless Anda menggunakan tombol, tekan tombol “Connect” pada receiver mouse wireless Anda. Tunggu hingga lampu indikator pada receiver tersebut selesai berkedip dan lampu menyala terus-menerus.
  5. Lalu tekan tombol “Connect” pada mouse wireless Anda. Tunggu hingga lampu indikator pada mouse tersebut selesai berkedip dan lampunya menyala terus menerus.
  6. Jika lampu indikator pada mouse wireless Anda sudah menyala terus menerus, maka artinya mouse wireless Anda sudah terhubung dengan laptop Anda.
  7. Untuk memastikan mouse Anda sudah terhubung dengan laptop, coba Anda gerak-gerakkan mouse wireless Anda. Jika kursor bergerak, maka artinya mouse wireless Anda sudah siap digunakan.

Nah, jika mouse nirkabel Anda ternyata tidak dapat digunakan juga, maka Anda harus tahu beberapa penyebab mouse nirkabel tidak berfungsi. Salah satunya mungkin karena baterai mouse nirkabel yang sudah kehabisan daya.

Setelah Anda menggunakan mouse sebagai mouse alternatif, sekarang saatnya bagi Anda untuk mengaktifkan kembali mouse touchpad Anda. Nah, berikut ini beberapa cara untuk mengaktifkan mouse touchpad di laptop Anda: