Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Sering Not Responding Tanpa Instal ulang

Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Sering Not Responding Tanpa Instal ulang
Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Sering Not Responding Tanpa Instal ulang
Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Sering Not Responding Tanpa Instal ulang. Laptop, siapa yang tidak tahu perangkat keras ini? Ya, perkembangan teknologi dan juga kebutuhan manusia akan komputer telah berhasil membuat komputer tipe PC menyusut dan juga mudah dibawa dalam bentuk laptop. Laptop kini banyak digunakan oleh banyak orang, dan bukan lagi barang mewah, mengingat kebutuhan manusia akan teknologi semakin besar.

Laptop kini lebih bervariasi mulai dari merek standar hingga merek premium, dengan harga dan juga spesifikasi "wow". Namun seiring berjalannya waktu, laptop terkadang mengalami masalah dalam bentuk lambat atau panjang dalam proses apa yang dilakukan oleh pengguna, sangat lambat dan terkadang membuat pengguna merasa terganggu dan juga frustasi karena laptop sedang lambat. Lalu bagaimana cara membuat laptop tidak lambat? Berikut beberapa cara agar laptop tidak lambat, yang terbagi menjadi dua fase, yaitu:
Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Sering Not Responding Tanpa Instal ulang


Fase pertama, Laptop berusia < 3 tahun

Laptop yang masih di bawah usia 3 tahun masih digolongkan sebagai laptop dengan seri terbaru, di mana fitur dan juga spesifikasi itu juga cenderung uptodate. Namun terkadang beberapa hal membuat laptop menjadi lambat, selain faktor bawaan bawaan pabrik. Berikut ini cara mengatasi laptop agar tidak melambat:

1. Copot Pemasangan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Salah satu hal yang menyebabkan laptop di bawah 3 tahun menjadi lambat adalah karena terlalu banyak aplikasi yang diinstal, sehingga Drive C di laptop menjadi penuh dan membuat sistem terlalu lama dalam membaca hard disk. Ini juga akan menyebabkan pembacaan data yang ada di hard disk membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya.

Cara paling ampuh adalah dengan mencopot pemasangan aplikasi yang tidak perlu atau jarang digunakan. Biasanya aplikasi yang tidak diperlukan ini tidak sengaja di-instal saat dingin untuk berselancar dan juga mengunduh konten dari situs web tertentu yang ternyata tidak menyadari menginstal program yang tidak membutuhkan.

2. Bersihkan Desktop

Jumlah aplikasi yang ditempatkan di desktop juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan laptop menjadi lambat. Jika Anda memiliki laptop dengan kapasitas memori yang besar maka ini tidak akan menjadi masalah. Namun terkadang jika terlalu banyak aplikasi yang ada di desktop dapat menyebabkan laptop terlalu lama merespons apa yang dilakukan pengguna.

3. Gunakan Aplikasi Seperlunya

Penggunaan RAM yang berlebihan juga merupakan salah satu penyebab lemotnya laptop. Biasanya ini terjadi ketika pengguna membuka terlalu banyak aplikasi berat dalam satu berlari, seperti bermain game saat memutar daftar putar musik. Ini tentu saja akan menyebabkan laptop menjadi lambat. Oleh karena itu, lakukan pembersihan RAM komputer dengan menutup aplikasi atau dengan menggunakan task manager.

4.Remove Aplikasi di Startup

Startup adalah waktu ketika laptop mulai beroperasi. Biasanya ketika startup, aplikasi yang akan dijalankan adalah aplikasi penting, seperti antivirus. Coba jangan terlalu banyak aplikasi yang masuk ke startup, karena ini akan menyebabkan aplikasi akan bekerja di latar belakang, yang akan mengambil kapasitas RAM.

5. Gunakan Aplikasi Sesuai Memory 

Pengguna tentu saja harus tahu spesifikasi laptop yang dimiliki. Dan pengguna harus menginstal aplikasi sesuai dengan spesifikasi laptop. Jika menginstal aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada di laptop, maka jangan heran jika laptop akan lambat, sekalipun baru dimiliki.

6.  Rajin Pemindaian Virus

Pemindaian virus juga merupakan salah satu yang paling penting dan harus dilakukan oleh pengguna. Karena beberapa virus dapat menyebabkan memori RAM menjadi semakin sempit, sehingga memicu laptop menjadi lebih lambat. Karena itu, penggunaan antivirus sangat penting untuk membantu menjaga kinerja laptop.

Fase Kedua, Laptop sudah > 3 tahun

Laptop yang lebih tua dari 3 tahun akan mengalami penurunan kinerja. Ini cukup alami, terutama jika laptop sering digunakan untuk berbagai keperluan. Nah, untuk membantu mencegah laptop tidak lambat, terutama untuk laptop yang sudah berumur lebih dari 3 tahun, maka berikut beberapa cara yang bisa diambil:

7. Penambahan Kapasitas RAM

Cara ampuh untuk mengobati penyakit lemot pada laptop adalah dengan meningkatkan kapasitas RAM. Kapasitas RAM komputer yang lebih besar, berarti akan meningkatkan proses membaca oleh prosesor. Ini akan membantu meringankan kerja laptop, sehingga dapat mengurangi gejala lemot pada laptop. Tapi perhatikan spesifikasi, spesifikasi dan juga kapasitas maksimum RAM yang bisa diterapkan ke laptop.

8. Membersihkan drive C dan Uninstall Aplikasi Besar

Membersihkan drive C juga penting, serta menghapus program dan juga aplikasi yang memberatkan laptop. Seiring dengan bertambahnya usia, kinerja laptop akan berkurang, jadi perlu dibersihkan dari aplikasi berat dan memakan kapasitas memori yang besar.

9. Bersihkan Laptop Di Dalam

Membersihkan bagian dalam laptop juga perlu dilakukan. Selama lebih dari 3 tahun, laptop dapat memiliki berbagai jenis debu dan bahan halus lainnya, yang dapat menyebabkan laptop menjadi panas dan akhirnya menjadi lambat. Oleh karena itu, perlu untuk membersihkan laptop, agar paling tidak kurang gejala lambat.

10. Menggunakan Thermal Paste

Thermal Paste adalah pasta yang diaplikasikan pada prosesor, yang digunakan untuk membantu mendinginkan prosesor dan menjaga suhu prosesor agar tidak cepat panas. Aplikasi pasta termal ini dapat membantu prosesor untuk menjaga suhu agar tidak terlalu panas, yang dapat menyebabkan munculnya gejala lemot laptop.

11. Gunakan Pendingin Netbook

Jangan anggap remeh penggunaan pendingin netbook. Penggunaan kipas tambahan ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga suhu laptop agar tidak terlalu panas. Suhu yang terlalu panas berarti meningkatkan kemungkinan laptop menjadi lambat.


Itulah beberapa cara untuk membuat laptop tidak lambat. Semoga artikel tentang cara tidak memperlambat laptop bisa menambah wawasan Anda dan juga bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih.