Cara Menghapus Akun Twitter yang di Ambil Alih Orang Lain Secara Permanen

Cara Menghapus Akun Twitter yang di Ambil Alih Orang Lain Secara Permanen
Cara Menghapus Akun Twitter yang di Ambil Alih Orang Lain Secara Permanen
Banyak pebisnis dan pengguna internet umumnya menggunakan Twitter sebagai salah satu media sosial andalan mereka. Sebagai salah satu media sosial terkemuka, tidak sedikit orang yang menggunakan Twitter dalam kehidupan sehari-hari mereka di seluruh dunia. Sebagai media sosial Twitter juga tidak kalah memberikan manfaat kepada orang-orang seperti manfaat Facebook. Namun terkadang ada beberapa orang yang tidak selalu menggunakan media sosial yang satu ini dan memilih untuk menghapus akun mereka.

Salah satu alasan pengguna menghapus akun Twitter mereka adalah karena akun mereka diretas atau diambil alih oleh orang lain, yang mungkin juga bosan menggunakan aplikasi ini. Bagi mereka yang tidak benar-benar tahu tentang seluk-beluk antarmuka Twitter Anda mungkin bingung untuk mencari tahu cara menghapus akun twitter mereka. Di sini saya akan berbagi tentang cara menghapus akun twitter yang diambil oleh orang lain.
Cara Menghapus Akun Twitter yang di Ambil Alih Orang Lain Secara Permanen

Ada beberapa cara Anda dapat membuat akun Twitter seseorang diretas atau diambil alih oleh orang lain. Sebagian besar penyebab hal ini dapat terjadi karena kelalaian pengguna. Salah satu sifat yang telah diretas akun Anda adalah dengan munculnya tweet aneh yang berasal dari akun Twitter Anda dan akun Anda mulai mengirimkan DM massal kepada orang-orang yang terkait dengan akun Twitter Anda. Dengan menggunakan metode yang salah tentang cara mendapatkan banyak pengikut di Twitter akan sering memberikan dampak buruk pada pengguna yang juga dapat berhubungan dengan akun Anda diambil alih oleh orang lain.

Tentu saja ada juga beberapa aplikasi Twitter yang dapat membantu penggunanya untuk memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Twitter dengan lebih baik. Namun, tidak semua aplikasi Twitter memiliki dampak yang bagus. Sebagai pengguna Twitter, perlu diingat untuk selalu jeli dalam memilih aplikasi mana yang akan dikaitkan dengan akun Twitter. Dengan itu dalam pikiran Anda pasti akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dampak positif dan negatif menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Selain itu dengan mengklik tautan aneh yang ada di Twitter Anda juga dapat membuat aplikasi tertentu mengambil alih akun Twitter Anda. Seringkali tautan aneh ini dibuat semenarik mungkin oleh peretas sehingga Anda secara sadar atau tidak sadar akan mengeklik tautan - tautan yang telah dibuat oleh peretas.

Jika karena alasan itu maka Anda memutuskan untuk menghapus Twitter Anda secara permanen. Perlu diingat bahwa Twitter sama seperti kebanyakan media sosial lainnya akan memberi Anda kesempatan untuk membatalkan proses penghapusan akun Anda selama 30 hari. Jadi, jika Anda berubah pikiran dalam rentang waktu itu, Anda dapat mengaktifkan kembali akun yang telah Anda hapus. Penggunaan media sosial yang bijak akan membuat Anda lebih bisa melihat dampak positif dan negatif dari internet.

Hal yang Perlu Anda Lakukan Ketika Mengetahui Akun Anda telah di Hack

Ketika Anda pertama kali mengetahui bahwa akun Anda telah diretas, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencoba masuk kembali ke akun Twitter Anda. Jika kata sandi Anda belum diubah maka Anda beruntung dan segera ubah kata sandi yang Anda miliki di Twitter Anda.

Jika kata sandi yang Anda gunakan untuk mengakses akun Twitter Anda telah diubah, Anda tidak akan dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya. Untuk dapat menghapus akun yang telah diambil alih oleh orang lain sebelum Anda harus mereset kata sandi yang Anda miliki.

Untuk melakukan reset terhadap password akun Twitter anda berikut merupakan langkah – langkah yang dapat anda lakukan :


  1. Buka halaman untuk melakukan login ke akun Twitter
  2. Pilih bagian halaman “Lupa Password” untuk memulai proses pengembalian akun anda
  3. Kemudian masukkan email yang anda gunakan pada akun Twitter yang ingin anda reset passwordnya.
  4. Setelah anda menyelesaikan langkah sebelumnya, nanti email yang anda gunakan akan menerima pesan yang berisikan  alamat link yang akan digunakan untuk melakukan reset password Twitter anda.
  5. Buka pesan tersebut dan klik link yang ada dalam email tersebut.
  6. Masukkan password Twitter baru anda dan jangan lupa untuk menggunakan password yang kuat.


Cara Mencegah Akun Anda di Hack Kembali

Setelah anda mendapatkan akses akun Twitter anda kembali, tentu anda tidak ingin kalau akun tersebut kembali di hack atau diretas oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu ada beberap hal yang perlu anda perhatikan agar kejadian tersebut tidak terulang. Berikut merupakan beberapa tips yang perlu anda ingat untuk mencegah akun anda di hack kembali. 


  1. Buat password yang berisikan karakter yang unik yang setidaknya memiliki 10 karakter (semakin panjang, semakin baik)
  2. Gunakan gabungan antara huruf besar, huruf kecil, dan simbol
  3. Gunakan password yang berbeda – beda pada setiap website yang anda gunakan
  4. Jauhkan passwod Anda di tempat yang aman.
  5. Jika website yang anda gunakan mendukung fitur verifikasi ganda, manfaatkan hal tersebut untuk lebih meningkatkan keamanan akun anda.
  6. Jika anda tidak bisa mengakses akun anda baik itu lewat email ataupun lewat perangkat lainnya. Cara terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan menghubungi layanan costumer service atau help support yang dimiliki oleh Twitter dan beritahukan bahwa akun anda telah di hack.


Cara Menghapus Akun Twitter

Perlu diingat kembali bahwa dengan menghapus akun Twitter anda juga akan menghapus segala Tweet, file, serta informasi yang berkaitan dengan akun anda pada server Twitter. Jika anda sudah yakin untuk menghapus akun Twitter anda secara permanen berikut langkah – langkah yang dapat anda lakukan untuk menghapus akun Twitter tersebut secara permanen.


  1. Masuk ke dalam akun Twitter anda dengan melakukan login ke akun Twitter yang anda miliki.
  2. Kemudian klik pada profil yang anda miliki, pilih menu settings.
  3. Nantinya akan muncul halaman yang berisi informasi yang membahas tentang proses pengingat proses penghapusan akun twitter yang membutuhkan waktu 30 hari sebelum akun anda benar – benar terhapus selamanya, dan sebagainya.
  4. Klik nonaktifkan @namapengguna
  5. Anda akan diminta memasukkan password kemudian klik deactivate account
  6. Setelah melakukan langkah – langkah diatas, nantinya akan muncul informasi yang menyatakan bahwa akun anda telah selesai dinonaktifkan.
  7. Anda perlu menunggu 30 hari untuk dapat benar – benar menghapus akun Twitter anda.

Itu tadi pembahassan mengenai cara menghapus akun twitter yang di ambil oleh orang lain. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.