Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Hp Android

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Hp Android
Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Hp Android
Google adalah salah satu mesin pencari paling banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Memahami mesin pencari adalah mesin pencari sederhana yang dapat membantu Anda menjelajahi konten - konten yang ada di internet.

Melalui mesin pencari di Google, kebanyakan orang tidak menyadari masalah-masalah terkait privasi yang penting. Google lebih mengenal dirimu sendiri daripada dirimu sendiri.

Melalui hasil pencarian sejarahnya, Google menyimpan berbagai catatan riwayat pengguna mulai dari riwayat pencarian hingga foto yang Anda lihat melalui situs google. Melacak hasil pencarian oleh pengguna adalah fungsi mesin pencari yang tidak dapat dihindari.

Dalam diskusi ini saya akan mencoba berbagi cara menghapus riwayat pencarian Google. Perlu diingat bahwa menghapus riwayat pencarian Google tidak sama dengan menghapus riwayat pencarian di browser. Anda harus memahami perbedaan antara browser dan mesin pencari.
Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Hp Android

Ketika Anda menghapus riwayat pencarian di browser, Anda hanya menghapus riwayat pencarian yang disimpan secara lokal di komputer Anda. Menghapus riwayat pencarian Google Anda akan menghapus riwayat pencarian Anda di server Google.

Kecuali Anda menonaktifkannya, Google Activity akan terus merekam riwayat pencarian dan aktivitas browsing Anda selama Anda menggunakan Google sebagai mesin pencari. Histori pencarian Google mengetahui semua tautan yang Anda klik, semua gambar yang Anda lihat, dan semua URL yang Anda masukkan di bilah URL.

Sejarah ini akan digunakan untuk membuat profil tentang Anda. Nanti, profil ini akan berisi data tentang usia, jenis kelamin, bahasa, dan minat Anda, yang akan berfungsi sebagai panduan untuk membantu penelusuran yang relevan dengan profil Anda.

Ini adalah hal yang efektif, tetapi di sisi lain itu juga bisa menjadi pelanggaran privasi seseorang. Dengan melihat riwayat penelusuran Google, penggunanya dapat lebih mengontrol tentang dampak positif dan negatif dari internet.

Jika Anda seorang yang sentimental, sebaiknya cadangkan riwayat pencarian sebelum Anda menghapusnya. Pada April 2015 Google diam-diam merilis fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengunduh semua data termasuk riwayat pencarian yang dimiliki oleh penggunanya. Jadi Anda tidak perlu harus menemukan cara khusus untuk mengunduh data.

Berikut merupakan langkah – langkah untuk menghapus riwayat penelusuran Google.


  1. Buka halaman myaccount.google.com kemudian pilih bagian My Activity.
  2. Jika halamannya sudah terbuka pilih bagian Delete Activity By.
  3. Ubah tanggal awal riwayat penelusuran dan tanggal akhir dari riwayat penelusuran yang ingin anda hapus dan kemudian pilih all product.
  4. Jika sudah, klik delete untuk menghapus riwayat penelusuran anda.
  5. Nanti Google akan memberitahukan bagaimana Google menggunakan data riwayat penelusuran anda utnuk membuat layanan penelusuraan Google menjadi lebih efektif. Klik Ok.
  6. Setelah itu layar anda akan menunjukkan pernyataan “No Activity”
  7. Jika tanda itu sudah muncul berarti anda sudah menghapus semua riwayat penelusuran Google.

Perlu diingat bahwa setelah menghapus riwayat pencarian Google Anda, Anda akan merasakan dampaknya pada layanan pencarian Google yang sedikit berbeda sebelum Anda menghapusnya.

Secara default, Google membantu Anda menampilkan hasil pencarian yang paling relevan berdasarkan data riwayat pencarian yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Misalnya jika Anda sebelumnya mengunjungi situs terkait tentang resepnya. Kemudian ketika Anda ingin mencari tahu tentang resep baru, Google akan menunjukkan kepada Anda situs tentang resep yang sering Anda kunjungi di bagian paling atas mesin pencari Anda.
Jika Anda menghapus dan menonaktifkan riwayat pencarian Anda, hasil pencarian Anda akan menjadi lebih luas, dan menjadi kurang spesifik untuk diri Anda sendiri. Ini membuat efektivitas mesin pencari Google mengalami penurunan.

Itu adalah diskusi tentang cara menghapus riwayat pencarian Google. Gunakan internet sebaik mungkin dengan cara yang bijaksana dengan mempertimbangkan dampak positif dan negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.