Cara Print / Mencetak Power Point ( Full Page Slides, Handout, Note Pages, landscape) Terlengkap

Microsoft Power Point adalah salah satu dari berbagai perangkat lunak presentasi yang dapat menjadi alat ketika orang menyajikan presentasi, baik saat rapat, atau tugas kelompok di sekolah. Fungsi dari perangkat lunak presentasi ini adalah untuk menampilkan beberapa poin penting dalam materi yang disampaikan dalam presentasi lisan.

Salah satu kelebihan Microsoft Power Point daripada perangkat lunak presentasi lainnya adalah kemudahan penggunaannya. Jadi, perangkat lunak ini sering digunakan oleh orang-orang hari ini ketika mereka ingin membuat presentasi.
Cara Print / Mencetak Power Point ( Full Page Slides, Handout, Note Pages, landscape) Terlengkap

Presentasi Power Point sering ditampilkan ke proyektor atau layar. Namun, terkadang Anda mungkin perlu membuat salinan cetak untuk orang yang mendengarkan presentasi Anda. Anda mungkin juga membutuhkan salinan presentasi yang berisi beberapa catatan pelengkap dari slide yang ditunjukkan. Salinan fisik dari presentasi Anda dapat menjadi salah satu poin baik dari presentasi Anda untuk referensi.

Mungkin Anda bertanya, mengapa Anda harus mencetak slide Power Point? Berikut adalah beberapa alasan yang harus Anda pertimbangkan untuk mencetak slide Power Point Anda:


  1. Dengan mencetak slide presentasi, Anda dapat terbantu untuk menemukan error atau typo (kesalahan penulisan) dalam presentasi anda.
  2. Ada suatu saat dimana penonton presentasi Anda hendak mengetahui materi setelah presentasi, atau untuk meninjau materi presentasi terlebih dulu.
  3. Mungkin Anda tidak akan menggunakan sama sekali Power Point untuk berbagi presentasi di layar, dan Anda lebih memilih memakainya sebagai alat untuk merancang handout atau poster.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi tentang cara mencetak Power Point. Nah, ini dia informasi untuk Anda:

Dasar-dasar Mencetak/ Printing

Sebelum Anda mulai bekerja dengan banyak format cetak, Anda harus mempelajari opsi dasar yang perlu Anda susun sebelum mencetak presentasi apa pun. Untuk memulai langkah ini, pilih File> Print di bilah menu Microsoft Power Point

1. Memilih Printer

Tentunya, Anda harus memilih printer yang akan digunakan untuk mencetak presentasi Anda. Jika Anda bekerja di lingkungan kantor dengan beberapa printer yang terhubung melalui jaringan komputer, periksa pengaturan ini untuk memastikan bahwa file presentasi Anda tidak akan mendarat di meja rekan kerja Anda di tempat kerja.

Cara memilih printer untuk mencetak presentasi adalah, klik dropdown di bawah Printer untuk memilih printer yang telah Anda instal di komputer atau laptop Anda. Untuk kenyamanan Anda, pilih printer default yang telah dikonfigurasi sebelumnya oleh sistem operasi di komputer atau laptop Anda. Untuk mengetahui printer default, Anda memeriksa di Control Panel pada Windows OS atau System Preferences on Mac.

Selain menggunakan printer fisik, Anda juga dapat memilih printer virtual, sehingga cetakan presentasi Anda dapat tersedia dalam format digital. Salah satu printer virtual yang dapat Anda gunakan adalah Microsoft One Note, yang biasanya sudah diinstal bersama dengan paket Microsoft Office. Jika Anda belum memilikinya, Anda dapat mendengarkan beberapa cara menginstal Microsoft Office di situs web ini.

2. Pilih Halaman untuk Dicetak

Anda mungkin ingin mencetak hanya beberapa slide dalam presentasi Anda. Untungnya, Anda dapat melakukannya karena Power Point memudahkan untuk memilih halaman untuk dicetak.

Agar Anda memilih slide untuk dicetak, klik dropdown di bawah Pengaturan. Standarnya adalah "Print All Slides", tetapi ada opsi lain. Jika Anda memilih "Rentang Kustom", sebuah kotak akan muncul di mana Anda dapat memilih nomor slide yang ingin Anda cetak. Masukkan nomor slide pertama yang ingin Anda cetak dan slide terakhir yang ingin Anda cetak dengan tanda hubung di antara mereka. Contoh tulisan "3-10", di mana sistem akan mencetak slide ketiga ke sepuluh. Bisa juga ditulis dengan "3, 5, 9", di mana sistem akan mencetak slide ketiga, kelima, dan kesembilan. Sedangkan jika Anda memilih "Print Current Slide", Anda tinggal mencetak slide yang ditampilkan di layar.

3. Pilih Orientasi Kertas dan Pengaturan Warna

Tujuan orientasi kertas adalah arah konten Anda pada kertas yang akan digunakan untuk mencetak slide. Anda dapat memilih orientasi Portrait atau Landscape. Potret menandakan kertas lebih tinggi dari lebar, sementara lanskap menunjukkan ukuran kertas yang melebar.

Kemudian, pastikan untuk memeriksa kembali pengaturan warna Anda. Apakah slide PowerPoint Anda akan dicetak dalam warna hitam dan putih, atau berwarna? Setelah Anda membuat pilihan itu, Anda dapat beralih ke pengaturan lain untuk bagaimana slide cetak Anda akan terlihat di atas kertas. Mari mulai dari dasar-dasar untuk belajar mencetak dalam berbagai format.

  • Full Page Slides
Format ini pada dasarnya adalah format tampilan yang sama dengan tampilan Power Point standar, di mana Anda cukup mencetak setiap slide pada halaman. Terkadang, melihat slide dari komputer Anda dapat membantu Anda menangkap kesalahan atau memikirkan kembali konten dari presentasi. Namun, pilihan format ini menggunakan kertas dan tinta paling banyak dari format lain. Jadi, pikirkanlah sebelum memilih format ini.

  • Handout
Dengan format ini, Anda dapat menghemat kertas dan tinta. Karena, presentasi dicetak dalam bentuk Handout, yang mencakup beberapa slide pada halaman yang sama dan bagian kosong tersedia untuk menulis catatan atau catatan. Selain itu, dengan menggunakan selebaran untuk salinan referensi dalam presentasi, Anda dapat meninjau presentasi PowerPoint Anda dan menghindari kesalahan tipografi atau spoofing dalam kalimat yang disampaikan dalam presentasi.

Saat Anda memilih format ini, Anda dapat memilih berapa banyak slide yang ditampilkan pada satu halaman kertas. Pastikan tulisan pada slide dibaca saat Anda memilih format ini.

  • Note Pages
Format ini dapat Anda gunakan jika Anda menggunakan fitur Catatan Speaker untuk menambahkan pengingat (pengingat) tentang apa yang Anda katakan. Speaker Notes ini biasanya terletak di bagian bawah slide PowerPoint yang Anda buat.

Bagaimana cara mencetak Power Point pada kertas?

Sekarang kami akan beritahukan cara mencetak Power Point pada kertas. Berikut ini cara-caranya:

  1. Pilih File > Print, atau tekan Ctrl + P pada keyboard.
  2. Pada jendela Print, atur dasar-dasar pengaturan berdasarkan petunjuk yang telah dijelaskan di atas.
  3. Jika ingin melihat file sementara sebelum diprint, klik Print Preview.
  4. Jika sudah OK, klik Print.

Bagaimana untuk mencetak sebagai PDF?

Nah, setelah Anda mengetahui dasar-dasar mencetak power point, ada salah satu pertanyaan yang paling populer untuk mencetak dan “hampir mencetak” presentasi, yaitu bagaimana cara mencetak presentasi dalam bentuk PDF? Beruntung, karena salah satu kelebihan dan kekurangan Power Point adalah dapat mencetak slide presentasi ke dalam format PDF.

Mengapa harus dicetak ke PDF? Biasanya hal ini dilakukan agar pengguna bisa mencetak kembali berkas PDF dari slide Power Point jika printer yang dimilikinya mengalami masalah. Karena, belum tentu semua penyedia jasa sewa komputer (baca: warnet atau tukang print) menyediakan software Powet Point pada komputernya. Kan ga lucu kalo file presentasi Anda tidak bisa dibuka di komputer mereka?

Selain itu, format PDF dikenal dengan membakukan semua pengaturan, font, dan tampilan dari sebuah file. Sehingga, meskipun Anda mencetak file PDF di komputer lain, tampilannya akan tetap sama dengan tampilan yang ada di komputer Anda.

Berikut ini adalah cara untuk mencetak slide power point ke dalam format PDF:

  1. Pilih File > Export
  2. Klik Create PDF/XPS Document
  3. Pilih Create PDF/XPS.
  4. Selanjutnya, Anda bisa memilih format tampilan dari versi cetak slide Power Point Anda (Handout, Note Pages, atau Full Page Slides)
  5. Pada pop-up menu, klik pada Options untuk membuka pengaturan lainnya.
  6. Pada jendela berikutnya, beri nama file PDF yang akan diekspor dari file slide Power Point.
Sekian artikel kami kali ini mengenai cara print Power Point. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menyukseskan presentasi yang hendak Anda lakukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel