Dampak Bahaya Mematikan Komputer Tidak Benar Sesuai Prosedur

Dampak Bahaya Mematikan Komputer Tidak Benar Sesuai Prosedur
Dampak Bahaya Mematikan Komputer Tidak Benar Sesuai Prosedur
Mematikan komputer yang tidak sesuai prosedur adalah hal yang mudah dilakukan, tetapi tidak tahu bahwa itu akan merusak komputer di masa depan. Sebagai penyebab kerusakan harddisk, kerusakan RAM, kerusakan pada prosesor hingga merusak motherboard.

Mengapa itu merusak perangkat keras utama komputer dan laptop? karena pada saat itu komputer masih di semua komponen di komputer masih berfungsi. Jika ditutup secara paksa bukan tidak mungkin proses yang terjadi saat komputer dinyalakan akan berhenti secara tidak terduga. Berikut ini adalah untuk mematikan komputer yang tidak sesuai dengan prosedur:

1. Langsung mencabut kabel AC komputer dari steker
Ini jarang terjadi. Kemungkinan hal yang terjadi adalah ketika komputer sedang beroperasi, listrik di rumah padam, dan menyebabkan komputer langsung mati mendadak, karena ditarik keluar dari kabel AC dari colokan listrik. Ini perlu diperhatikan, terutama ketika Anda tinggal di lokasi yang sering mengalami pemadaman listrik.
Dampak Bahaya Mematikan Komputer Tidak Benar Sesuai Prosedur

Cara termudah untuk diingat adalah menambahkan sistem generator cadangan listrik, yang dapat mencegah komputer untuk mati.

2. Langsung mematikan komputer force shutdown dengan cara menahan tombol power
Ini adalah hal yang pasti sering kita lakukan, terutama ketika megnalami komputer kita hang. Jika komputer macet, ini bisa dilakukan, tetapi tidak boleh dilakukan jika komputer dalam keadaan normal.

Mematikan komputer dengan cara ini berpotensi menimbulkan banyak kerusakan, baik dari perangkat keras, baterai, hingga kerusakan pada perangkat lunak dan juga kerusakan pada sistem operasi. Jadi hindari mematikan komputer secara tiba-tiba dengan menekan tombol daya dengan paksa.

3. Melakukan force shutdown ketika akan mematikan komputer
Ini terjadi ketika kita tidak sabar untuk mematikan komputer kita. biasanya, ada beberapa program latar belakang yang masih berjalan di komputer saat kami akan mematikan. Jika ini terjadi, maka ada baiknya kita membatalkan shutdown terlebih dahulu, lalu menutup program atau aplikasi latar belakang yang menjalankannya.

Melakukan pemadaman paksa semacam itu akan meningkatkan potensi kerusakan pada program atau aplikasi yang sedang berjalan. Jika aplikasi merupakan aplikasi penting, maka tentu saja akan mempengaruhi kinerja komputer Anda.

4. Mencabut baterai laptop
Merupakan hal yang benar-benar haram dan dilarang untuk dilakukan. Bahkan tidak hanya pada laptop, sebenarnya pada ponsel juga hal ini juga dilarang, karena dapat merusak sistem operasi, perangkat lunak dan perangkat keras. Beberapa kondisi, ini dapat menyebabkan kondisi baterai menjadi lemah dan juga tidak bisa diisi ulang, karena ketika sedang memasok arus, baterai tiba-tiba dicabut.

Lalu Apa Dampaknya?
Nah, jika Anda melakukan proses shut down alias mematikan komputer tidak sesua dengan prosedur yang ada, maka ini akan menimbulkan banyak kerusakan, baik dari perangkat keras maupun perangkat lunak Anda. Cara menghidupakan komputer dan mematikan komputer dengan baik menjadi penting karena komponen perangkat keras memiliki umur yang lebih panjang. Apa bahaya mematikan komputer tidak sesuai dengan prosedur? Berikut ini adalah dampak dari bahaya:

1. Kerusakan pada perangkat keras internal komputer
Dampak pertama yang dapat terjadi jika Anda mematikan komputer tidak sesuai prosedur adalah kerusakan pada perangkat keras. Ternyata mematikan komputer semula dan tidak sesuai prosedur sangat berpotensi merusak komponen perangkat keras internal komputer Anda.

Karena otak utama komputer adalah RAM, dapat dikatakan efek RAM pada kerja komputer sangat penting untuk dilindungi agar tidak mudah rusak. Berikut adalah beberapa komponen perangkat keras internal yang dapat rusak karena sering mematikan komputer tidak sesuai prosedur:

  • Harddisk
  • Motherboard
  • Sumber Daya listrik
  • IC
  • Chipset (baca juga: berbagai macam chipset motherboard)
  • RAM
  • Prosesor

Adanya perangkat lunak yang rusak karena file-file korup
Hal lain yang merupakan dampak mematikan komputer adalah prosedur yang tidak tepat adalah perangkat lunak yang rusak, karena file-file korup. File yang rusak berarti file rusak, dan harus diganti dengan file baru.

Ini adalah salah satu hal yang paling umum, terutama ketika kita memaksa komputer untuk mematikan saat menjalankan program atau perangkat lunak tertentu. Untuk itu, cara menggunakan komputer sesuai dengan prosedur sangat mendasar dalam penggunaan komputer yang benar.

2. Hasil pekerjaannya hilang
Ya, pekerjaan yang pasti akan hilang, atau rusak jika Anda tidak mematikan komputer Anda dengan benar. Ini terjadi terutama ketika Anda mematikan komputer tanpa menutup hasil pekerjaan Anda terlebih dahulu. Bahkan mungkin pekerjaan Anda tidak rusak atau hilang, tetapi perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan pekerjaan akan menjadi korup.

3. Kerusakan pada sistem operasi
Dampak bahaya mematikan komputer tidak sesuai dengan prosedur lain adalah sistem operasi yang rusak. Ini karena sistem operasi Anda sebenarnya tidak mati ketika Anda akan mematikan komputer. Tentu saja ini akan menyebabkan salah satu file sistem operasi Anda menjadi rusak, yang menyebabkan kerusakan pada sistem operasi Anda.

Bagaiaman memtikan komputer dengan benar?

Cara yang disarankan dan juga yang paling baik untuk mematikan komputer adalah dengan cara mengklik tombol shutdown atau power off pada sistem operasi anda. ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum mematikan komputer anda, seperti :

  • Pastikan pekerjaan anda sudah di save dan tidak ada pekerjaan yang masih empty atau, belum di save sebelumnya.
  • Tutup semua aplikasi sebelum melakukan shutdown
  • Cabut flash drive, harddisk eksternal, dan keluarkan DVD yang masih berada di dalam disc tray.
  • Setelah itu matikan komputer anda (pada windows klik start, lalu pilih shutdown).
  • Tunggu hingga komputer melakukan proses shutting down.
  • Apabila masih ada background program yang bekerja, cancel dulu proses shutdownya, lalu tutup aplikasi yang masih terdeteksi working in background.
  • Setelah itu lakukan shutting down kembali, tunggu hingga komputer benar – benar mati.

Demikian artikel tentang Dampak Bahaya Mematikan Komputer Tidak Benar Sesuai Prosedur semoga bermanfaat. terim kasih.