Fungsi Komputer dalam Berbagai Bidang ( Ekonomi, Pendidikan, Sosial, Kesehatan, Transportasi)

Fungsi Komputer dalam Berbagai Bidang ( Ekonomi, Pendidikan, Sosial, Kesehatan, Transportasi). Sejarah perkembangan komputer terbagi menjadi lima generasi. Lima generasi termasuk awal dari penciptaan komputer untuk jenis komputer yang digunakan di era modern saat ini. Komputer yang memiliki arti sebagai perangkat dalam pemrosesan data memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, dari mulai membuat ke komputer pada saat ini.

1. Generasi Pertama

ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) adalah komputer generasi pertama di dunia. Komputer ini dirancang pada tahun 1900 oleh John Presper Eckert dan John W. Mauchly. ENIAC memiliki berat 30 ton dan membutuhkan daya sebesar 160 kW. ENIAC dikembangkan oleh Amerika Serikat bekerjasama dengan Pennsylvania.
Fungsi Komputer dalam Berbagai Bidang ( Ekonomi, Pendidikan, Sosial, Kesehatan, Transportasi)

Sebelum ENIAC, perkembangan komputer sebenarnya telah dimulai di Inggris. Mungkin bagi Anda yang pernah menonton film Game Imut akan tahu seperti apa komputer ini. Komputer yang dikembangkan oleh Inggris adalah alat yang digunakan sebagai pemecah kode rahasia ketika perang dunia kedua berkecamuk.

Komputer generasi pertama (ENIAC) ini masih memiliki banyak kekurangan, seperti bentuk yang terlalu besar, membutuhkan daya yang besar, mesin panas lebih cepat, prosesnya masih relatif lama, juga jenis programnya masih sangat terbatas dan sederhana. (baca juga: kelebihan dan kekurangan komputer generasi pertama)

2. Generasi Kedua

Komputer generasi kedua mulai berkembang pada tahun 1948. Pada masa ini, ditemukan penggunaan transistor sehingga bentuk komputer tidak lagi sebesar komputer generasi pertama, bahkan jauh lebih kecil. Pada saat ini, komputer menggunakan Bahasa Berorientasi Bisnis Umum (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) sebagai bahasa pemrograman.

Pada komputer generasi pertama, pemrograman terbatas pada angka 0-1 yang tidak mudah dipahami oleh banyak orang. Dalam bahasa pemrograman komputer generasi kedua ini digunakan relatif mudah dipahami oleh banyak orang. Komputer juga memiliki memori yang lebih besar. Pada saat ini, juga sudah diketahui tambahan memori untuk menyimpan data seperti floppy disk.

3. Generasi Ketiga

Penggunaan transistor pada komputer generasi kedua memang memiliki kelebihan. Sayangnya, penggunaan transistor membuat mesin mudah panas. Pada tahun 1958, Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, menggunakan batu kuarsa sebagai alternatif. Akibatnya, ia mampu mengembangkan sirkuit terpadu (IC) sehingga komputer memiliki ukuran yang jauh lebih kecil.

Berbagai komponen di komputer dapat dipadatkan menjadi bentuk chip sehingga dapat mengurangi bentuk komputer yang terlalu besar. Komputer generasi ketiga ini memiliki kelebihan, di mana pengguna dapat menjalankan berbagai jenis program pada saat yang bersamaan.

4. Generasi Keempat

Setelah penemuan IC, pembuatan komputer semakin berkembang. Komputer dibuat dengan mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen listrik. Komputer saat ini adalah komputer yang mulai berkembang pada 1980-an. Di generasi keempat ini kita sering mendengar istilah seperti Pentium I, Pentium II, dan seterusnya.

Komputer pada generasi keempat mampu membuat ribuan komponen dalam satu chip. Ketika komputer generasi keempat berevolusi, hampir setiap rumah di negara maju memiliki komputer di dalam rumah. Mereka menganggap komputer sebagai kebutuhan praktis untuk pemrosesan data.

5. Generasi Kelima

Komputer generasi kelima adalah komputer yang akan dibuat sebagai bentuk realisasi keinginan manusia agar komputer mampu meniru akal manusia. Jepang, negara maju yang sangat antusias untuk mewujudkan komputer generasi kelima generasi ini. Sebenarnya, salah satu bentuk komputer generasi kelima dapat kita temukan dalam iklan salah satu merek terkemuka Amerika, ketika misalnya menggunakan wajah sebagai kata sandi atau komputer yang mampu menerima instruksi secara lisan.

Namun, pengembangan komputer generasi kelima masih berjalan. Beberapa contoh yang disebutkan di atas masih "janin" yang akan tumbuh dalam proses. (baca juga: kelebihan dan kekurangan komputer generasi kelima)

Fungsi Komputer dalam Berbagai Bidang

Komputer adalah alat yang dapat membantu kinerja harian kami dengan memproses berbagai data. Hampir setiap inci dari proses kehidupan kita terkait dengan komputer. Komputer telah memasuki semua bidang dan semua bidang. Komputer membantu menyelesaikan masalah yang terkait dengan pemrosesan data, baik dalam bentuk angka atau huruf dan kata-kata.

Bahkan, bukan rahasia bahwa komputer menjadi salah satu bagian dari budaya masyarakat modern. Fungsinya sangat absolut dan beragam, membuat komputer harus masuk ke seluruh bidang kerja manusia.

Fungsi komputer berikut di setiap bidang:

1. Ekonomi
Ekonomi adalah bidang penting yang mempengaruhi hampir semua bidang lainnya. Bahkan titik tolak apakah suatu negara diukur dari segi ekonomi. Hampir seluruh masyarakat tahu, berurusan dengan ekonomi berarti berurusan dengan deretan angka. Angka-angka di bidang ekonomi biasanya diproses menggunakan bantuan komputer.

Selain mempermudah proses perhitungan di bidang ekonomi, komputer juga mampu memberikan hasil yang akurat sebagai pengolah angka. Hampir tidak mungkin untuk memproses data secara manual tanpa bantuan komputer. Dengan angka yang memiliki nominal kecil masih sangat mungkin, tetapi dengan jumlah angka yang besar, hampir tidak bisa.

Jika memungkinkan, keakuratan hasil masih harus diuji. Penggunaan komputer, selain membantu perhitungan juga mampu memberikan penjelasan seperti inflasi, naik dan turun keuntungan, bahkan prediksi di masa depan. Selain itu, komputer juga digunakan oleh sebagian orang sebagai lahan bisnis. Anda pasti pernah mendengar istilah toko online.

Toko online adalah budaya baru yang menjamur di tengah kehidupan modern masyarakat Indonesia. Toko online adalah salah satu contoh penggunaan komputer untuk mengembangkan lahan bisnis. Semua orang berlomba-lomba membuka peluang melalui bisnis toko online ini.

2. Bidang Pendidikan

Untuk semua orang yang tinggal di daerah yang telah di aliran listrik, hampir pasti, semua lembaga pendidikan di daerah itu menggunakan jaringan komputer. Komputer dapat dianggap sebagai kebutuhan dasar di setiap institusi pendidikan. Selain bisa menyimpan berbagai data tentang pekerjaan siswa, guru, atau karyawan lembaga pendidikan, komputer juga bisa menjadi sumber informasi bagi pendidik dan peserta didik.

Biasanya penggunaan komputer ini digabungkan dengan penggunaan jaringan internet sebagai bantuan tambahan untuk mencari informasi aplikasi. Di bidang pendidikan komputer juga memainkan peran penting untuk penyediaan tes dan mengolah nilai peserta didik. Anda harus sudah mendengar tentang ujian nasional online yang dilakukan di beberapa sekolah dengan peralatan komputer dan internet yang memadai. Ujian nasional online adalah salah satu contoh agresi komputer di bidang pendidikan.

Dalam setiap nilai pemrosesan komputer juga sangat diperlukan. Komputer mampu memberikan hasil yang akurat untuk menentukan nilai peserta didik, bahkan komputer memberikan informasi tambahan seperti nilai tertinggi dan terendah, nilai rata-rata, serta pertanyaan yang dianggap tidak efektif.

3. Sosial

Anda pasti telah mendengar motto lama bahwa manusia adalah makhluk sosial. Melalui perangkat komputer (dengan jaringan internet tambahan) kita akan dapat melihat dunia luar yang jauh melampaui harapan kita. Melalui proses itu kita bisa menambah wawasan sekaligus menambah pertemanan.

Sebut saja facebook, twitter, instagram, path, dan lain sebagainya. Beberapa yang telah disebutkan sebelumnya adalah berbagai jenis media sosial yang menjamur di Indonesia, bahkan dunia. Melalui media kita bisa menambah pertemanan, mencari informasi teman lama, berbagi hal-hal menarik yang kita lakukan, dan lain sebagainya.

Namun, penggunaan media sosial semacam itu perlu dibatasi. Jika kita bisa menggunakannya dengan bijak, maka fungsinya untuk "mendekati jauh" akan terpenuhi. Namun, jika kita menggunakannya secara berlebihan, maka jangan heran ketika banyak juga yang mengatakan bahwa media sosial mampu "menjauh dari dekat".

4. Kesehatan

Penggunaan komputer dalam kesehatan hampir tidak bisa dihindari. Dokter sering membuat vonis penyakit tertentu kepada seseorang yang menggunakan bantuan komputer. Komputer dapat membantu mendeteksi detak jantung, aliran darah, mengetahui kandungan kolesterol, atau untuk wanita hamil, proses ultrasound dapat memberikan deteksi dini jenis kelamin bayi atau membantu memberikan informasi sejak usia dini ketika bayi di dalam kuman menunjukkan tanda-tanda kelainan .
Bahkan dalam beberapa kasus, komputer dapat membantu menggantikan peran jantung, ginjal, dan organ lain di dalam tubuh.

5. Transportasi
Peran komputer di bidang transportasi hampir mencakup semua aspek, baik darat, laut, maupun udara. Tidak jarang lembaga televisi atau kepolisian nasional menggunakan komputer sebagai bantuan tambahan untuk memonitor kepadatan lalu lintas. Di bidang transportasi laut, komputer sering digunakan untuk membantu navigasi.

Pada transportasi udara, komputer adalah salah satu komponen tambahan dalam menentukan jadwal dan juga jalur penerbangan. Selain itu, hampir semua aspek transportasi, baik darat, laut, maupun udara, memanfaatkan komputer untuk membantu proses penjualan tiket.

6. Bidang Teknologi

Di bidang teknologi, komputer akan membantu proses pembuatan. Hampir semua produsen berskala besar menggunakan komputer untuk proses produksi. Produk dibuat tanpa sentuhan tangan manusia. Semua proses dikendalikan oleh komputer. Kelebihannya, selain menjaga kualitas produk agar tetap higienis, juga membuat proses produksi berjalan lebih cepat.

Selain proses pembuatan, komputer juga akan membantu mendeteksi jika ada kerusakan pada mesin tertentu. Karena kinerja mesin dikendalikan oleh komputer, maka kerusakan yang terjadi pada mesin juga dapat diketahui melalui komputer.

Keenam bidang yang disebutkan di atas adalah bidang utama kehidupan kita. Masih banyak fungsi komputer di bidang lain. Ini bukan karena fungsi komputer sangat akurat dan praktis, serta kecepatan dalam memproses data yang kita inginkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel