Fungsi LCD Proyektor Komputer Dan Tips Memilih LCD Proyektor

Di zaman modern seperti ini, proyektor LCD adalah alat media yang dapat ditemukan di mana-mana dan untuk tujuan apa pun. Dari rumah ke lembaga, orang lebih suka menggunakan alat ini baik untuk hiburan semata hingga pendidikan. Proyektor LCD adalah alat di mana data atau gambar dari DVD player, laptop dan komputer dapat diproyeksikan dalam bidang luas yang merupakan layar besar.

Proyektor, yang merupakan salah satu perangkat input dan output komputer, adalah pilihan sempurna bagi hampir semua pengguna komputer untuk menampilkan layar berukuran besar untuk dinikmati oleh banyak orang. Bahkan saat ini tidak hanya dapat terhubung ke komputer saja, sekarang dapat disambungka di tv dan alat visual lainnya.
Fungsi LCD Proyektor Komputer Dan Tips Memilih LCD Proyektor

Biasanya ada banyak orang yang menonton data atau gambar di layar melalui penggunaan proyektor LCD ini. Penggunaan proyektor LCD juga terbilang mudah dan tidak butuh waktu lama sehingga banyak orang yang memilih menggunakan alat penting ini. Karena dapat dilakukan di mana saja lebih fleksibel, orang semakin jatuh cinta dengan alat media ini.

Berikut adalah beberapa fungsi proyektor LCD yang dapat didengarkan.

Sebagai Fasilitas Pendidikan

Proyektor LCD paling sering ditemukan di banyak sekolah dan perguruan tinggi. Saat ini, banyak guru dan dosen bergantung pada perangkat elektronik yang cara kerjanya adalah dengan membuat sumber cahaya, layar, elektronik, dan sistem optik terpadu untuk gambar dan video yang akan diproyeksikan ke layar dan dinding ini.

Saat ini, tampaknya tidak lengkap jika proses pembelajaran tidak menggunakan proyektor LCD. Alat ini dapat digunakan untuk:


  • Telekonferensi langsung tepat di depan kelas.
  • Menampilkan segala materi pelajaran yang sudah disiapkan dalam bentuk Microsoft Power Point (untuk dosen menjelaskan ke murid-muridnya dan untuk murid yang berpresentasi).
  • Menampilkan film DVD baik yang ada kaitannya dengan materi pelajaran maupun untuk sekadar intermezzo.


Untuk menghubungkan proyektor ke komputer itu sendiri sekarang lebih mudah dipelajari sehingga tidak heran jika para guru dan dosen dapat dengan mudah mengoperasikannya. Bahkan ketika masalah teknis muncul, mereka dapat menangani semuanya dengan sempurna.

Keuntungan lain yang dapat diperoleh dengan menggunakan proyektor LCD adalah bahwa cara menyampaikan materi lebih praktis dan langsung kepada siswa. Siswa juga setuju bahwa mereka lebih memahami jika guru / dosen mereka menggunakan media elektronik ini daripada memberikan penjelasan lisan dan manual.

Ada berbagai presentasi yang dapat ditampilkan melalui proyektor LCD, mulai dari video, grafik, audio dan teks. Dengan persiapan kreatif juga oleh guru / dosen, siswa menjadi lebih jelas tentang materi pelajaran. Ini lebih baik daripada guru / dosen berbicara di depan kelas dari awal hingga akhir kelas. Selain itu, menyediakan gambar dan video tentu saja lebih menarik para siswa agar tidak merasa bosan selama pelajaran. Proyektor LCD membantu guru / dosen untuk memberikan sedikit hiburan dengan tidak melupakan fokus materi inti.

Sebagai Sarana Meeting di Kantor

Ketika di masa lalu, orang lebih sering menggunakan flipboard untuk membuat semua data bisnis dapat diekspos dengan jelas, sekarang era telah maju dan modern. Biasanya, orang-orang hari ini akan menggunakan komputer atau laptop dalam membuat presentasi bisnis mereka. Aplikasi Microsoft Power Point adalah yang paling banyak digunakan dalam membuat presentasi.

Setelah bahan selesai, pada hari pertemuan dan waktu presentasi, proyektor LCD dapat dihubungkan ke laptop untuk menampilkan data presentasi. Data yang disimpan di laptop dapat dibuka dan diproyeksikan ke layar melalui proyektor LCD. Proyektor LCD dapat menjadi pendukung penting untuk menjelaskan presentasi yang telah dibuat lebih interaktif dan menarik dengan perangkat lunak Microsoft Power Point.

Sebagai Sarana Hiburan di Rumah

Proyektor LCD tidak hanya umum digunakan di sekolah, akademi, atau kantor saja. Banyak orang memiliki alat ini di rumah mereka untuk menonton film seperti yang mereka lakukan di bioskop. Secara umum, orang menggunakan proyektor LCD sebagai pemutar video atau home theater. Dengan proyeksi ini siapa pun dapat menonton film atau video tanpa harus pergi ke bioskop karena hanya dengan tampilan proyektor LCD sangat mirip dengan layar di bioskop.

Ia bahkan tidak membutuhkan layar putih besar jika tidak memilikinya. Asalkan ada dinding putih yang lebar dan rata, itu bisa digunakan untuk proyeksi gambar video atau film yang ingin ditampilkan dan ditonton di rumah. Hanya saja, untuk menonton puas dengan tingkat pencahayaan atau kecerahan yang lebih tinggi, maka lebih baik menggunakan ruangan yang lebih terang dan lebih besar. Khusus untuk proyektor short throw, gambar atau video yang diproyeksikan hanya memiliki jarak tidak lebih dari 1 meter.

Sebagai Sarana Event Spesial

Proyektor LCD tanpa kita sadari sering ada di acara-acara khusus, misalnya di pesta perayaan (misalnya pesta pernikahan atau ulang tahun) atau di pemakaman. Fungsi LCD proyektor pada acara tersebut biasanya untuk menampilkan film, tampilan slide atau video yang terkait dengan acara tersebut.

Banyak pernikahan menggunakan proyektor LCD untuk menampilkan video mempelai wanita, apakah itu film pendek atau kumpulan foto dari pasangan yang dibuat tayangan slide untuk ditampilkan kepada para tamu.

Tips Memilih LCD Proyektor

  1. Tingkat Kecerahan atau Pencahayaan. Makin besarnya Lumens (satuan ukuran), sudah bisa dipastikan bahwa gambar pun hasilnya akan makin terang setelah diproyeksikan ke permukaan datar. Apabila menggunakan ruang yang terang, tingkat Lumens yang diperlukan juga akan semakin tinggi.
  2. Bobot. Jika berencana membeli sebuah LCD proyektor dan akan sering membawanya ke mana-mana, pilih proyektor yang bobotnya ringan sehingga praktis dan tidak membebani Anda. 2 kilogram untuk sebuah proyektor saja sudah cukup. Bila memang hanya untuk disimpan di kantor atau rumah, tidak perlu memilih yang ringan karena yang berat pun juga tidak masalah.
  3. Resolusi. Resolusi proyektor ukurannya sama dengan monitor laptop, jadi makin banyak yang ditampilkan jika makin besar ukuran layar. Pada kasus pemantulan gambar atau animasi, resolusi yang dibutuhkan lebih tinggi dari 800×600.
  4. Fitur. Bila kabel sudah tidak digunakan oleh jaringan laptop di kantor, sekolah atau rumah Anda, memilih yang berfasilitas wireless lebih direkomendasikan karena tanpa kabel akan mengurangi tingkat keruwetan. Hanya saja, kabel listrik masih perlu digunakan untuk power supply.
  5. Contrast Ratio. Untuk pengukuran bagian hitam dan paling gelap dengan bagian putih dan paling terang yang terproyeksi, maka contrast ratio ini diperlukan. Contrast ratio yang makin besar akan membuat proyeksi warna terang dan gelap lebih kuat.
Demikian Artikel tentang Fungsi LCD Proyektor Komputer Dan Tips Memilih LCD Proyektor semoga bermanfaat.

0 Response to "Fungsi LCD Proyektor Komputer Dan Tips Memilih LCD Proyektor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel