Hati Hati 7 Bahaya Main Game Online di Laptop

Hati Hati 7 Bahaya Main Game Online di Laptop
Hati Hati 7 Bahaya Main Game Online di Laptop
Game online adalah salah satu inovasi pengembangan game yang sering kita mainkan. Game online sendiri sudah ada sejak era awal 2000-an, dimana pada saat itu untuk bermain game online membutuhkan koneksi internet masih cukup sulit untuk menemukan dan juga masih membutuhkan voucher untuk bermain. Di era itu, warnet - warnet adalah salah satu lokasi yang bisa membuat banyak orang tertarik karena jarang orang - orang yang memiliki koneksi internet pribadi di rumah. Selain itu, game online saat itu juga merupakan bentuk hiburan baru, yang dapat menghilangkan kebosanan penggemar game non-online.

Saat ini game online sedang berkembang pesat. Mulai dari game online yang didasarkan pada grafik 2D, yang memiliki grafis 3D yang menawan siap untuk Anda mainkan. Tentu saja, ini membutuhkan koneksi internet yang stabil, kuota internet yang besar, dan kondisi laptop yang mendukung spesifikasi game online.
Hati Hati 7 Bahaya Main Game Online di Laptop

Saat ini banyak game online yang populer di kalangan pecinta game dan masih ramai dimainkan. Jumlah pengguna yang bermain menjadi salah satu kekuatan yang menyala sendiri bagi mereka yang tidak suka memainkan game sendirian, karena dalam game online bisa bertemu dengan banyak orang meski hanya di dunia maya.

Bahaya Main Game Online di Laptop

Pada dasarnya, meski menyenangkan dan juga menghibur, bermain game online di laptop bisa berbahaya. Apa bahayanya? Berikut beberapa bahaya bermain game online di laptop:

1. Makan Banyak Kuota Internet

Bahaya pertama yang dapat terjadi ketika kita bermain game online di laptop adalah bahwa hal itu dapat menguras kuota internet. Ya, ini tentu saja bisa terjadi, terutama jika server dari game online yang kami main berasal dari luar Indonesia dan membutuhkan banyak kuota. Biasanya, untuk mengatasi hal ini, bisa menggunakan koneksi internet yang tidak terbatas, sehingga tidak perlu khawatir tentang menguras kuota internet.

2. Memfasilitasi Virus atau Worm Masuk Ke Laptop

Lapop adalah salah satu jenis komputer pribadi atau komputer pribadi yang mudah dibawa-bawa. Biasanya laptop jga sering digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Namun, ketika laptop terlalu sering digunakan untuk bermain game online, maka hanya meningkatkan risiko masuknya virus dari jaringan internet ke laptop. Virus ini tentu saja akan sangat mengganggu, dan bisa saja menyebabkan perangkat lunak di laptop Anda rusak, sehingga tidak bisa digunakan lagi.

3.Jadikan Laptop Menjadi Lebih Cepat Panas

Biasanya, spesifikasi kebanyakan laptop menggunakan spesifikasi standar. 2Gb RAM dan 512 MB VGA adalah spesifikasi yang cukup bagus untuk laptop. Namun, sebagian besar game online, terutama yang memiliki grafis 3D, membutuhkan lebih banyak kapasitas. Jika Anda bermain game online di laptop dengan spesifikasi standar, maka ini akan menyebabkan laptop Anda menjadi lebih cepat panas, karena spesifikasinya kurang dan memaksa laptop untuk bekerja lebih keras dalam menjalankan game online yang akan Anda mainkan. Untuk itu kapasitas RAM terbesar saat ini untuk beberapa laptop terbaru saat ini sangat mendukung pengguna untuk bermain game online tanpa khawatir laptop hang atau cepat panas.

4. Menurunkan Kinerja Laptop

Semakin panas lamptop, dan semakin berat kerja laptop akan menyebabkan kinerja laptop akan menurun. Ini dapat diidentifikasi dari laptop yang menjadi lambat saat bermain, dan juga dapat dilihat dari respon lambat yang diberikan oleh laptop. Ini terjadi ketika kinerja laptop menurun, dan salah satunya adalah karena faktor penggunaan yang menyebabkan laptop menjadi mudah panas. Tentunya karena laptop mudah panas ini dapat menyebabkan komputer sering hang karena CPU bekerja yang terlalu berat untuk memproses program yang sedang berjalan.

5. Berisiko Merusak Keyboard dari Laptop

Salah satu kelemahan laptop adalah keyboard-nya. Keyboard laptop yang terletak tepat di atas motherboard dapat dirusak jika digunakan secara berlebihan. Sama halnya, game online, banyak game online yang membutuhkan kerja dari keyboard, jadi jika terlalu sering memainkan game online di laptop, ini akan meningkatkan potensi kerusakan pada keyboard laptop. Namun untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan keyboard eksternal, sehingga keyboard bawaan laptop Anda tidak cepat rusak.

6. Menjadi Lupa Waktu

Game online benar-benar sejenis permainan yang membutuhkan banyak waktu. Ini dapat menyebabkan pengabaian tugas yang sedang menunggu untuk diselesaikan. Banyak orang yang menundukkan tugas utama hanya karena game online. Ini akan menyebabkan penurunan prestasi anak di sekolah, dan juga dapat menyebabkan penurunan kinerja dalam pekerjaan, jika Anda sudah bekerja.

7. Merusak Kesehatan Mata

Salah satu bahaya bermain game online terlalu lama adalah dapat menyebabkan kerusakan mata. Mata Anda akan terasa sangat sakit dan juga perih, dan nantinya akan menyebabkan gejala mata yang menjadi rabun alias minus. Tentu saja mata minus ini akan membuat Anda tidak nyaman, dan membutuhkan kacamata untuk membantu penglihatan Anda.