Jenis Jenis Linux Dan Kelebihan dan Kekurangan dari Sistem Operasi Linux

Jenis Jenis Linux Dan Kelebihan dan Kekurangan dari Sistem Operasi Linux
Jenis Jenis Linux Dan Kelebihan dan Kekurangan dari Sistem Operasi Linux
Linux adalah salah satu sistem operasi komputer paling populer di dunia, meskipun tidak sepopuler Windows dan juga Mac OS. Linux adalah sistem operasi dengan logo Penguin, yang merupakan salah satu bentuk sistem operasi yang bersifat Open Source atau gratis dan bebas melakukan modifikasi.

Bagi Anda yang suka dan juga hobi dalam mengutak program utama dan juga perangkat lunak komputer, tentunya linux adalah salah satu jenis sistem operasi yang cocok untuk Anda. Sebelum membahas lebih lanjut tentang sistem operasi linux ini, ada baiknya kita belajar bagaimana linux dapat berkembang hingga hari ini.

Perkembangan Sistem Operasi Linux

Awalnya sistem operasi Linux dibuat di bawah nama sistem operasi yang disebut UNIX, yang dibuat dan juga dikembangkan di sana pada tahun 1968 oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie di Amerika. Pada awalnya dikembangkan, UNIX telah menarik perhatian karena ini adalah salah satu sistem operasi yang seluruh kode sumbernya menggunakan bahasa C, yang membuat sistem operasi ini mudah diterapkan pada platform apa pun.

Singkatnya, setelah sistem operasi UNIX digunakan secara luas dan juga berkembang, ada banyak jenis sistem operasi UNIX, salah satunya adalah sistem operasi MINIX, yang dibuat oleh A. Tanenbaum. MINIX memiliki kode sumber yang kemudian dimodifikasi dan diimplementasikan oleh seorang siswa bernama Linus Torvalds sebagai referensi untuk membuat sistem operasi gratis, di mana semua kode sumbernya dapat diakses oleh banyak orang.
Jenis Jenis Linux Dan Kelebihan dan Kekurangan dari Sistem Operasi Linux


Setelah Lunis Torvalds menambahkan program dan juga perangkat lunak berlisensi GNU, itu mulai diperkenalkan ke sistem operasi, yang diberi nama Linux. Versi Linux pertama, Linux 0.01 dikembangkan pada tahun 1991, yang kemudian di tahun yang sama, Linux versi 0,02 diluncurkan.

Hingga saat ini, Linux telah menjadi salah satu sistem operasi UNIX yang paling lengkap, sehingga multitasking dan juga mendukung banyak fungsi, seperti fungsi jaringan, pengembangan perangkat lunak, dan juga memungkinkan untuk digunakan sebagai sistem operasi pada PC pribadi. Linux memiliki hampir semua komponen dan juga perangkat lunak yang harus didukung oleh sistem operasi, seperti konektivitas, serta perangkat lunak utilitas lainnya.

Itulah perkembangan singkat dan juga sejarah dari terbentuknya sistem operasi Linux.

Jenis – Jenis Linux


Karena ini merupakan bentuk sistem operasi Open Source, itu artinya Linux sangat mudah melakukan modifikasi dan juga pengembangan. Ini mengarah pada pengembangan berbagai sistem operasi Linux, yang kita kenal sebagai distribusi linux, atau distribusi linux. Setiap distro linux memiliki kelebihan dan juga kekhususan masing-masing. Berikut beberapa jenis distro yang dikembangkan dari sistem operasi linux.


  • Debian Linux

Merupakan jenis distro linux yang banyak digunakan oleh kalangan teknis. Debian memiliki kelebihan dalam bentuk format program yang lebih stabil, sehingga banyak digunakan untuk mereka yang suka mengotak-atik. Seringkali juga digunakan sebagai komputer server dan komputer admin juga. Versi terbaru dari Debian Linux adalah Verxi 4.1


  • Redhat Linux

Redhat Linux adalah salah satu jenis distro linux yang banyak digunakan di Indonesia maupun Amerika. Dostro linux banyak digunakan sebagai server, dan memang banyak yang memuliakan kemampuan server yang menggunakan Redhat Linux, karena cepat dan stabil. Redhat kini telah mencapai versi 9.0. Karena kegunaan dari jenis linux ini sebagai server, sangat cocok untuk digunakan sebagai server sebagai penyimpanan data yang aman, bagaimana memilih server berbasis linux dan windows server memiliki hal yang sama hanya sistem operasi mereka yang berbeda.


  • Mandrake Linux

Mandrake Linux adalah distro linux yang mirip dengan Redhat Linux. Namun bedanya, Mandrake meruakan versi klien Redhat Linux, yang direkomendasikan sebagai server. Versi terbaru dari distro Mandrake Linux adalah versi 10.0 dan merupakan distro sistem operasi Linux yang paling dikenal dan banyak digunakan.


  • Caldera Linux

Caldera linux adalah jenis distro linux yang unik, karena semua fitur dari fitur grafis sistem operasi ini. Mulai dari instalasi pertama, hingga menjalankan program dan juga pengaturan, semua menggunakan grafis, dan tidak menggunakan tulisan, seperti sistem operasi pada umumnya.

Selain ke-empat distro linux yang sudah disebutkan, ada beberapa distro linux lainnya yang banyak digunakan, yaitu:


  • Stackware Linux
  • SuSE Linux
  • Corel Linux
  • Turbo Linux
  • Ubuntu Linux

Kelebihan dari Sistem Operasi Linux


Sebagai sistem operasi yang termasuk gratis dan juga open source, sudah pasti linux memiliki banyak kelebihan. Apa keunggulan sistem operasi Linux? Berikut beberapa keunggulan sistem operasi Linux:

1. Jauh lebih murah dibandingkan sistem operasi lain

Tentu saja, sistem operasi Linux jauh lebih murah dengan sistem operasi lain. Bandingkan dengan sistem operasi Windows yang harus menelan biaya lebih dari 500ribu untuk lisensi asli. Linux dapat diperoleh secara gratis, dan juga beberapa dapat diperoleh dengan biaya yang sangat rendah.

2. Merupakan sistem operasi yang memiliki code 32 bit

Kode 32 bit yang digunakan pada sistem operasi Linux membantu sistem operasi bekerja dengan benar, dan membantu menghindari crash ketika aplikasi sedang berjalan. Pengguna juga tidak perlu khawatir jika ingin menginstal aplikasi lain yang ingin Anda khawatirkan karena bit-bit tidak seimbang, sistem operasi Linux tidak akan membuat komputer sering hang karena penggunaan perangkat lunak tertentu selama penggunaan halus.

3. Memilki tingkat keamanan yang cukup baik

Tingkat keamanan dan keamanan yang dimiliki oleh sistem operasi linux adalah tingkat keamanan yang baik dan tidak kalah dengan sistem operasi lain. Bahkan banyak pengguna yang mengklaim bahwa linux memiliki sistem keamanan terbaik bila dibandingkan dengan sistem operasi populer lainnya.

4. Tampilan grafik yang baik

Jangan berpikir perangkat lunak open source seperti linux memiliki tampilan gafic yang buruk. Linux mendukung tampilan grafis yang bagus dan juga eye catching. Terutama pada distro linux yang menggunakan sistem grafis penuh, dimana semua perintah dan juga perintah menggunakan sistem grafis.

5. Mudah untuk dilakukan modifikasi terhadap source code

Untuk programmer dan ahli komputer, penggunaan Linux sangat menarik, karena kode sumber linux adalah kode sumber yang open source dan juga menggunakan bahasa C. Ini akan mempermudah untuk melakukan modifikasi pada sistem operasi Linux.

6. Mendukung akses ke 33 macam sistem file yang berbeda

Sistem operasi Linux juga mendukung lebih dari 33 jenis sistem file yang umum digunakan dalam sistem operasi lain. Ini termasuk format sistem hard drive, perangkat lunak dan format file, seperti video, gambar, dan format lainnya.

7. Penggunaan Linux lebih terspesifikasi

Linux adalah salah satu sistem operasi khusus khususnya dari setiap distro pada sistem operasi linux. Melalui dukungan distro-distronya, linux memiliki banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Contohnya adalah untuk pengguna yang membutuhkan sistem operasi untuk server, kemudian dapat menggunakan distro linux bernama Redhat. Sama halnya dengan minat dan juga kebutuhan lainnya.

8. Software bawaan sudah terinstall dan dapat digunakan dengan mudah

Linux juga memiliki beberapa perangkat lunak bawaan yang dapat berguna dan juga digunakan dengan mudah. Perangkat lunak ini berhubungan dengan perangkat lunak utilitas, seperti perangkat lunak jaringan dan juga perangkat lunak yang terkait dengan driver.

9. Cocok bagi yang hobi melakukan utak atik komputer

Bagi Anda yang sering mengotak-atik komputer utama, Linux adalah salah satu sistem operasi yang cocok. Source code yang dapat dimodifikasi dan diubah, dan lisensi yang bersifat open source akan sangat cocok bagi pengguna yang suka melakukan tweak otak pada sistem operasi ini, untuk mendapatkan kinerja yang lebih maksimal.

10. Cocok untuk dijadikan sebagai komputer server

Sistem operasi Linux adalah sistem operasi yang stabil dan cepat. Jadi sangat cocok untuk digunakan pada server komputer, admin, dan komputer pribadi. Banyak yang mempertanyakan apakah server berbasis linux dengan server berbasis windows memiliki perbedaan. Pada dasarnya cara kerja dari setiap server berbasis os akan sama saja berbeda dalam bahasa pemrograman pada osnya, sehingga server mengikuti jalannya prinsip kerja jaringan komputer yang digunakan.

11. Spesifikasi hardware yang tidak terlalu besar

Yang paling penting dari sistem operasi Linux ini adalah spesifikasi perangkat keras yang dibutuhkan sangat rendah. Anda tidak perlu khawatir tentang spesifikasi komputer rendah Anda, karena sistem operasi linux ini dapat berjalan di komputer dengan spesifikasi yang rendah sekalipun.

12. Penggunaan software linux akan mencegah user dari pembajakan hak cipta

Saat ini, pembajakan pada sistem operasi, terutama sistem operasi Windows sangat marak terjadi. Oleh karena itu, bagi pengguna yang menggunakan sistem operasi linux, pengguna dapat mendukung pemberian hak cipta. Dengan tidak menggunakan produk bajakan.

Kekurangan dari Sistem Operasi Linux


Walaupun memiliki banyak kelebihan, tetapi faktanya linux masih memiliki beberapa kelemahan. Berikut adalah beberapa kelemahan sistem operasi linux:

1. Saat terjadi masalah pada OS Linux, sulit mengatasinya 

Tidak banyak teknisi yang memahami sistem operasi linux. Ini karena memang jarang pengguna yang menggunakan sistem operasi Linux, jadi dukungan untuk trouble shooting secara fisik agak susah. Semua yang bisa dilakukan adalah mengandalkan forum linux yang kebanyakan ditemukan di Internet.

2. Dukungan software populer yang kurang

Perangkat lunak populer, seperti game dan aplikasi popler masih banyak yang tidak mendukung sistem operasi Linux. Ini menyulitkan penyesuaian untuk menggunakan aplikasi yang kompatibel dengan sistem operasi Linux. Terutama jika menggunakan perangkat lunak bebas, seperti perangkat lunak gratis untuk mengedit video yang sebagian besar hanya muat di os windows.

3. Kalah bersaing dengan sistem operasi lainnya, sehingga terlihat inferior

Kelemahan linux paling banyak, yang tidak mampu bersaing dengan sistem operasi lain seperti Windows dan Mac OS. Meskipun bersifat opensource, dan juga murah, itu tidak membuat linux sangat populer seperti sistem operasi lain.