Komputer Analog - Sejarah, Penggunaan, Gambar, Kelebihan dan Kekurangan

Komputer Analog - Sejarah, Penggunaan, Gambar, Kelebihan dan Kekurangan
Komputer Analog - Sejarah, Penggunaan, Gambar, Kelebihan dan Kekurangan
Komputer Analog - Sejarah, Penggunaan, Gambar, Kelebihan dan Kekurangan. Mungkin banyak dari Anda tidak tahu apa itu komputer analog. Pada dasarnya komputer analog adalah salah satu dari tiga jenis komputer yang dibedakan oleh fungsi-fungsi pemrosesan.

Ada tiga jenis komputer berdasarkan pemrosesan, yaitu komputer analog, komputer digital, dan komputer hibrida, yang merupakan kombinasi komputer analog dan komputer digital. 

Pengertian Komputer

Komputer itu sendiri pada dasarnya adalah alat yang sengaja dibuat untuk mendukung fungsi penghitungan atau dalam bahasa Inggris yang disebut oleh untuk menghitung. Komputer adalah mesin yang memiliki kemampuan untuk memproses dan juga melakukan pemrosesan informasi, baik dalam bentuk digital maupun analog. Ada begitu banyak ahli yang mendefinisikan arti komputer. (baca juga: pemahaman komputer oleh para ahli)

Apa itu Komputer Analog?

Komputer analog, seperti namanya, adalah jenis komputer yang bekerja secara analog, tanpa menggunakan komponen yang digital. Komputer analog adalah seperangkat perangkat elektronik dan mekanik yang dirancang untuk menyelesaikan operasi tertentu, yang melakukan analisis data berkelanjutan dengan tipe data kuantitas fisik serta angka-angka kuantitatif.
Komputer Analog - Sejarah, Penggunaan, Gambar, Kelebihan dan Kekurangan

Komputer analog juga sekarang dikenal luas sebagai mesin analog. Secara umum, komputer analog memiliki beberapa fitur utama. Berikut ini adalah beberapa fitur utama komputer analog:


  • Data yang diukur bersifat kuantitatif
  • Hasil penghitungan ditunjukkan secara fisik, misalnya dalam bentuk jarum dan juga angka
  • Biasanya hanya berguna untuk melakukan pengukuran ataupun penghitungan yang terbatas (hanya beberapa satuan saja)

Sejarah Komputer Analog
Sebelum membahas lebih lanjut tentang komputer analog, ada baiknya juga mengenali komputer analog dan sejarah. Berikut ini adalah deskripsi singkat tentang sejarah komputer analog;

Sejarah komputer analog sebenarnya sudah sangat lama, jauh sebelum komputer digital mulai dibuat. Sejarah komputer analog juga tidak berasal dari mesin, yang sekarang kita kenal sebagai penganalisis diferensial.

Mesin analisa diferensial ini dikenal sebagai salah satu bentuk pertama komputer analog yang digunakan dan juga dibuat di dunia. Mesin penganalisis diferensial diferensial analog dibuat oleh seorang ilmuwan dari MIT, yaitu Dr. Vannevar Bush. Karena komputer pertama dibuat sering diperbaiki hingga menjadi perangkat yang bisa digunakan. (baca juga: kelebihan dan kekurangan komputer generasi pertama)

Merancang Alat Yang Membantu Proses Kalkulus Diferensial

Meskipun Dr. Bush telah diakui sebagai penemu mesin komputer analog pertama, yang mencakup tahun 1921 hingga 1931, tetapi penelitian tentang komputer analog telah berjalan jauh sebelumnya. Pada 1836, seorang fisikawan Perancis, Gaspard-Gustave Coriolis merancang sebuah mesin mekanik yang dapat membantu menyelesaikan perhitungan masalah kalkulus, yaitu diferensiasi.

Diferensiasi atau juga dikenal dengan nama diferensial kalkulus adalah salah satu cabang kalkulus, yang mempelajari perubahan fungsi berdasarkan perubahan nilai input. Penggunaan diferensial kalkulus menggunakan banyak metode integral serta metode turunan di hampir semua bidang, seperti bidang fisika, kimia, dan juga bidang matematika teknik.

Kembali ke konsep mesin analisa diferensial, konsep mesin mekanik ditemukan ketika penggunaan diferensial kalkulus mulai banyak digunakan dan sulit untuk melakukan perhitungan. Karena itu, banyak penelitian tentang perkembangan mesin differential calculus.

Setelah Coriolis, ada seorang pria bernama James Thomson yang pada tahun 1876 menerbitkan alat atau perangkat yang mampu mengintegrasikan perhitungan diferensial ke dalam berbagai metode. Perangkat atau alat disebut dengan nama Mesin Integrasi.

Dengan pengembangan mesin yang terintegrasi, maka baru kemudian Dr. Bush bersama rekannya Harold Locke Hazen membuat dan memperkenalkan penganalisis diferensial kepada publik. Pada saat itu, penggunaan mesin penganalisa diferensial mulai banyak digunakan, sehingga dianggap sebagai bentuk pertama dari komputer analog.

Itu adalah sejarah singkat dari komputer analog pertama, di mana pembuatan mekanika komputer analog dari penganalisis diferensial kemudian memicu pengembangan pembuatan komputer analog untuk berbagai tujuan, tidak hanya pada pentingnya kalkulus dan matematika saja, tetapi juga untuk tujuan praktis, yang dapat digunakan oleh publik.

Penggunaan dan Contoh dari Komputer Analog
Karena hanya dapat membaca jumlah data fisik dan juga merupakan data kontinu, maka komputer analog tentu memiliki beberapa keterbatasan. Berikut beberapa contoh penggunaan komputer analog dan juga beberapa contoh komputer analog yang banyak digunakan secara umum:

1. Voltmeter

Voltmeter adalah salah satu jenis komputer analog atau mesin analog yang banyak digunakan untuk kepentingan teknik dan mekanik, yang berkaitan dengan tegangan listrik. Voltmeter adalah salah satu jenis komputer analog, karena:

  • Voltmeter hanya mengukur satu kuantitas fisik saja
  • Voltmeter dapat bekerja terus menerus
  • Voltmeter bekerja dengan menggunakan angka dan juga jarum


Meskipun sekarang ada voltmeter digital, tetapi penggunaan voltmeter analog masih banyak digunakan, karena dianggap cukup praktis dan juga ekonomis. Namun, voltmeter analog tidak dapat menunjukkan jumlah angka yang pasti dan tepat, sehingga pengguna hanya dapat menebak posisi mana yang harus menunjukkan nomor berapa.

Voltmeter hanyalah salah satu contoh menggunakan komputer analog atau mesin analog. Pada dasarnya, ada banyak lagi jenis komputer serta mesin analog lainnya.

2. Amperemeter

Amperemeter adalah mesin atau komputer analog yang digunakan untuk mengukur jumlah listrik, yaitu ampere. Penggunaan amperemeter juga sering dikombinasikan dengan voltmeter, di mana tegangan atau tegangan ketika dikalikan dengan kuantitas ampere, akan menghasilkan watt atau daya listrik.

3. Speedometer

Speedometer adalah komputer atau mesin analog yang mengukur kecepatan. Sebagian besar, pengukuran kecepatan yang dibuat oleh speedometer menggunakan rumus diameter ban, serta rotasi ban. Ini membuat speedometer sering tidak berlaku secara universal, karena jika ada perubahan ukuran ban atau roda, itu akan mempengaruhi hasil pengukuran speedometer.

4. Seismograf

Seismograf banyak digunakan di gunung berapi aktif. Seismograf adalah alat perekam gempa bumi, di mana dengan seismograp, akan menunjukkan seberapa kuat gempa yang dihasilkan, menggunakan output dalam bentuk garis.

5. Termometer

Termometer adalah alat atau komputer analog yang biasa digunakan untuk mengukur suhu, kebanyakan adalah suhu ruangan dan juga kabin mobil.

Di mana komputer atau mesin analog digunakan?
Pada dasarnya, komputer analog ini banyak digunakan di laboratorium atau pabrik yang terkait dengan kemampuan teknis, seperti pabrik kimia, pabrik, dan pabrik produksi lainnya. Namun, komputer analog ini juga dapat digunakan untuk penggunaan rumah dan penggunaan.

Kelebihan Komputer Analog dan Kekurangan Komputer Analog

Komputer analog pada dasarnya memiliki beberapa kelebihan. Karena itu, komputer analog masih banyak digunakan saat ini. Berikut beberapa keunggulan komputer analog:

  • Mudah dioperasikan
  • Tujuan khusus, memiliki fungsi spesifik untuk satu bidang
  • Dapat mewakili jumlah yang akan diproses dalam rentang nilai tertentu

Penggunaan komputer analog saat ini terbatas pada minat tertentu saja, dan biasanya jarang digunakan secara luas. Sebagian besar komputer analog digunakan di pabrik dan produsen. Namun, keberadaan komputer analog sekarang mungkin hampir punah, karena dengan perkembangan teknologi ini penggunaan komputer analog telah digantikan oleh komputer hibrida.

Itulah beberapa penjelasan dari komputer analog. Semoga bermanfaat.