Komputer Mati Sendiri Setelah Beberapa Menit - Penyebab Dan Cara Memperbaikinya

Komputer Mati Sendiri Setelah Beberapa Menit - Penyebab Dan Cara Memperbaikinya. Saat ini, penggunaan komputer, baik dalam bentuk laptop, PC, dan smartphone adalah hal yang biasa terjadi di kalangan masyarakat luas. Biasanya, banyak hal yang bisa dilakukan orang saat berada di depan komputer. Ini kemudian dapat meningkatkan penggunaan komputer menjadi sangat tinggi, yang menyebabkan kemungkinan beberapa kesalahan yang dapat datang ke perangkat komputer Anda.

Penggunaan komputer sebagai salah satu teknologi tidak dapat dipisahkan dari kesalahan dalam bentuk kesalahan, yang bisa saja terjadi karena penyalahgunaan oleh pengguna, atau bahkan karena ada kerusakan pada komputer itu sendiri, baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunak. Kondisi ini kemudian menyebabkan beberapa jenis gangguan yang biasa dihadapi oleh pengguna komputer, yaitu komputer sering mati dengan sendirinya.
Komputer Mati Sendiri Setelah Beberapa Menit - Penyebab Dan Cara Memperbaikinya


Komputer sering mati sendiri

Untuk mematikan sistem komputer, biasanya perlu untuk mematikan proses dengan benar. Proses shutdown dilakukan untuk memastikan bahwa komputer, bersama dengan semua perangkat keras dan perangkat lunak benar - benar terbuang untuk berhenti bekerja. Biasanya proses shutdown yang terburu-buru, atau kondisi di mana komputer mati mendadak dapat menyebabkan malfungsi dalam perangkat lunak dan perangkat keras. Biasanya komputer yang mati mendadak bisa terjadi karena dua hal, yaitu:


  • Mati karena sumber listrik yang hilang
  • Mati mendadak secara tiba – tiba dan cara mengatasinya


Khusus untuk komputer yang mati tiba-tiba , tetapi sumber listrik masih menyala (seperti listrik dan listrik) mungkin disebabkan oleh banyak hal. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan komputer sering mati sendiri dan juga cara memperbaikinya:

1. CPU Terlalu Panas

Penyebab umum komputer yang sering mati sendiri adalah karena cpu terlalu panas. CPU terlalu panas dapat terjadi ketika Anda menjalankan terlalu banyak program yang memiliki spesifikasi tinggi, sementara CPU Anda hanya kuat untuk menjalankan perangkat lunak dengan spesifikasi yang moderat.

Ini akan menyebabkan Fungsi CPU bekerja terlalu berat dan juga sulit, ujung-ujungnya bahkan akan membuat CPU Anda menjadi cepat panas. CPU yang menjadi panas dengan cepat secara otomatis akan gagal berfungsi, menyebabkan komputer Anda mati sendiri (Baca: 100% Dampak Penggunaan CPU).

Selain itu, kondisi fan atau kipas di komputer yang tidak bagus juga bisa menyebabkan CPU menjadi mudah panas. Kondisi ini menyebabkan CPU tidak mendapatkan sistem pendingin yang sesuai dan tepat, menyebabkan panas berlebih, dan komputer mati sendiri.

Cara Mengatasi Karena CPU Terlalu Panas
Untuk mengatasi hal ini, maka yang harus Anda lakukan hanyalah mengurangi beban kerja komputer Anda ketika sudah mencapai suhu tinggi. Ini dapat Anda lakukan dengan menutup aplikasi yang dapat membebani pekerjaan komputer Anda.

Cara kedua adalah Anda dapat menggunakan kipas atau kipas ekstra untuk membantu mengoptimalkan proses pendinginan pada sistem komputer Anda. Anda dapat menggunakan pendingin notebook, atau memberikan kipas tambahan di komputer, jika Anda memiliki PC.

2. Kelebihan atau kekurangan tegangan listrik

Hal lain yang dapat menyebabkan komputer sering mati sendiri adalah kelebihan atau kekurangan tegangan listrik. Ini dapat ditemukan di PC, yang terkadang membutuhkan banyak daya. Hal ini sering karena power supply pada PC tidak mendapatkan daya dan tegangan yang cukup, sehingga dimungkinkan untuk menyebabkan komputer mati sendiri tiba-tiba.

Cara mengatasi

Untuk mengatasi ini, maka Anda harus menggunakan stablizer eksternal untuk menyalakan PC Anda. Stabilizer dapat membantu menstabilkan arus listrik dan juga jumlah daya yang masuk ke catu daya komputer, sehingga untuk mencegah dan mengatasi masalah komputer sering mati dengan sendirinya karena kelebihan atau kekurangan tegangan dan daya.

3. Kerusakan pada hardware

Ini adalah penyebab yang cukup umum, tetapi terkadang sulit untuk dideteksi. Kerusakan pada perangkat keras seperti komputer Ram, adalah penyebab lain dari komputer yang sering mati sendirian. Kerusakan perangkat keras dapat terjadi karena perangkat keras yang tidak kompatibel, atau prosedur instalasi perangkat keras yang salah, yang mengakibatkan malfungsi perangkat keras.

Cara mengatasi :

Gunakan perangkat keras yang kompatibel dan juga sesuai dengan spesifikasi umum komputer Anda. Jika memungkinkan, selalu periksa pemasangan soket - soket dari perangkat keras, sehingga tidak terjadi kesalahan saat komputer berjalan dan mengalami gejala kematian saja.

4. Kerusakan pada sistem operasi

Selain perangkat keras, kerusakan pada perangkat lunak juga sering menyebabkan komputer mati sendiri. Ini bisa terjadi karena kemungkinan perangkat lunak, terutama sistem operasi rusak. Rusak ini bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya adalah karena proses pemasangan perangkat lunak tesebut yang tidak benar, atau tidak kompatibel dengan komputer Anda. Ini dapat dicegah dengan:


  • Melakukan proses install dengan tepat dan juga benar
  • Menggunakan software yang kompatibel
  • Gunakan fitur troubleshooting untuk mengecek permasalahan pada software

Melakukan proses install ulang pada sistem operasi

5. Penyebab dari virus

Virus juga memiliki perang yang ternyata sangat penting dalam menyebabkan komputer yang sering mati sendiri. Biasanya, virus telah menyebar dengan tingkat yang parah, sehingga selain menyebabkan komputer menjadi panas dan lambat, juga dapat menyebabkan komputer menjadi rentan terhadap gangguan, seperti sering mati sendiri. Karakteristik virus komputer memukul salah satunya tiba-tiba melambat

Untuk mengatasinya, tentu kita sebagai pengguna harus mewaspadai kondisi ini. Selalu gunakan antivirus yang baik dan berkualitas, dan selalu lakukan pembaruan antivirus rutin untuk mencegah infeksi lebih lanjut dari virus.

Itu sebabnya beberapa komputer sering menggantung dan mati sendiri dan juga cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda,


0 Response to "Komputer Mati Sendiri Setelah Beberapa Menit - Penyebab Dan Cara Memperbaikinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel