Komputer Sering Hang - Penyebab, Cara Mengatasi, dan Menghindari

 Komputer Sering Hang - Penyebab, Cara Mengatasi, dan Menghindari
 Komputer Sering Hang - Penyebab, Cara Mengatasi, dan Menghindari
Komputer sering memiliki banyak potensi kerusakan seperti kerusakan perangkat keras, kerusakan perangkat lunak, dan gangguan lain seperti virus. Komputer adalah salah satu bukti pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi saat ini. Mulai dari komputer dengan ukuran dan juga sepsifikasi standar dan fungsional, hingga komputer dengan ukuran tipis, kecil namun dengan kinerja luar biasa yang luar biasa beredar saat ini.

Ini juga didukung oleh perkembangan teknologi jaringan, yang memungkinkan setiap komputer saling terhubung, bahkan dengan smartphone sekalipun. Namun, meski sudah memiliki teknologi tinggi dan memiliki kinerja yang menawan, ternyata masalah hang pada komputer suering pernah terjadi, bahkan dengan komputer dengan spesifikasi yang tinggi sekalipun. Paling tidak, penyebab komputer mengalami hang dapat terjadi karena dua hal, yaitu:
 Komputer Sering Hang - Penyebab, Cara Mengatasi, dan Menghindari


  • Kerusakan Software
  • Kerusakan Hardware


Hang Karena Kerusakan Software

Malfungsi perangkat lunak adalah salah satu yang paling umum dan sering menyebabkan komputer macet. Biasanya ini terkait dengan spesifikasi perangkat lunak. Berikut ini beberapa perincian perangkat lunak yang dapat menyebabkan komputer macet:

1. Gangguan pada sistem operasi

Yang paling umum adalah kerusakan sistem operasi. Kerusakan sistem operasi ini dapat terjadi untuk banyak hal, dan yang paling sering adalah virus dan juga masalah kesehatan pada hard drive. Tidak hanya perangkat lunak windows, tetapi sistem operasi Mac atau Linux juga memiliki potensi yang sama untuk hang karena gangguan pada sistem operasi. Biasanya terjadi karena penyalahgunaan pengguna.

Cara mengatasi :

Cara yang paling sederhana dan mudah adalah melakukan pemulihan data online. Semua sistem operasi akan terhubung ke situs web resmi, yang secara otomatis akan mendeteksi masalah sistem operasi online dan membantu mencari masalah inti.

Namun, jika sistem pemulihan tidak dapat diterapkan, maka opsi terakhir adalah menginstal ulang sistem operasi atau mem-flash.

2. Cache registry terlalu banyak

Cache registri adalah sisa memori yang digunakan oleh perangkat lunak untuk dijalankan di komputer. Biasanya ada beberapa cache registry yang membebani, sehingga dapat menyebabkan munculnya masalah komputer menjadi sering hang.

3. Spesifikasi perangkat lunak yang terlalu berat

Salah satu hal yang menyebabkan komputer hang adalah spesifikasi perangkat lunak. Ini juga memiliki koneksi yang dekat dengan spesifikasi perangkat keras di komputer Anda. Biasanya, spesifikasi perangkat lunak yang terlalu tinggi, akan menyebabkan komputer sulit menjalankan program, dan jika terpaksa, akan menyebabkan komputer macet. Ini bisa disamakan dengan kemeja. Seseorang dengan ukuran tubuh yang besar akan terganggu ketika harus menggunakan pakaian dengan ukuran kecil. Untuk menghindarinya, maka gunakan perangkat lunak yang memiliki spesifikasi sesuai dengan komputer Anda, atau Anda dapat memutakhirkan perangkat keras Anda.

Cara Mendeteksi

Di sistem operasi windows, Anda dapat menekan tanpa kutip, "Ctrl + ALT + Del" untuk melihat proses yang tinggi.

4. File tidak ada

File yang hilang adalah salah satu hal yang langka, tetapi dapat menyebabkan hang. File yang hilang adalah kondisi di mana satu atau beberapa file dalam perangkat lunak hilang dari direktori. Hilangnya file dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah virus.

Untuk mengatasi ini, maka Anda dapat menemukan file apa yang hilang, kemudian melakukan pemulihan sistem, atau Anda juga dapat menginstal ulang perangkat lunak yang menjalankan masalah file yang hilang.

5. Virus

Ini adalah salah satu penyebab paling umum dan paling umum komputer macet. Biasanya virus yang masuk ke harddisk kita tidak kita sadari, bisa melalui transfer file antar komputer, jaringan LAN atau internet, dan bisa juga masuk dari Email dan lainnya. Virus dapat menyebabkan komputer melambat, karena itu membebani sistem. Beberapa virus bahkan dapat menghapus file tertentu, sehingga dapat menyebabkan komputer hang ketika menjalankan perangkat lunak.

Untuk mengatasi ini, maka Anda diharuskan untuk memindai setiap bulan, menggunakan antivirus yang kompeten, dan jika virus tersebut menggerogoti komputer Anda, Anda dapat melakukan pembersihan virus melalui DOS.

6. Kesulitan pada perangkat lunak driver

Gangguan lain yang juga dapat menyebabkan komputer macet adalah perangkat lunak driver. Perangkat lunak driver adalah perangkat lunak yang diinstal sehingga beberapa perangkat keras di komputer, seperti suara, layar dan sebagainya dapat berfungsi. Gangguan pada driver perangkat lunak misalnya, dapat menyebabkan layar mati dan bukan resolusi optimal.

Untuk mengatasi dan menghindari hal ini, maka Anda dapat menginstal driver sesuai dengan spesifikasi komputer Anda, agar tidak mengalami gangguan driver yang dapat menyebabkan komputer hang.

7. Browser

Percaya atau tidak komputer hang bisa disebabkan oleh browser, terutama jika Anda melakukan akses internet. Browser saat ini mengkonsumsi memori yang sangat besar, jika Anda memeriksa, browser modzila, IE, dan chrome adalah "maniak" konsumsi memori Anda. Bahkan bisa lebih dari 3/4 memori yang digunakan oleh browser untuk membuatnya menggantung di komputer Anda.

Hang Karena Kerusakan Hardware

Faktor berikutnya yang dapat menyebabkan hang pada komputer adalah faktor kerusakan perangkat keras pada komputer Anda. Kerusakan pada harware ini biasanya dapat menyebabkan Sistem Operasi atau perangkat lunak yang Anda jalankan malfungsi, dan menyebabkan komputer Anda macet. Berikut beberapa kerusakan perangkat keras yang dapat menyebabkan komputer Anda hang:

1. Prosesor kerja yang terlalu berat

Penyebab komputer macet karena gangguan perangkat keras yang pertama kali terjadi pada prosesor. Processor adalah otak dari komputer, di mana semua hal yang dapat dilakukan oleh komputer harus menggunakan kecerdasan dan kecepatan prosesor. Namun, terkadang prosesor sering terlalu panas, karena terlalu berat untuk bekerja. Ini akan menyebabkan komputer Anda menjadi mudah digantung dan lambat. Selain itu, ini akan menyebabkan komputer Anda menjadi sangat panas.

Untuk memperbaiki ini:


  • Anda dapat mengistirahatkan komputer sesaat ketika sangat panas
  • Menyediakan kipas ekstra untuk mengoptimalkan dan juga menegakkan pendinginan prosesor
  • Kurangi beban kerja komputer, terutama saat menerapkan prosesor dengan spesifikasi menengah ke bawah
  • Tingkatkan prosesor Anda menjadi lebih tinggi


2. Kapasitas RAM terlalu kecil

Kapasitas komputer RAM juga merupakan salah satu hal penting yang dapat menyebabkan komputer macet. Kapasitas RAM yang kecil akan menyebabkan kemampuan membaca dan menyimpan memori dari perangkat lunak yang berjalan berkurang, dan efeknya dapat menyebabkan laptop menjadi lambat dan menggantung.

Untuk mengatasi hal ini, maka Anda dapat:


  • Memutakhirkan pada RAM
  • Bersihkan file dan registri masih berjalan pada RAM
  • Menghapus aplikasi yang tidak perlu saat startup
  • Menggunakan perangkat lunak yang tidak membebani kinerja RAM.
  • Ketika Anda ingin mengganti ram, Anda harus tahu cara membedakan RAM ddr 1 Ddr 2 dan ddr 3, karena mungkin komputer Anda memiliki soket yang berbeda.


3. Hard drive yang terlalu penuh

Harddisk yang terlalu penuh, terutama ketika harddisk menjadi satu dengan sistem operasi juga salah satu penyebab komputer hang. Ini terjadi karena ruang penyimpanan sangat terbatas, sehingga membuat sistem operasi juga tidak dapat bekerja secara maksimal.

Untuk mengatasi ini, maka Anda dapat melakukan:


  • Membersihkan harddisk dari item dan file yang tidak perlu
  • Tingkatkan kapasitas hard drive
  • Pisahkan drive penyimpanan untuk sistem operasi dengan file dan dokumen pribadi


4. Bad Sector on Harddisk

Masih dari hard drive, kadang-kadang bahkan jika hard drive tidak penuh, tetapi masih juga berpotensi memiliki bad sector yang menyebabkan hang pada komputer. Bad sector adalah kondisi di mana beberapa kerusakan harddisk, jadi tidak bisa menyimpan data secara optimal. Misalnya, hard drive yang memiliki kapasitas 1 TB, hanya dapat digunakan 300 GB hanya jika bad sector. Biasanya bad sector yang disebabkan oleh harddisk sengaja atau tidak terlepas dari socketnya saat sedang memproses data, atau mengalami shock dan jatuh, sehingga rusak.

Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah mengganti hard drive komputer Anda.