Langkah langkah Menghidupkan dan Mematikan Komputer yang baik dan benar?

Langkah langkah Menghidupkan dan Mematikan Komputer yang baik dan benar?
Langkah langkah Menghidupkan dan Mematikan Komputer yang baik dan benar?
Personal Computer atau yang biasa disebut dengan komputer adalah salah satu perangkat keras yang membantu memudahkan pekerjaan finishing manusia. Komputer ini pertama kali dibuat di Amerika yang digunakan untuk keperluan militer. Dimana hanya berguna untuk keperluan perhitungan dan analisa. Keberadaan komputer ini juga merupakan tanda bahwa dunia telah mendapatkan cukup banyak kemajuan di bidang teknologi, terutama Amerika yang merupakan negara adikuasa.

Sejak awal keberadaan komputer, telah menjadi alat untuk dapat menyimpan berbagai data dengan kapasitas yang cukup besar. Jadi dari waktu ke waktu perkembangan komputer memiliki nilai yang cukup signifikan meningkat sangat pesat. Oleh karena itu, sejak dulu para ilmuwan mencoba untuk memperbaiki kelebihan dan kekurangan komputer generasi pertama untuk menjadi perangkat yang lebih serbaguna tanpa repot.
Langkah langkah Menghidupkan dan Mematikan Komputer yang baik dan benar?


Kegunaan dari Komputer

Untuk saat ini, hampir semua sektor kebutuhan manusia menggunakan komputer. Di mana pun Anda berada, hampir setiap tempat di komputer menyediakan. Mulai dari jual beli (yang modern seperti mini market atau mal), dunia pendidikan, perkantoran, toko buku, hingga administrasi sarana transportasi besar seperti pesawat terbang, kereta api, dan kapal laut. Untuk menggunakan perangkat keras ini tentu saja setiap orang di tuntut untuk mengetahui cara menggunakan komputer sesuai dengan prosedur yang benar.

Bahkan kemajuan zaman terus berlanjut, komputer yang memiliki bentuk perangkat keras yang besar dan komponen-komponennya dilepas menjadi lebih canggih. Dulu antara komponen monitor, CPU, dan keyboard hingga mouse adalah pretelan yang terpisah. Namun kini model yang berbeda ini semakin di peramping dan di minimalis sehingga lebih efisien dan mudah dibawa kemana. Misalnya, monitor laptop yang bagus, CPU, keyboard, dan mouse yang berdiri dalam satu kesatuan yang utuh. Dengan bentuk yang minimalis, ringan, dan mudah dibawa semakin membantu manusia menyelesaikan tugasnya.

Cara Menghidupkan Komputer
Langkah pertama untuk memulai pelajaran adalah menghidupkan komputer dengan benar:


  1. Pasanglah kabel yang ada di stabilizer ke stop kontak listrik. Jika sudah terpasang, anda cukup mengecek apakah sudah pas dan sesuai atau belum.
  2. Menyalakan tombol di stabilizer; tombol berwarna merah yang berada di bawah.
  3. Menyalakan tombol power di CPU; biasanya tombol tersebut merupakan tombol paling besar.
  4. Menghidupkan monitor.
  5. Tunggulah hingga beberapa menit; saat itu komputer anda sedang dalam proses (biasa di sebut loading) untuk mengaktifkan mesin.
  6. Jika sudah sampai pada tampilan windows (untuk yang memakai softwere windows) anda bisa memulai mengoperasikannya

Cukup mudah bukan untuk sekedar menyalakannya? Sedangkan untuk menyalakan laptop lebih mudah lagi. Anda cukup menekan tombol power. Lalu lampu yang berada di sisi laptop akan mulai berkedip kedip. Hal ini menandakan proses loading untuk menyiapkan mesin agar bisa di gunakan.

Pengoperasian Komputer

Mengoperasikan komputer adalah suatu keharusan bagi setiap manusia saat ini. Merupakan kewajiban bagi Anda untuk menggunakannya untuk berbagai tujuan, bahkan termasuk dalam melamar pekerjaan yang memenuhi syarat untuk orang-orang yang bahkan mahir menggunakan perangkat ini. Belajar menggunakannya sudah menjadi keharusan. Namun jangan khawatir tentang penuaan, karena belajar tidak mengenal usia Anda.

Komputer yang terdiri dari berbagai perangkat sehingga menajdi kesatuan memiliki komponen perangkat keras lain yang tidak kalah pentingnya, seperti RAM, motherboard, harddisk, switch, hub dan lainnya. Fungsi RAM ini dapat dianggap sebagai otak utama dalam komputer atau laptop bahkan diera sekarang smartphone telah dilengkapi RAM seperti RAM komputer.

Komponen lain dari motherboard dan hard drive adalah komponen utama dalam komputer. Ketika motherboard adalah kerangka seperti kerangka pada manusia, motherboard ini berfungsi sebagai susunan lengkap perangkat komputer yang menyatukan satu perangkat dengan perangkat lain untuk menjadi satu kesatuan. Sedangkan fungsi hard drive adalah sebagai penyimpanan data yang ada di komputer dan tempat transfer data dari satu komputer ke komputer lain menggunakan manfaat jaringan komputer.


Cara Mematikan Komputer
Sedangkan untuk mematikan komputer, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Setelah selesai mengoperasikan komputer, user hanya perlu menutup aplikasi yang terbuka (yang telah digunakan) dengan cara meng-klik kiri sebanyak dua kali pada tab yang bertanda silang (X) di kanan atas. Semuanya. Jika itu merupakan pekerjaan anda, dan di gunakan lagi ke depannya, anda bisa menyimpan dokumen tersebut. Misal pada Microsoft excel, Microsoft word, maupun excel dengan klik Ctrl (pada keyboard) dan letter S secara bersamaan.
  2. Setelah itu, pada toolbar desktop windows klik start (berada di kiri bawah).
  3. Pilih dan klik kiri pada tulisan Shut Down atau Turn Off.
  4. Akan muncul tab yang berisi pilihan : Stand By – Turn Off – Restart. Untuk mematikan maka pilihlah Turn Off.
  5. Tunggulah sampai beberapa waktu, komputer mulai mematikan mesin dan segala perangkatnya.
  6. Jika sudah tidak di pakai pada hari itu, untuk menghemat biaya listrik bisa dengan mencabut kabel stabilizer dari stop kontak.

Banyak perangkat komputer diaktifkan ketika beroperasi. Tentu saja itu menghabiskan banyak daya. Untuk itu gunakan komputer dengan cara yang efisien. Jika sudah tidak digunakan lagi, matikan komputer untuk menghemat daya yang sedang digunakan. Selain mengonsumsi banyak daya listrik, juga panas dari radiasi komputer tidak baik untuk kesehatan.

Terlalu lama di depan layar komputer bisa menyebabkan mata mudah lelah, menjadi berair, bahkan hingga minus. Untuk itu mencegahnya bisa dilakukan pemberian kaca radiasi rendah pada komputer atau laptop. Atur posisi duduk agar tidak terlalu dekat dengan layar, atau setidaknya dalam 30 cm.