Macam-Macam Software Aplikasi Multimedia Dan Fungsinya

Macam-Macam Software Aplikasi Multimedia Dan Fungsinya
Macam-Macam Software Aplikasi Multimedia Dan Fungsinya
Perkembangan multimedia dari waktu ke waktu berkembang pesat. Ini ditandai dengan perubahan media hiburan publik dari radio hingga kini muncul televisi. Sehubungan dengan hal ini, perkembangan perangkat lunak multimedia juga semakin banyak bermunculan. Perangkat lunak multimedia adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memproses berbagai informasi media seperti teks, gambar, video, foto, audio, dan lain-lain.

 Banyak perangkat lunak yang bermunculan dari itu hanya dapat melihatnya hingga dapat digunakan untuk membuat dan mengedit. Perangkat lunak multimedia dapat dikategorikan ke dalam 5 jenis yaitu untuk animasi, desain, audio, foto dan video. Nah di bawah ini ada beberapa perangkat lunak multimedia yang saat ini sering digunakan oleh banyak orang.
Macam-Macam Software Aplikasi Multimedia


1. Media Player

Media player adalah sejenis perangkat lunak yang digunakan untuk memproses informasi dalam bentuk audio atau video. Beberapa aplikasi media player biasanya dapat memutar informasi baik video maupun audio. Beberapa perangkat lunak pemutar media termasuk:


  • Windows Media Player: Software ini diproduksi oleh Microsot dan merupakan satu paket dalam Microsoft Windows
  • Winamp: Software ini bersifat freeware / komersil dan diproduksi oleh Nullsoft. Inc
  • Power DVD: software ini diproduksi oleh Cyberlink
  • DivX Player: software ini bersifat freeware dan diproduksi oleh DivXNetwork Inc
  • XMMS: software audio ini bersifat open source dan berada di naungan lisensi GNU (General Public Lisensi)
2. Image Editor


Perangkat lunak ini memiliki fungsi untuk menggambar dan mengedit gambar atau foto. Kami memiliki banyak perangkat lunak editor gambar perangkat lunak yang muncul. Dari fungsi pengeditan sederhana hingga fitur rumit. Ada dua jenis gambar yang dihasilkan oleh editor gambar yaitu gambar bitmap dan gambar vektor. Beberapa contoh perangkat lunak editor gambar meliputi:

  • Adobe Photoshop
Perangkat lunak ini adalah gambar dan pengolahan gambar yang cukup populer saat ini. Adobe Photoshop dilengkapi dengan berbagai fitur yang menjadikannya sebagai salah satu perangkat lunak multimedia terbaik. Perangkat lunak ini dilengkapi dengan basis bitmap yang merupakan kumpulan titik-titik dengan kepadatan tertentu yang dikenal sebagai piksel. Photoshop sering digunakan oleh fotografer dan beberapa perusahaan untuk mengedit gambar dan gambar dengan berbagai efek tambahan didalamnya. Saat ini ada beberapa versi photoshop yang beredar di kalangan pengguna, antara lain

  • Photoshop CS ( Creative Suite ) , versi 8
  • Photoshop CS2, versi 9
  • Adobe Photoshop CS3, versi 10
  • Adobe Photoshop CS4, versi 11
  • Adobe Photoshop CS5, versi 12 (versi terbaru)

  • Corel Draw
Salah satu perangkat lunak multimedia ini juga cukup populer dan sering digunakan. CorelDraw diluncurkan oleh Corel Coorporation yang merupakan program berbasis vektor. Salah satu keunggulan dari program berbasis vektor adalah bahwa objek yang dihasilkan dari program ini akan relatif sama meskipun telah diperbesar hingga beberapa kali. CorelDraw juga sangat unggul sebagai perangkat lunak yang dapat memproses gambar untuk digunakan sebagai logo, simbol, dan banyak lagi.

  • GIMP
Perangkat lunak ini adalah salah satu produk yang diluncurkan oleh GNU (General Public License). Perangkat lunak ini dapat dioperasikan di beberapa sistem operasi baik Linux dan sistem Windows. Fitur yang dimiliki dalam aplikasi ini meliputi format gambar, penampil gambar, editor foto otomatis, area kerja yang dapat Anda warnai, dan banyak lainnya. Anda juga dapat membuka format file photoshop ke GIMP

Selain tiga perangkat lunak di atas ada juga beberapa perangkat lunak editor gambar lainnya seperti Microsoft paint, Paint shop pro, dan lain-lain.

3. Audio/Video Editor

Jenis perangkat lunak ini dapat digunakan untuk mengedit dan membuat media dalam bentuk video dan audio. Proses pengeditan video dan audio biasanya memformat konversi, manipulasi kualitas, dan banyak lagi. Berikut adalah beberapa perangkat lunak pengeditan video dan audio saat ini

  • Adobe Premiere Pro: Software multimedia ini dapat mengedit video dengan format dan kualitas yang tinggi. Bersifat komersial dan diproduksi langsung oleh Adobe System
  • Windows Movier Maker:  Software yang satu ini merupakan aplikasi yang sudah disematkan pada sistem operasi Windows. Movie marker dapat membuat sebuah project video dengan mudah. Selain itu, anda juga dapat menambahkan efek transisi, gambar, mengatur durasi video dan lain lain.
  • Audacity: Audacity merupakan software yang khusus untuk menangani masalah audio. Software ini memiliki kegunaan untuk mengolah, memotong, memperbanyak, dan menyatukan berbagai jenis file audio. Selain itu, software ini juga dapat digunakan untuk merekam suara, memberi efek suara dan masih banyak kegunaan lainnya. Audacity sangat dikenal karena keunggulan yang kecil dan cepat serta untuk menggunakan software ini tidak perlu menggunakan spesifikasi yang khusus. Software pengolah suara ini juga dibekali dengan berbagai macam fitur sehingga membuat banyak pengguna tertarik untuk menggunakannya. Tidak salah jika Audacity muncul sebagai aplikasi audio terbaik.
4. Graphic/ Image Viewer
Perangkat lunak ini digunakan untuk melihat gambar yang diatur dalam direktori. Saat ini ada banyak format gambar yang dapat didukung oleh aplikasi penampil gambar seperti bmp, jpeg / jpg, gif, png, ico, dan lainnya. Berikut beberapa aplikasi penampil gambar yang ada saat ini

  • ACDSee
  • XNView
  • Irfan View
  • Microsoft Picture Manager
  • Microsoft Picture and Fax Viewr
5. Animasi

Perangkat lunak jenis ini memang dikhususkan untuk melakukan pengeditan dalam bentuk animasi. Animasi adalah gambar bergerak atau video yang dikombinasikan dengan konten gambar fiktif. Beberapa contoh perangkat lunak khusus tentang animasi termasuk:

  • Macromedia Flash
  • Houdini Animation Software
  • Power Animator
  • Dan lain-lainnya
6. Grafik 3D

Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat dan mengedit informasi dalam bentuk gambar 3D. 3 Dimensi mewakili representasi gambar dalam 3 dimensi geometri. Beberapa contoh perangkat lunak grafis 3D meliputi:

3DVIA Shape: Perangkat lunak ini adalah salah satu aplikasi paling ringan bagi Anda yang ingin membuat model 3D dan mengunggahnya ke internet. Perangkat lunak ini memberikan pengguna kebebasan untuk menggambar objek gratis dengan menyediakan komponen komponen yang telah ditetapkan di ruang kerja seperti persegi panjang, busur dan lain-lain. Salah satu fitur unggulan dari perangkat lunak ini adalah memungkinkan secara otomatis untuk mengukur jarak yang Anda pilih ketika Anda menambahkan komponen geometrik baru. Anda juga dapat mengatur objek dengan mendorong dan menyeret dan menyeret di area yang Anda inginkan. Selain itu Anda juga dapat mengubah ukuran, memutar dan menekuk ujung garis pada objek yang Anda buat.

Nah itu tadi informasi seputar software multimedia yang ada saat ini. Semoga dapat membantu anda.