Mengapa Perlu Belajar Komputer ? Keuntungan Dan Manfaat Belajar Komputer

Mengapa Perlu Belajar Komputer ? Keuntungan Dan Manfaat Belajar Komputer
Mengapa Perlu Belajar Komputer ? Keuntungan Dan Manfaat Belajar Komputer
A. Mengetahui Komputer

Hari ini komputer menjadi kebutuhan bagi semua orang di berbagai bidang. Komputer adalah alat untuk memfasilitasi kinerja manusia dalam waktu yang lebih singkat dalam memproses data, menghitung bahkan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi yang akurat. Ketersediaan jaringan internet akan mendukung kinerja komputer dalam hal manfaatnya. Semakin hari, perkembangan teknologi komputer akan semakin canggih. Tentu saja mempelajari komputer akan membawa banyak manfaat untuk lingkungan pribadi dan hidup.

B. Program Studi Adaptasi atau Departemen Komputer di Indonesia
Mengapa Perlu Belajar Komputer ? Keuntungan Dan Manfaat Belajar Komputer

Di Indonesia tidak berlaku lima jurusan atau mata kuliah persis sama dengan aturan yang terdapat di jurusan atau kursus komputer di dunia. Tetapi jurusan berada dalam adaptasi, mengikuti adaptasi pembelajaran komputer di Indonesia:


  1. Teknik Informatika atau ilmu komputer sebagai adaptasi program studi atau jurusan Computer Science
  2. Sistem komputer atau teknik komputer sebagai adaptasi program studi atau jurusan Computer Engineering
  3. Sistem Informasi dan Manajemen Informatika sebagai adaptasi program studi atau jurusan Information System


C. Lima Program Studi Komputer berdasarkan pada Komputasi Kurikulum

Program studi atau departemen komputer memiliki panduan dalam mengatur, menamai kursus berdasarkan berat atau kualitas mereka. Berikut ini kompilasi yang terkandung dalam 5 kursus komputer:

1. Teknik Komputer atau Computer Engineering (CE)
Di departemen atau program teknik komputer atau teknik komputer ini akan menghasilkan lulusan yang mampu membuat desain dan aplikasinya terintegrasi dari perangkat lunak (perangkat lunak) dan perangkat keras (perangkat keras)

2. Computer Science atau Teknik Informatika dan Ilmu Komputer
Dalam jurusan atau kursus ilmu komputer atau informatika teknik ini akan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan kredibilitas berdasarkan teori, konsep, dan pengembangan perangkat lunak yang dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan perusahaan atau organisasi terkait.

3.Information System (IS) atau Sistem Informasi (SI) dan Teknik Informatika
Di departemen atau program studi sistem informasi atau sistem informasi dan teknik informatika ini akan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk melakukan analisis terhadap semua kebutuhan dan proses serta mengimplementasikan desain antarmuka (interface) sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau organisasi yang bersangkutan.

4. Teknologi Informasi atau Information Technology (IT)
Di bidang teknologi informasi atau teknologi informasi akan menghasilkan lulusan yang dapat membuat perencanaan, pelaksanaan (impementation), konfigurasi dan pemeliharaan (maintenance) setiap infrastruktur yang ada dalam suatu perusahaan atau organisasi secara efisien dan efektif sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau organisasi yang bersangkutan.

5. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) atau Software Engineering (SE)
Dalam rekayasa perangkat lunak atau jurusan rekayasa perangkat lunak ini akan menghasilkan lulusan yang dapat membuat manajemen semua aspek pengembangan perangkat lunak berdasarkan skala yang ditargetkan di setiap tahap secara konsisten.

D. Manfaat Mempelajari Komputer Secara Pribadi

Komputer adalah alat modern yang dapat dikatakan canggih karena mereka menawarkan efisiensi dan efektivitas di berbagai bidang. Tentu saja segudang manfaat belajar komputer dapat dirasakan secara pribadi (individual) serta untuk kepentingan masyarakat luas. Berikut adalah rincian manfaat belajar komputer secara pribadi:

1.Terlihat Lebih Keren

Percaya atau tidak komputer adalah ilmu yang tergolong elit dan sangat diminati oleh kalangan terpelajar. Apa pun yang berbau teknologi saat ini tidak dapat dipisahkan dari komputer dan bahkan perkembangan teknologi menggunakan komputer untuk ditingkatkan kemampuannya untuk meringankan pekerjaan yang biasanya dilakukan manusia secara manual.

2. Terlihat Lebih Cerdas
Pilihan kedua setelah fakultas medis pasti akan jatuh ke departemen komputer. Dalam perhitungan ujian masuk berdasarkan nilai kelulusan dari setiap fakultas komputer menempati peringkat kedua setelah fakultas kedokteran.

3. Prospek Yang Menjanjikan
Dengan memilih untuk mempelajari komputer, Anda akan memiliki investasi masa depan yang menjanjikan. Ilmu komputer tidak hanya memprioritaskan peningkatan (pembaruan) tetapi dapat diterapkan di semua bidang profesional. Percaya atau tidak, anak IT akan memiliki lebih banyak niai jika dibandingkan dengan jurusan lain. Pekerjaan yang akan dipilih juga sangat luas dan mencakup semua aspek.

4. Memfasilitasi Pekerjaan Rumit
Dengan modal dapat mengoperasikan komputer maka pekerjaan sebelumnya membutuhkan lebih banyak waktu dan energi dapat diselesaikan dengan mudah. Bahkan dalam pekerjaan dokumen yang banyak kesalahan bila dilakukan dengan mesin tik dan tentunya tidak dapat diperbaiki atau diedit. Kemudian komputer dapat menangani masalah dengan lebih baik, data dapat diproses dengan mudah diedit bahkan setelah disimpan dalam waktu yang lama.

5. Mendukung dan Meningkatkan Karir
Seseorang yang menguasai teknologi komputer akan dapat bekerja lebih produktif dengan lebih sedikit waktu dan energi. Bahkan mempelajari komputer adalah investasi masa depan yang memiliki prospek bagus.

E. Manfaat Komputer Sebagai Sarana Hiburan

Komputer tidak hanya berperan dalam mendukung karier atau pemrosesan data saja. Namun, komputer adalah alat yang digunakan sebagai sarana hiburan. Berikut penjelasannya:


  1. Dengarkan lagu-lagu yang bisa dimainkan melalui internet
  2. Memproses film dengan efek 3 dimensi dengan bantuan komputer
  3. Tonton video atau film yang bisa dimainkan secara online
  4. Mainkan game yang dipasang di dalam komputer atau bahkan dimainkan secara online.
  5. Dapat membangun komunikasi melalui suara dan bahkan video
  6. Fasilitas saluran TV Reciver yang kami pasang di komputer
  7. Chanel TV online


F. Manfaat Komputer Sebagai Sarana Komunikasi Sosial

Untuk dapat menikmati fasilitas yang terdapat di komputer maka Anda harus belajar cara mengoperasikan komputer itu sendiri. Komunikasi yang sebelumnya hanya bisa dilakukan melui tatap muka atau tatap muka maka dengan kemajuan teknologi komputer dapat memudahkan manusia dalam menjalin komunikasi. Berikut beberapa fasilitas komputer sebagai sarana komunikasi sosial:


  1. Melakukan panggilan ke luar negeri tanpa biaya tol melalui aplikasi yang diinstal di komputer
  2. Panggilan video menggunakan webcam
  3. Kirim data atau dokumen penting melalui email
  4. Lakukan obrolan santai dengan teman atau kerabat (Chating)


G. Manfaat Komputer Sebagai Sarana Pendidikan atau Media Pembelajaran

Komputer sebagai media pembelajaran telah ditemukan di banyak sekolah dasar sekalipun. Dengan membuat materi pelajaran yang dikemas dengan teknologi akan memicu minat dan antusiasme siswa. Berikut uraiannya:


  1. Menyampaikan materi pelajaran menggunakan slide pada power point tentu akan menciptakan sensasi baru dalam belajar (menghilangkan kebosanan siswa)
  2. Guru dapat mencari metode pembelajaran yang efisien melalui koneksi internet
  3. Dengan menggunakan browser, siswa dapat belajar mandiri bahkan belajar sendiri tentang sains
  4. Siswa dan guru dapat berkomunikasi dengan mudah melalui fasilitas internet tanpa dibatasi ruang dan waktu
  5. Siswa dapat meninjau (meninjau) pelajaran yang telah disampaikan oleh guru dengan materi yang disimpan di komputer
  6. Siswa dapat mencari materi tambahan yang lebih lengkap dengan mengakses internet
  7. Dengan adanya teknologi komputer, manusia dapat belajar walaupun tidak hadir di kelas melalui fasilitas pembelajaran online


H. Manfaat komputer sebagai Fasilitas Informasi

Komputer sangat berguna dalam berbagi dan mencari informasi. Lalu informasi apa yang biasanya kita butuhkan? Berikut uraiannya:


  1. Informasi tentang pendidikan. Di dalamnya ada informasi tentang lokasi, nama institusi dan bahkan cara mendaftar saat pendaftaran.
  2. Informasi Hiburan. Di dalamnya ada informasi tentang jenis hiburan, di mana bahkan info detail tentang harganya.
  3. Informasi Perjalanan. Di dalamnya ada informasi tentang biro perjalanan, pemesanan tiket transportasi dan bahkan biaya terkait.
  4. Informasi produk. Di dalamnya ada informasi tentang suatu produk sesuai dengan yang dicari lengkap dengan spesifikasinya.
  5. Informasi Tentang Pekerjaan. Di dalamnya ada informasi tentang lowongan pekerjaan lengkap dengan lokasi dan jenis pekerjaan dan tawaran gaji.
  6. Informasi Tentang Berita. Di dalamnya ada informasi tentang berita atau peristiwa yang terjadi di dalam dan di luar negeri
  7. Informasi Cuaca. Ini berisi informasi tentang ramalan cuaca terbaru dari badan penelitian klimatologi resmi.
  8. Informasi Tentang Lalu Lintas. Di dalamnya ada informasi tentang jalur lalu lintas dan situasi terakhir jalan raya
  9. Informasi kesehatan. Di dalamnya ada informasi tentang tempat perawatan, mengetahui jenis penyakit dan gejala pasien.
  10. Info Tentang Politik. Di dalamnya ada informasi tentang wacana kebijakan pemerintah, tokoh-tokoh politik bahkan terkait diskusi umum tentang politik oleh seseorang atau beberapa tokoh.
  11. Info tentang Bisnis dan Perdagangan. Di dalamnya ada informasi tentang saham, metode perdagangan, bahkan nilai tukar mata uang tertentu dalam dolar


I. Bisakah Komputer Menghasilkan Uang?

Komputer adalah perangkat yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang sedemikian rupa menggunakan pemrograman yang rumit yang dapat digunakan untuk meminimalkan tenaga kerja dalam menangani pekerjaan. Lalu apakah dengan mempelajari komputer juga bisa menghasilkan pundi-pundi dolar? Tentu saja saya bisa. Berikut ini beberapa jenis bisnis yang menggunakan komputer sebagai alat dasar yang harus ada:

  1. Layanan Rental Komputer
  2. Warung internet atau warung internet
  3. Layanan Video Editing
  4. Layanan Pembuatan Film
  5. Layanan Penjualan Wallpaper, animasi dan bahkan ponsel nada dering
  6. Komputer Servis (Perangkat Keras dan Perangkat Lunak)
  7. Jasa Desain Grafis untuk iklan (iklan)
  8. Membuat Layanan sistem online atau situs web
  9. Layanan Pelatihan atau kursus ilmu komputer

J. Peran Manusia Diganti oleh Komputer?

Semakin berkembangnya teknologi komputer akan semakin berkurangnya tenaga manusia untuk menangani suatu pekerjaan. Lalu dapatkah dikatakan bahwa peran manusia akan digantikan oleh komputer? Komputer fisik memang mudah dan dapat menggantikan pekerjaan yang sebelumnya ditangani oleh manusia secara manual. Tetapi komputer itu sendiri adalah alat yang dibuat oleh manusia dan membutuhkan operasi manusia juga. Jadi dapat disimpulkan bahwa peran manusia tidak sepenuhnya tergantikan oleh komputer, hanya saja pekerjaan yang dilakukan secara manual akan dibantu oleh kinerja pengoperasian komputer itu sendiri. Berikut beberapa peran manusia yang dibantu oleh teknologi komputer:

  1. Kontrol keamanan menggunakan kamera keamanan atau kamera tersembunyi untuk memantau situasi
  2. Pengoperasian mesin di pabrik produksi
  3. Pengawasan Eskalator
  4. Kontrol pencahayaan (lighting) di studio
  5. Pengoperasian lalu lintas jalan raya lalu lintas
  6. Pengoperasian sistem jaringan

K. Tips Belajar Komputer Mandiri

Ilmu komputer tidak diklasifikasikan pada jenis sains yang mudah karena dalam belajar membutuhkan wawasan dan akurasi yang rumit. Tetapi bukan tidak mungkin menjadi mahir dalam bidang komputer dengan otodidak atau otodidak. Berikut langkahnya:

1. Kuasai Materi
Untuk bisa menguasai materi itu perlu iktikad belajar yang baik bukan? Pengetahuan komputer dapat diperoleh dari buku-buku komputer yang tersedia dalam bentuk fisik dan buku elektronik. Jika meresa sayang dan sulit mendapatkan buku komputer yang berkualitas, tentu saja alternatif kedua adalah mencari bahan secara online dengan browsing

2. Practice Make Perfect
Ilmu komputer tidak hanya dipelajari secara materi karena pada dasarnya ilmu komputer adalah ilmu terapan. Setelah mendapatkan pemahaman teoritis kemudian praktikkan pengetahuan secara berkelanjutan. Tekankan diri Anda pada bidang pengajaran "praktek membuat sempurna".

3. Mendekati Master
Guru di sini dimaksudkan untuk orang - orang yang berkibimbung di dunia komputer dan memiliki kredibilitas tinggi. Dengan mendekati mereka secara tidak langsung akan memberikan pengetahuan yang diperoleh dengan cara yang santai. Anda dapat belajar dari mereka dan melihat cara mengoperasikan komputer yang benar. Ada banyak hal di dunia ini yang diciptakan dari kebiasaan itu. Banyak orang yang mahir dalam bidang karena mereka terbiasa dengan itu.

Salam, Semoga Bermanfaat ...