Panduan Cara Instal Windows 10 di Laptop Baru Mudah Diikuti

Panduan Cara Instal Windows 10 di Laptop Baru Mudah Diikuti
Panduan Cara Instal Windows 10 di Laptop Baru Mudah Diikuti
Windows 10 adalah salah satu keluaran sistem operasi Microsoft yang dirilis pada tahun 2016 lalu. OS ini dapat dianggap sebagai "OS Windows terakhir", karena setelah itu Microsoft akan merilis perbaikan dalam peningkatan kinerja dan fitur di Windows 10 hanya melalui pembaruan bulanan saja. Tidak seperti yang pertama di mana Microsoft merilis beberapa varian Windows seperti Windows 7, 8, dan 8.1 untuk memperkenalkan beberapa fitur dan peningkatan kinerja pada OS Windows.

Beberapa kelebihan dan kekurangan Windows 10 Pro Final yang dapat Anda pertimbangkan sebelum menginstalnya ke laptop baru Anda, yang mendukung penggunaan layar sentuh dan dapat dioperasikan seperti tablet. Meskipun sudah diimplementasikan di Windows 8 dan Windows 8.1, tetapi pengguna Windows 10 dapat memilih apakah akan menggunakan antarmuka tablet atau komputer pribadi (PC). Tidak seperti Windows 8 yang sepertinya memaksa semua pengguna untuk menggunakan antarmuka tablet, termasuk yang menggunakan PC.

Berbicara tentang menginstal Windows, ada beberapa hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Apakah tujuan Anda adalah menginstal Windows adalah menginstal laptop yang baru saja Anda beli, atau Anda ingin menginstal Windows karena Windows Anda crash sebelumnya atau memiliki masalah dengan sistem, atau karena opsi pemulihan atau pemulihan tidak mampu melakukannya.
Panduan Cara Instal Windows 10 di Laptop Baru Mudah Diikuti

Untuk notebook atau notebook generasi ini, umumnya itu tidak bisa diinstal sistem operasi Windows 7 atau versi Windows sebelum Windows 8.1, Tapi, meski begitu sebenarnya masih ada cara bagaimana membeli laptop generasi terbaru yang Anda beli dapat diinstal dengan Windows 7 atau Windows generasi sebelumnya.

Ketika laptop terbaru yang Anda beli dipaksa untuk diinstal untuk Windows 7 atau versi Windows sebelumnya, perangkat keras biasanya pada laptop Anda tidak dapat dipasangkan (tidak kompatibel) dengan sistem operasi yang Anda gunakan. Akibatnya, mouse / keypad / touchpad di laptop Anda tidak dapat berfungsi dengan baik. Jadi ketika Anda akan menginstal driver perangkat keras lain, Anda harus menjalankan keypad dengan keyboard virtual. Ini karena pada dasarnya, sebelum mouse dibuat, kursor dikendalikan dari keyboard.

Oke, sekarang saatnya bagi kita untuk menjelaskan cara menginstal Windows 10 pada laptop baru. Cara-caranya memang hampir sama dengan instalasi Windows pada umumnya. Tetapi memang ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Oh ya, pastikan Anda sudah mengetahui perbedaan Linux dengan Windows sebelum menginstal Windows 10 dengan baik. Dan pastikan juga laptop Anda, apakah itu cocok dengan spesifikasi laptop Anda. Karena ternyata ada perbedaan pada Windows 32 bit dengan 64 bit. Baiklah, mari kita mulai diskusi:

1. Menyiapkan Media Penyimpanan untuk Installer

Inti dari poin ini adalah, Anda mengatur media penyimpanan untuk dimasukkan installer dari Windows 10, baik dalam bentuk kepingan DVD, keping CD, atau flash disk. Misalnya Anda sudah memiliki file image disk dengan ekstensi .iso yang akan digunakan sebagai installer atau media bootable Windowsnya, maka ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu menggunakan flash atau installer DVD. Umumnya, kebanyakan orang menggunakan flash sebagai penginstal Windows.

Untuk cara mem-bootable flashdisk yang akan digunakan sebagai penginstal Windows 10, Anda dapat menggunakan beberapa perangkat lunak. Beberapa di antaranya adalah Rufus, Win to Flash, dan lainnya.

2. Mengatur Boot Device Priority ke Flash Disk atau DVD

Langkah selanjutnya adalah mengatur media boot utama untuk memulai dari flash disk atau DVD. Untuk memasangnya, Anda harus masuk ke BIOS pada laptop Anda. Karena setiap merek laptop memiliki cara untuk masuk ke BIOS yang berbeda, Anda harus tahu cara melakukannya terlebih dahulu. Sebagai contoh, untuk laptop Asus menggunakan kombinasi tombol Fn + F2, atau salah satu cara memasukkan BIOS laptop HP menekan tombol Esc. Intinya, tekan kombinasi kunci login BIOS secara bersamaan saat laptop Anda pertama kali dihidupkan. Setelah itu, Anda dapat memasukkan pengaturan BIOS di laptop Anda.

Setelah Anda berhasil masuk ke tampilan BIOS, itu berarti laptop Anda tidak memiliki gejala komputer tidak dapat masuk ke BIOS. Anda memilih menu "Boot", kemudian pada "opsi boot # 1" atau "pengaturan prioritas boot", atur media penyimpanan yang Anda buat sebagai installer Windows di tempat pertama.

Jika langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan, simpan pengaturan BIOS Anda, kemudian keluar dari tampilan BIOS. Nanti, laptop akan restart. Oh ya, sebelum melakukan ini, pastikan media penyimpanan yang Anda buat sebagai penginstal terhubung ke laptop baru Anda. Sesaat kemudian setelah reboot, tekan tombol apa saja pada keyboard untuk membiarkan laptop Anda secara langsung memilih media penyimpanan yang Anda buat sebagai penginstal. Jika gagal, kemungkinan ada masalah dengan file autorun dari pemasang yang Anda gunakan.

3. Tahap Awal Instalasi

Selanjutnya, jika Anda memiliki Windows 10 dapat digunakan, akan ada beberapa pengaturan awal untuk mengatur bahasa, lokasi, format tanggal, dan format keyboard yang Anda gunakan. Untuk saat ini, Anda membiarkannya dalam keadaan default dan cukup klik "Berikutnya". Kecuali Anda ingin mengatur bahasa dan lokasi Anda ke Indonesia. Yang jelas, gunakan format keyboard QWERTY karena biasanya hampir semua keyboard di laptop menggunakan format.

Kemudian, Anda akan disajikan dengan bagian yang dipilih. Apakah Anda ingin menginstal Windows 10 segera atau Anda hanya ingin perbaikan. Fungsi perbaikan dapat digunakan jika laptop Anda sebelumnya telah menginstal Windows 10. Yang jelas, karena Anda ingin menginstal Windows 10 pada laptop baru, pilih "Instal Sekarang"

4. Lisensi

Bagian selanjutnya adalah tentang lisensi Windows 10 yang akan Anda gunakan. Di bagian ini, Anda memeriksa "Saya menerima persyaratan lisensi", lalu pilih Berikutnya untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

5. Pilihan Instalasi

Di bagian ini, Anda akan disajikan dengan dua pilihan. Satu untuk upgrade OS, yang lain untuk menginstal yang baru sepenuhnya. Karena Anda ingin menginstal baru, kemudian pilih "Custom install windows only (advanced)".

6. Bagi Partisi Hard Disk

Selanjutnya, Anda harus membuat partisi dan memutuskan partisi mana yang digunakan untuk menginstal Windows 10. Cara menginstal Windows 10 pada laptop baru ini adalah langkah yang sangat penting. Anda harus memahami bagaimana membagi partisi hard disk yang akan digunakan untuk Windows 10. Fungsi membagi hard drive ke partisi adalah membagi bagian hard disk mana untuk sistem, bagian mana dari hard disk untuk file lain. Ini sangat berguna ketika Anda menginstal ulang atau mungkin laptop Anda tiba-tiba mengalami masalah. Karena bagian hard disk akan terpengaruh partisi sistem Windows Anda.

Misalnya, Anda menggunakan hard drive 500GB. Anda dapat "membagi" hard drive laptop Anda menjadi dua partisi, C dan D partisi. Untuk partisi "reserved" biasanya akan secara otomatis dibuat ketika Anda membuat partisi.

Setelah semua kapasitas pada hard disk telah dibagi, maka sekarang pilih partisi mana yang akan Anda gunakan untuk menginstal Windows 10. Selanjutnya, klik Next.

7. Tunggu Proses Instalasi

Setelah fase pemilihan partisi selesai, Anda sekarang tinggal menunggu proses instalasi Windows 10 di laptop Anda.

8. Restart Laptop

Nanti, laptop Anda akan restart sendiri dalam 10 detik. Anda dapat menunggu atau hanya melakukan restart dengan mengklik "Restart Now".

Setelah laptop restart dan berkata "Tekan tombol untuk boot dari CD atau DVD" di layar, Anda tidak menekan tombol apa pun pada keyboard. Ingat, pengaturan BIOS pada laptop Anda sebelumnya masih diatur untuk boot prioritas mulai dari flash disk atau DVD.

9. Pengaturan Lanjutan

Selanjutnya, layar laptop Anda akan memunculkan halaman kunci produk. Jika Anda memiliki kunci produk, Anda dapat mengisinya secara langsung, terutama jika laptop Anda terhubung ke Internet. Namun, jika Anda tidak memiliki atau tidak terhubung ke Internet, Anda dapat melewati bagian ini. Karena aktivasi Windows dapat Anda lakukan setelah Windows 10 di laptop Anda diinstal.

Untuk langkah selanjutnya, Anda cukup klik "Use Express Settings".

10. Atur Akun Windows 10 Anda

Kemudian, Anda akan diminta untuk membuat akun pada Windows 10. Pada halaman ini, Anda dapat menentukan kata sandi yang akan diminta saat laptop Anda dibuka. Selain itu, Anda menentukan nama komputer Anda. Selanjutnya, klik Next.

11. Selesai

Jika Anda berhasil menginstal Windows 10, maka Anda akan melihat halaman desktop Windows. Nah, ini baru awal dari proses instalasi Windows 10 di laptop baru Anda, Selanjutnya, instal antivirus di laptop Anda, dan instal driver dari perangkat keras laptop Anda. Untuk kesederhanaan, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pencarian driver otomatis tanpa koneksi internet, di mana perangkat lunak ini akan menemukan driver untuk perangkat keras pada laptop Anda tanpa menggunakan internet.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara menginstal Windows 10 di laptop baru Anda? Semoga cara-cara yang telah kami sebutkan di atas dapat membantu Anda dalam menginstal Windows 10 di laptop baru Anda dengan baik.