Pengaruh Radiasi Layar Komputer Terhadap Kesehatan Mata

Pengaruh Radiasi Layar Komputer Terhadap Kesehatan Mata
Pengaruh Radiasi Layar Komputer Terhadap Kesehatan Mata
Komputer adalah salah satu perkembangan teknologi yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat dunia, dan juga di Indonesia. Hal ini tentu saja karena penggunaan komputer sanagt untuk membantu pekerjaan manusia, di mana banyak pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat, seperti membuat dokumen, mencetak foto, bahkan ke dunia hiburan, seperti permainan dan musik.

Selain aplikasi umum ini, komputer juga menawarkan kelebihan lain, yaitu sistem jaringan komputer. Sistem jaringan komputer ini memungkinkan lebih dari dua komputer untuk terhubung satu sama lain untuk berbagi dan terhubung dalam jaringan. Saat ini, jaringan komputer yang paing besar dan juga banyak digunakan adalah internet. Dengan internet, arus informasi dari seluruh dunia dapat diakses dengan sangat mudah, tanpa menunggu lama.
Pengaruh Radiasi Layar Komputer Terhadap Kesehatan Mata

Namun, meski memiliki banyak kelebihan, dan juga dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah, penggunaan komputer dan semua aplikasinya dapat menimbulkan efek negatif. Beberapa dampak negatif yang timbul adalah dari sisi sosial dan juga fisik manusia.

Dampak Komputer Terhadap Fisik Manusia

Untuk kondisi fisik manusia itu sendiri, penggunaan komputer tentu saja dapat berdampak negatif, terutama jika pengguna atau pengguna komputer tidak menaati aturan penggunaan komputer dengan baik. Seperti bagaimana cara duduk, cara membaca dan menatap layar komputer, hingga penggunaan komputer yang berlebihan.

Ini juga dapat memiliki efek buruk pada kesehatan lain karena bahaya bermain komputer terlalu lama. Terutama jika itu keren dengan dunia maya atau internet, bahaya kecanduan internet untuk hidup sangat buruk jika internet tidak dalam penggunaan terbaik. Terutama oleh anak-anak yang suka game online, karena bahaya bermain game online dapat mengurangi prestasi siswa di bidang akademik.

Salah satu bagian fisik yang sering terpengaruh dan juga bahaya komputer adalah bagian dari mata, yang merupakan bagian visual dari seseorang. Mata erat kaitannya dengan tampilan atau tampilan komputer. Berikut ini adalah beberapa bahaya komputer pada mata:

1. Penyebab gangguan penglihatan, seperti mata minus

Hal terpenting yang bisa timbul pada kesehatan mata kita karena bahaya komputer adalah kondisi mata menjadi minus. Ini terjadi karena mata kita terlalu lama menatap layar laptop atau komputer. Ini akan menyebabkan mata Anda akan mengalami gejala minus mata.

2. Mata menjadi lelah dan pusing

Bahaya kedua yang bisa timbul di mata Anda karena penggunaan komputer adalah mata menjadi lelah dan juga pusing. Penyebabnya masih sama, yaitu karena terlalu lama menatap layat komputer, jadi ini membuat mata kita terus bekerja, yang akhirnya bisa menjadi sangat lelah, dan menimbulkan gejala pusing di grafik mata dan kepala.

3. Mata merah dan sakit

Mata sakit, kemerahan dan gatal adalah bahaya lain dari penggunaan komputer. Jika mata menjadi gatal dan juga perih, maka kita bisa saja menggosok mata kita, yang pada dasarnya sangat berbahaya bagi kesehatan mata.

4. Ketajaman visual berkurang

Ketajaman visual Anda juga bisa dikurangi. Ini tidak selalu dikaitkan dengan mata minus, tetapi juga dapat menyebabkan mata silinder dan gangguan mata lainnya, yang dapat menyebabkan ketajaman penglihatan menjadi berkurang.

Mencegah Agar Komputer Tidak Mengganggu Kesehatan Mata

Pada dasarnya, sangat mudah untuk mencegah gangguan dan juga kerusakan pada mata yang disebabkan oleh komputer. Berikut adalah beberapa tips dan juga hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah mata Anda tidak rusak akibat penggunaan komputer:

1. Jaga jarak mata Anda dari layar komputer, setidaknya 30 CM

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda harus menjaga jarak pandang layar monitor komputer, setidaknya 30 cm dari layar. Semakin jauh semakin baik. Jangan terlalu sering menutup mata Anda terlalu dekat dengan layar komputer, karena pasti akan menyebabkan kerusakan pada mata Anda.

2. Gunakan kacamata terapi Pinhole Glasses

Bagi Anda yang mungkin sudah memiliki masalah kesehatan mata, Anda dapat menggunakan kacamata terapi kacamata lubang jarum untuk membantu meningkatkan kemampuan melihat Anda. Anda dapat menemukan kacamata lubang jarum di berbagai toko di sekitar Anda.

3. Pilih layar monitor yang memiliki resolusi tinggi

Resolusi dengan ketajaman gambar yang tinggi juga akan memengaruhi fungsi penglihatan Anda. Layar dengan resolusi tinggi akan memudahkan mata dalam memroses daya visual yang ditangkap. Berbeda dengan layar resolusi rendah, yang akan memaksa mata untuk menyesuaikan secara terus menerus, yang dapat menyebabkan kerusakan mata.

4. Sesuaikan kecerahan layar monitor Anda

Kecerahan monitor Anda juga sangat penting. Atur kecerahan atau kecerahan layar monitor Anda ke tingkat yang benar, tidak terlalu gelap, atau terlalu terang, karena akan menyebabkan mata Anda menjadi sakit ketika menatapnya.

5. Selalu gunakan komputer di lokasi yang tidak gelap

Menggunakan komputer di ruangan gelap dan pencahayaan yang tidak didukung akan sangat meningkatkan gangguan dan kerusakan pada mata Anda. Selalu gunakan komputer di lokasi yang cukup terang.

6. Batasi waktu menggunakan komputer, tidak lebih dari 3 jam penuh tanpa henti setiap hari

Jika memungkinkan, jangan gunakan komputer selama 3 jam terus menerus. Berikan jeda 10 hingga 20 menit dalam penggunaan komputer. Ini akan membantu mata Anda untuk beristirahat sejenak.

7. Beristirahatlah ketika mata Anda terasa berat dan lelah juga

Ketika mata Anda sakit dan terasa berat saat menggunakan komputer, maka Anda harus mengistirahatkan mata Anda. Bisa dengan cara menutup mata, atau menggunakan kompres mata dengan bahan alami, seperti mentimun untuk meningkatkan kesegaran mata Anda.